Navbar

Merawat Tabulampot Jambu Air Red Kusuma Agar Berbuah Lebat

Varietas Jambu Air Red Kusuma


Jambu Air Red Kusuma merupakan varietas lokal jambu air unggulan, yang terkenal karena ukuran buahnya yang cukup besar, dan citarasa yang manis menyegarkan dengan tingkat kemanisan mencapai 14 brix.

Selain keistimewaan pada buahnya, tanaman jambu air red kusuma juga mudah dibudidayakan. Bibit dapat ditanam dimana saja, bahkan di lahan sempit sekalipun, seperti dalam pot. Tinggi pohonnya hanya mencapai 2,5 meter sehingga memudahkan dalam proses perawatan dan pemanenan buah.

Agar pertumbuhan tabulampot jambu air red kusuma dapat optimal, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Cara Menanam Bibit Jambu Air Red Kusuma, setelah itu tentu perlu adanya perawatan yang baik dan benar.

Cara merawat tabulampot jambu air red kusuma ini tergolong cukup mudah, dan tentunya akan menjadi hal menyenangkan untuk mengisi waktu luang anda. Lantas, seperti apa sih cara merawatnya? Yuk, simak informasinya dibawah ini.


Cara Merawat Tabulampot Jambu Air Red Kusuma

  • Penyiraman Tabulampot Jambu Air Red Kusuma

Lakukan penyiraman tanaman jambu air secara rutin 2 kali sehari pada pagi dan sore hari, atau sesuaikan dengan kondisi cuaca dan kelembaban tanah.

  • Penyiangan Tabulampot Jambu Air Red Kusuma

Lakukan penyiangan minimal 2 - 4 minggu sekali, dengan mencabut gulma atau rumput liar yang tumbuh didalam pot jambu air. 

Hal ini berguna agar unsur hara dalam tanah tetap terjaga dan pertumbuhan tanaman tidak terhambat.

  • Pemupukan Tabulampot Jambu Air Red Kusuma

Lakukan pemupukan tanaman jambu air ketika tanaman sudah mancapai umur tanam 3 bulan.

Pemupukan bisa menggunakan pupuk kandang kering dari kotoran kambing, dengan dosis 15kg diberikan setiap 4 bulan sekali.

Cara nya dengan membenamkan pupuk kandang ke dalam media tanam pada pot secara merata.

  • Pemangkasan Tabulampot Jambu Air Red Kusuma

Pemangkasan perlu dilakukan ketika pohon Jambu air red kusuma sudah mencapai tinggi sekitar 2 meter. 

Pangkas bagian tunas atau cabang yang kurang produktif, dahan yang luka, kering, sudah tua, atau yang tidak tumbuh sempurna. 

Pemangkasan setiap saat berguna untuk meremajakan tanaman pada pot secara merata.

  • Pemanenan Buah Jambu Air Red Kusuma

Tanaman jambu air red kusuma yang berasal dari perbanyakan vegetatif dan dengan perawatan yang baik, dapat mulai berbuah ketikan tanaman memasuki umur tanam 1,5 - 2 tahun.

Buah jambu air red kusuma yang sudah dipanen memiliki daya simpan yang cukup lama, yakni dapat bertahan 5 - 7 hari setelah panen.


Tabulampot Jambu Air Red Kusuma


Itulah penjelasan mengenai cara merawat tabulampot jambu air red kusuma yang bisa kami sampaikan. Pada dasarnya cara merawat jambu air red kusuma mirip dengan Cara Merawat Tabulampot Jambu Air Red Taiwan.

Dengan mengikuti langkah - langkah diatas, akan sangat mungkin tanaman jambu air red kusuma dapat tumbuh dengan subur, cepat berbuah, dan menghasilkan buah yang lebat.

Semoga informasi diatas dapat membantu ya. Terimakasih sudah berkunjung, dan Semoga Berhasil!                                                                           

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru