Navbar

Cara Menanam Bibit Alpukat Aligator Dataran Tinggi

 Cara Menanam Bibit Alpukat Aligator Dipekarangan Rumah

Menanam Alpukat di pekarangan rumah tentu sangat menguntungkan, Alpukat Aligator adalah varian tanaman Alpukat yang  unik dan istimewa berasal dari meksiko. Alpukat ini sering dijuluki sebagai ''Giant Avocado'' karena ukurannya yang besar. Selain itu, Alpukat Aligator dikenal dengan bentuknys yang unik. Bentuk buahnya yang memanjang dan besar di bagian bawahnya sedangkan bagian pangkal berukuran kecil seperti bentuk hewan aligator. 

Buah Alpukat jenis Aligator ini ukurannya sangat besar panjangnya mencapai 70-80 cm, dengan berat antara 700gr sampai dengan 1,3kg perbuahnya. Jika dibandingkan dengan alpukat pada umumnya, Alpukat ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar, Tidak hanya itu, Alpukat ini memiliki daging buah yang sangat tebal, dagingnya berwarna kuning mentega dan teksturnya sangat lembut adapun rasanya yang gurih dan nikmat. 


Bibit Alpukat Aligator


Karena bentuknya yang sangat besar dan memanjang, Alpukat yang satu ini dikenal sebagai alpukat papaya. Alpukat Aligator lebih tahan dengan cuaca yang dingin meskipun tetap optimal dikisaran suhu 12.8 hingga 28.3 derajat celcius. 

Jika Anda ingin Menanam Alpukat Aligator ini dipekarangan rumah berikut caranya:

1. Pengolahan Tanah

-Gemburkan tanah dan bersihkan gulma serta bebatuan,

-Buatlah lubang tanam 50x50 cm 

-Campurkan pupuk organik pada tanah yang sudah digemburkan tadi

2. Pemilihan Bibit Yang Unggul

Syarat bibit yang unggul adalah tampak secara fisik batangnya hijau kokoh dan lurus, daunnya hijau segar dan rimbun, bebas dari hama dan penyakit.


Bibit Alpukat Aligator


3. Penanaman Bibit

-Letakkan bibit Alpukat Aligator tepat ditengah lubang yang telah dibuat,
-Posisikan setegak mungkin agar tidak roboh,
-Timbun dengan tanah dan dipadatkan
-Lalu siram dengan air secukupnya hingga tanah basah.

4. Pemeliharaan Bibit

Pemupukan harus dilakukan secara rutin, setiap 2 minggu sekali, karena tanaman buah Alpukat Aligator adalah tanaman yang butuh banyak nutrisi. Untuk penyiraman dapat dilakukan dua hari sekali pada saat musim kemarau penyiraman dilakukan tiga hari sekali dan saat musim hujan cukup satu kali saja. 


Bibit Alpukat Aligator


5. Pengendalian Hama dan Penyakit

Penggunaan pestisida rutin dapat digunakan dua minggu sekali agar tanaman tumbuh dengan subur dan maksimal. Dengan melakukan penanaman yang tepat tanaman Alpukat Aligator dapat tumbuh dengan subur, berbuah lebih cepat 2-3 tahun, menghasilkan buah yang berlimpah dan berkualitas, serta bebas serangan hama dan ulat.  Dalam satu tahun tanaman ini bisa 2-3 kali panen.

Semoga tips ini bisa membantu anda selamat berkebun:)



Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru