Navbar

Cara Memangkas Pohon Alpukat Agar Berbuah Lebat

Teknik Pruning Pohon Alpukat Yang Mudah


Pohon Buah memerlukan pemangjasan untuk merangsang pembungaan dan berlangsung ke pembuahan, hal ini merupakan pengaturan pertumbuhan pohon untuk masuk ke fase generatif, teknik pemangkasan pohon buah berbeda-beda. Jika pemangkasan tidak dilakukan maka akan terus mengalami pertumbuhan vegetatif dan membutuhkan waktu lama untuk memasuki masa generatif atau pembungaan. 
Pemangkasan (pruning) merupakan kegiatan pemangkasan cabang cabang yang masih muda dan tumbuh pada batang utama pohon, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan tinggi bebas cabang dan mengurangi mata kayu dibagian batang utama. Dengan menghilangkan cabang atau ranting yang tidak diperlukan maka nutrisi pohon akan lebih terfokus pada pertumbuhan batang utama. Pemangkasan Pohon Alpukat dapat dilakukan dengan cara berikut ini:



Cara Memangkas Pohon Alpukat Agar Berbuah Lebat


1. Pangkas Pohon Alpukat Muda Untuk Mendorong Pertumbuhannya


Setelah ditanam pangkas batang pohon utama tanaman muda dengan menyisakan tinggi antara 60-70cm. Pangkas semua cabang yang mengarah ke samping dan sisakan tidak lebih dari dua cabang. Ini akan menyamakan luas yang ada dibagian atas pohon dengan luas di sistem perakarannya.

2. Pangkas Pohon Muda Yang Memilki Pertumbuhan Tidak Bagus


Apabila pohon muda anda tidak tumbuh dengan baik, lakukan pemangkasan berat selama 3 tahun pertama. Pemangkasan berat di beberapa tahun pertama akan menghasilkan buah yang lebih sedikit saat diawal, tetapi pohon tersebut akan menjadi kuat dan produktif dalam jangka panjang.

3. Hindari Pemangkasan Pohon Muda Yang Sehat Terlalu Sering

Apabila pohon muda dapat tumbuh dengan baik, biarkan pohon tersebut terus tumbuh lakukan pemangkasan secara tidak teratur


4. Lakukan Pemotongan Atas Untuk Mendapatkan Pohon Dengan Bentuk Yang Indah

Potonglah diatas kuncup yang mengarah keluar pada sudut 30 derajat, Tindakan ini akan membuat petumbuhan cabang tumbuh kearah keluar dan keatas. 


5. Lakukan Pemangkasan Untuk Penjarangan Cabang

Pemangkasan jenis ini digunakan untuk memperjarang cabang sehingga sinar matahari dapat mencapai batang pohon. Lakukan penjarangan cabang dengan memangkas cabang sedekat mungkin dengan batang pohon, Berhati hatilah jangan sampai menyisakan bekas potongan yang terbuka.


6. Tentukan Cabang Yang Harus Dipangkas

Pangkas cabang yang rusak, mati atau terkena penyakit. Selain itu, potong cabang baru yang tumbuh dari pangkal cabang. Anda juga harus memangkas tunas air yaitu cabang yang tumbuh keatas dari batang yang tumbuh keluar.


7. Sisakan Satu Batang Utama

Apabila batang pohon utama terbagi menjadi beberapa batang yang paralel dan saling bersilang, pohon tersebut tumbuhnya tidak akan maksimal dan susah untuk dipangkas. 


8. Pastikan Semua Cabang Mendapatkan Sinar Matahari Yang Cukup

Cobalah melakukan pemangkasan pada jumlah yang besar dari bagian atas dari pada bagian bawah pohon. Ini memungkinkan untuk sinar matahari mencapai cabang yang biasa ternaungi agar cabang tersebut bisa menghasilkan buah. Selain itu potonglah cabang yang posisinya berdekatan, setiap cabang harus memiliki jarak antar cabang sekitar 15-20 cm, dan apabila ada sekelompok cabang yang posisinya bedekatan maka pangkas cabang yang berukuran paling kecil.

Apabila anda tertarik dengan bibit Buah Alpukat Kelud, Miki, Aligator, Red Vietnam yang unggul, anda dapat menghubungi call center kami.


Kenapa harus belanja di toko kami ?

             Toko kami menjual bibit yang berkualitas

             Bibit yang kami jual juga fresh dan unggul, kami menjual yang premium                     no kaleng-kaleng.

             Harga yang kami tawarkan worth it, karena sesuai dengan kualitas                             terbaik. Namun kami tetap menyesuaikan  produk dengan budget anda

             Testimoni positif dari para pelanggan kami banyak

             Pembayaran bisa melalui kartu BCA,BRI,BNI,BSI dan bank lainnya.

             Pengiriman ke seluruh pulau indonesia.

             Gratis konsultasi produk dengan admin yang ramah.

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru