Navbar

Jeruk tongheng manis dengan citarasa yang manis dan kulitnya bisa dimakan

Perlu anda ketahui, buah jeruk yang ada di Indonesia memiliki berbagai macam jenis yang berbeda. Beberapa diantaranya merupakan jenis unggul karena memiliki karakteristik dan juga keunggulan tersendiri. Mulai dari ukuran buahnya yang besar, warna buahnya yang cantik, dan juga rasa buahnya yang sangat manis. Salah satu buah jeruk unggulan adalah buah jeruk tongheng. Jeruk yang berasal dari negeri tirai bambu ini pertama kali diperkenalkan oleh kolektor asal Malang pada tahun 2010. Jeruk tongheng merupakan salah satu jeruk yang istimewa. Bukan hanya rasa manis pada daging buahnya saja, kulit buahnya juga dapat dimakan denfan rasa yang manis tanpa ada rasa getar. Daging buahnya berwarna orange, bertekture lembut, dan memiliki bulir-bulir yang renyah dan beraroma harum. Sama dengan jenis buah jeruk pada umumnya, jeruk tongheng juga memiliki kandungan air yang cukup melimpah sehingga sangat juicy saat disantap. 

Jeruk tongheng

Ciri ciri jeruk tongheng

  • Jeruk tongheng memiliki bentuk buah yang bulat dengan ukuran yang tidak besar, rata-rata buahnya memiliki diameter sekitar 2 – 2,5 cm.
  • Saat masih mudah jeruk tongheng memiliki warna kulit yang hijau dan saat sudah matang kulit buahnya akan berubah menjadi kuning cerah.
  • Daging buahnya sangat lembut dan memiliki bulir jeruk yang renyah.
  • Daging buah jeruk tongheng memiliki citarasa yang manis tanpa rasa getir sedikitpun, kulit buahnya juga dapat dimakan dan memiliki rasa yang manis juga.

Keunggulan Bibit Jeruk Tongheng

  • Rasanya yang manis, baik daging buah maupun kulit buahnya. Sehingga, baik kulit buah maupun daging buah dapat dimakan
  • Memiliki bentuk yang mungil, Rata-rata satu irisannya berukuran 2 sampai 2,5 cm dengan keseluruhan buahnya berdiameter 5 sampai 8 cm.
  • Memiliki nilai market yang tinggi. Terutama, menjelang tahun baru imlek. Jerung tongheng sangat dicari untuk memenuhi kebutuhan pasar menjelang tahun baru imlek karena konsumen jeruk tongheng kebanyakan masyarakat tionghoa.
  • Pohonnya berukuran pendek dan ringkas, sehingga tidak memakan banyak tempat serta dapat direkomendasikan untuk ditanam di pekarangan rumah yang kurang luas.
  • Dapat dibudidayakan di dalam pot.
  • Dengan perawatan yang optimal, bibit jeruk tongheng dapat memproduksi hingga 25 buah tiap pohon dalam sekali panen.
  • Memiliki sifat genjah atau pandai berbuah. Jeruk tongheng dapat berbuah susul menyusul. Sudah dapat belajar berbuah 1-2 tahun setelah penanaman dengan perawatan yang ideal.
  • Bibit Jeruk tongheng memiliki kemampuan pertumbuhan yang baik, serta adaptif. Bukan tipe tanaman yang suka pada area tanam atau tanah yang pilih-pilih. Tumbuh subur di dataran tinggi, dan tumbuh dengan baik di dataran rendah, apalagi di iklim panas, seperti di Indonesia.
  • Memiliki aroma yang cukup dominan.

Budidaya Jeruk Tongheng

Buat kamu yang berniat membudidayakan bibit Jeruk tongheng ini, kamu dapat menanamnya di halaman rumah jika tidak memiliki lahan yang cukup luas. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, kamu juga harus memperhatikan perawatan tanaman yang meliputi kolaborasi penyiraman, pemupukan, dan pemangkasan yang ideal dan dilakukan secara rutin serta berkala. Bibit jeruk tongheng tumbuh dengan baik pada dataran rendah maupun dataran tinggi. Namun, lahan tanam kami rekomendasikan pada dataran tinggi dengan suhu udara kisaran 20 sampai 30 derajat celcius.

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru