Navbar

Tanam kelapa wulung yang mudah ditanam dipekarangan rumah

Kelapa Wulung adalah jenis kelapa muda yang tumbuh di Asia. Kelapa wulung adalah salah satu jenis kelapa unggul yang memiliki tampilan buah yang unik. Secara fisik, sekilas kita agak sulit untuk membedakan kelapa wulung dengan jenis kelapa lainnya. karena sama-sama berbatang tunggal, akar berbentuk serabut, dengan struktur yang tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol. Hanya saja, saat pohon berbuah dan mengupasnya, maka akan tampak warna ungu atau pink pada kulit serabutnya. Perbedaan lainnya terdapat pada daging buahnya, dimana daging buah kelapa wulung berwarna agak merah muda.

Kelapa wulung

Syarat tumbuh bibit kelapa wulung adalah dataran rendah dengan ketinggian ideal maksimal 450 m dpl. Adapun jenis tanah yang disukai adalah tanah gembur yang mengandung unsur hara. selain itu, bibit kelapa wulung juga mampu beradaptasi dengan baik di area berpasir seperti pantai. Untuk menunjang pertumbuhannya, bibit kelapa wulung sangat membutuhkan pancaran sinar matahari. Curah hujan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan kelap wulung sekitar 1300-2300 mm/tahun dengan suhu 20-27 derajat celsius. Sedangkan untuk kelembaban, bibit kelapa wulung menyukai PH udara rata-rata 70-80 persen. Tanaman kelapa wulung termasuk jenis kelapa yang bersifat genjah, dengan perawatan yang baik, hasil panen budidaya kelapa wulung dapat mulai dirasakan saat pohon kelapa wulung sudah berumur 3 – 5 tahun sejak penanaman.

Kelapa wulung memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Daging yang tebal dan agak keras serta memiliki kandungan minyak yang tinggi.
  • Daging buahnya memiliki ketebalan sekitar 1,5 cm.
  • Kelapa wulung bisa memproduksi kopra rata-rata hingga 6-7ton/ha tiap tahunnya ketika tanaman berusia 10 tahun.
  • Produktivitas tandan buah kelapa wulung bisa mencapai 12 tanda dan berisi 10-20 butir. 

Tinggi pohon kelapa wulung:

  • Tinggi pohon kelapa pada umumnya lebih dari 3 meter. Namun, ada juga pohon kelapa yang berpohon pendek tetapi sudah berbuah. Untuk kelapa wulung ada 2 kategori tinggi bibit nya, yaitu:
  • Pertama, pohon kelapa wulung pendek. Adalah kelapa wulung jenis genjah yang berbuah pada tinggi pohon satu meter. Biasanya pohon mulai mengeluarkan buah pada umut 4 tahun. buahnya tidak terlalu besar, dan satu tandan berisi cuku banyak.
  • kedua, Pohon kelapa wulung tinggi. Adalah kelapa wulung jenis Dalam, atau kelapa lokal. Buahnya besar dan tidak terlalu banyak. Mulai berbuah pada umut 7 tahun dengan tinggi pohon keras mencapai 3 meter.


Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru