Navbar

Cara Melihat Kriteria Jeruk Sunkist Yang Sudah Matang Dari Pohon Bagi Pemula Agar Tidak Salah Petik

 Cara Melihat Kriteria Jeruk Sunkist Yang Sudah Matang 

Baik dalam bentuk buah segar maupun dalam bentuk olahan, jeruk merupakan komoditas buah-buahan yang sangat diminati oleh masyarakat pada umumnya. Karena merupakan sumber vitamin C yang baik, jeruk adalah produk hortikultura yang umum. Apalagi saat ini wabah Covid 19 membuat semua orang khawatir akan kesehatan tubuhnya. Buah jeruk dapat tumbuh di berbagai iklim, antara lain daerah tropis dan subtropis serta dataran rendah dan pegunungan. Varietas jeruk berubah tergantung di belahan dunia mana Anda berada. Jeruk manis Citrus Sinensis L., Jeruk keprok Citrus reticulata, Jeruk Siam Citrus Nobilis, Jeruk besar Citrus maxima Merr, Pamelo Citrus grandis Osbeck, Lemon Citrus limon Linn, Jeruk limau Citrus aurantifolia Swingle, Varietas jeruk Citrus medica Limnaeus, dan Jeruk Grapefruit (Citrus paradise Mactdijen). Jeruk manis, juga dikenal sebagai jeruk sunkist oleh orang lain, adalah salah satu dari sekian banyak varietas yang telah diproduksi. Jeruk berbentuk bulat telur dan bulat, dengan berat rata-rata 190–497 gram dan diameter buah 7,2–10,3 cm. Mereka memiliki permukaan kuning, hijau kekuningan, dan oranye. Tekstur permukaan bervariasi dari halus hingga kasar, kulit buah tebal (6,2–7,75 mm), daya rekat kuat pada daging buah, warna daging buah rata-rata kuning, variasi merah banyak, ada 5– 19 biji, beberapa diantaranya tidak berbiji, dan brix berkisar antara 9–14%.

Cara Melihat Kriteria Jeruk Sunkist Yang Sudah Matang Dari Pohon Bagi Pemula Agar Tidak Salah Petik

Dari Juli hingga Agustus biasanya saat panen buah jeruk dimulai. Dengan memanen buah jeruk pada waktu, umur, dan kematangan buah yang tepat, maka kualitas buah dapat diperoleh. Penentuan standar kematangan buah jeruk sangat penting bagi pekerja panen karena biasanya buah jeruk tidak berkembang secara bersamaan pada satu batang. Buah yang dipanen terlalu dini tidak akan memiliki rasa atau penampilan terbaik. Mirip dengan ini, jika jeruk dipanen ketika sudah terlalu matang, mereka tidak akan bertahan lama di gudang.

Teknik terbaik untuk menghasilkan buah jeruk berkualitas tinggi adalah memanen sesuai jadwal. Cara memetik jeruk dan ciri-ciri fisik jeruk matang. Anda harus memperhatikan buah jeruk yang perlu dikumpulkan sebelum dipetik. Karena bunga tidak terbentuk pada waktu yang sama pada setiap tangkai, maka tingkat kematangan buah bisa berbeda-beda. Ada yang masih didominasi warna hijau, ada pula yang memudar menjadi kuning dan ada pula yang seluruhnya kuning. Biasanya, buah jeruk membutuhkan waktu 8 bulan sejak mekar hingga matang. Ciri-ciri jeruk matang harus diperhatikan saat memetik jeruk. Selain memeriksa warna kulitnya, kita juga harus memegang buah dan menekan ujung buah dengan ringan. Anda bisa mengetahui buah jeruk sudah matang jika ujung buah saat ditekan terasa berongga dan licin. Bagian samping buah juga bisa ditekan selain ujungnya. Kita bisa tahu jeruk sudah matang jika dagingnya empuk saat disentuh. Selain itu, karena jeruk kuning tidak selalu matang, tidak cukup menilai kematangan jeruk hanya berdasarkan penampilan fisiknya. Jika diperhatikan dari tampilan fisik warnanya, buah ini awalnya tampak berwarna kuning, namun jika diamati lebih dekat ternyata warnanya hanya setengah kuning dan tidak seperti biasanya. Karena telah terkena sinar matahari, buah ini berwarna kuning. Saat ditekan bagian samping atau ujung buah masih terasa keras. Jika ada rona lain, kuningnya tampak sempurna tetapi sedikit lebih pucat. Buah tumbang karena sudah lama terserang penyakit, terbukti dengan bercak-bercak hitam di bagian pinggir akibat serangan lalat buah. Buah ini memiliki rona ini karena serangan hama.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai memanen, dan kita harus menghindari memanen terlalu cepat. Setelah buah dan daun jeruk bebas embun di permukaannya, panen harus dimulai. Embun yang masih menempel pada buah dapat membuat tumpukan buah menjadi lembab dan menurunkan kualitas buah.

cara terbaik untuk memetik buah adalah dengan gunting setek. dengan cara memotong tangkai buah sepanjang 5–10 cm dari pangkal buah. Saat buah dipanen dengan gunting pemangkas, beberapa keuntungan termasuk fakta bahwa pangkal buah tidak terkelupas dan buah mungkin lebih tahan untuk disimpan. Selain itu, kami secara bersamaan memangkas cabang produksi yang tua dan produktif dengan gunting. Tunas muda yang berbuah dapat muncul lebih cepat sebagai hasil dari pemangkasan ini.

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru