Navbar

Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Tumbuh Tunas Banyak Dan Cepat Berbuah

 Cara Menanam Buah Naga

Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Tumbuh Tunas Banyak Dan Cepat Berbuah


Cara menanam buah naga kini semakin banyak diminati. Pasalnya, buah yang satu ini memiliki prospek pasar yang sangat bagus. Buah naga diduga berasal dari Amerika Selata. Akan tetapi, buah ini bisa tumbuh subur di Indonesia

1. Pilih lokasi penanaman.

Memilih tempat budidaya yang ideal merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebelum menanam buah naga. Saat memilih tempat, faktor-faktor termasuk ketersediaan air, kesuburan tanah, dan aksesibilitas harus diperhitungkan.

2. Membuat naungan

Buah naga membutuhkan naungan untuk memulai siklus pertumbuhannya. Kurangnya naungan akan menyebabkan tanaman buah naga tumbuh lambat, menguning, kaku, dan kerdil. Sekitar 50% dibutuhkan untuk naungan buah naga. Penggunaan paranet, daun kelapa, anyaman bambu, atau tanaman pelindung dapat memberikan keteduhan.

3. Memilih bibit yang baik 

Untuk mendapatkan benih dari biji atau stek, diharuskan memilih pohon induk. Seringkali petani menanam buah naga dengan cara stek karena dianggap lebih mudah dan cepat tumbuh, meskipun dengan praktek. Stek yang dipilih harus berasal dari pohon induk dengan perkembangan yang teratur dan sehat. Setelah mendapatkan pohon induk yang memenuhi persyaratan, potong batang sederhana untuk stek. Setelah itu stek ditanam di bedengan atau polibag. Pertahankan area tersebut sampai bibit siap untuk dipindahkan ke area budidaya.

4. Penanaman

Benih dapat ditanam kembali setelah akar terbentuk dan tunas sehat. Pastikan lahan pertanian sudah diolah dan diberi pupuk dasar untuk meningkatkan kesuburan tanah sebelum mulai menanam. Benih dapat langsung disemai jika lahan cocok untuk pertanian. Cara menanam buah naga agar langsung berbuah dengan cara memasukkan bibit ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan. Setelah lubang tanam ditutup rapat, periksa apakah bibit buah naga dapat berdiri dengan kokoh.

5. Perawatan

Jumlah perawatan terbesar harus dilakukan agar tanaman tumbuh dengan baik. Perawatan rutin meliputi pengairan, pemangkasan pucuk, pemupukan susulan, dan pengendalian makhluk perusak tanaman (hama, gulma dan penyakit).

6. Panen dan pasca panen

Tanaman buah naga mulai berbunga antara umur 1,5 sampai 2 tahun. Cabang atau tangkai buah akan muncul setelah berbunga. Untuk mencegah kerusakan buah, pemanenan sebaiknya dilakukan pada saat cuaca cerah pada pagi atau sore hari. Untuk memperpanjang umur simpan buah dapat dipisahkan dan disimpan setelah dipanen.

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru