Navbar

Cara Menanam Jambu Air Agar Berbuah Lebat Dan Tidak Terserang Hama Simak Yuk

 Cara Menanam Jambu Air Agar Berbuah Lebat

Cara Menanam Jambu Air Agar Berbuah Lebat Dan Tidak Terserang Hama Simak Yuk

Saya akan memberikan saran penanaman di paragraf berikutnya. Tanaman buah yang menghasilkan jambu air kini sangat beragam. Jambu madu deli, jambu air Citra, jambu air kancing, jambu air kristal mutiara, jambu air king rose, jambu air bangkok, dan varietas lainnya semuanya menawarkan keunggulannya masing-masing.

1. Memilih Bibit Jambu Air

Ada dua sumber benih berbeda yang tersedia untuk proses pembibitan. Bibit jambu air deli hijau biji yang berasal dari pohon berbuah dengan kualitas produksi yang konsisten dan berumur minimal 15 tahun dapat disemai untuk menghasilkan bibit secara vegetatif. Namun, benih vegetatif harus dipilih untuk memastikan kualitas benih yang seragam dan panen yang lebih cepat. Bibit vegetatif jambu air ini merupakan biji enten yang disatukan dengan celah celah. Stek atau cangkok dari tanaman induk yang sudah berbuah merupakan cara lain untuk mendapatkan bibit jambu biji. Jika tidak ingin repot membeli bibit, belilah pohon jambu biji dari penjual di pembibitan tanaman dan kebun yang memiliki silsilah yang kuat untuk kesuburan buah dan pohon. Jika akar panjang mulai terbentuk pada cangkokan (1-2 bulan setelah okulasi), jika bibit dibuat dengan cara sambung sendiri, akarnya dapat dipotong dengan membuat sayatan di bagian bawah cangkokan. Agar bibit jambu beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan, tempatkan cangkokan di polybag.

2. Menyiapkan Lubang Tanam

Pembuatan lubang tanam sebaiknya dilakukan pada akhir musim kemarau atau menjelang awal musim hujan karena tanaman jambu sebaiknya ditanam pada saat tersebut. Benih harus disiram dua kali sehari jika penanaman dilakukan pada musim kemarau. Tanah yang subur, gembur, dan agak asam sangat ideal untuk pertumbuhan jambu biji. Buatlah lubang tanam berukuran 40 cm x 40 cm, dengan kedalaman 40 sampai 50 cm. Setelah menggali selama seminggu, tambahkan pupuk kandang atau kompos ke dalam lubang hingga kedalaman sepertiga dari kedalamannya. Kemudian, biarkan lubang istirahat selama seminggu agar nutrisi stabil. Buat lubang dengan jarak 8 meter dan isi masing-masing dengan pupuk kandang jika jambu biji akan ditanam dalam skala besar.

3. Memilih Pot

  • Gunakan media tanam campuran tanah, sekam, dan dua bagian pupuk kandang untuk tanaman jambu biji yang ditanam dalam pot berdiameter 50 cm agar tumbuh subur dan cepat berbuah. Anda juga bisa menambahkan kotoran burung dengan takaran 1 kilogram per pot. Pot yang dipilih segera dibor dengan lubang drainase di bagian bawah dan samping. Untuk mencegah agar media tidak keluar dari lubang bersama air, sebaiknya kerikil diletakkan sebelum kombinasi media tanam. Media tanam menempati sekitar dua pertiga dari volume pot.
  • Gunakan pot dengan ukuran yang sesuai, dan untuk bahan pot, gunakan kaleng bekas, ember, atau drum yang sudah diberi lubang drainase kecil.
  • Gunakan campuran tanah subur dan pupuk kandang di dalam tanah, dengan perbandingan tanah subur dengan pupuk kandang 1:1. Usahakan untuk menggunakan pupuk kandang yang matang karena pupuk kandang yang masih mentah dapat menyebabkan pembusukan akar tanaman.
  • Ambil bibit tanaman jambu biji yang sebelumnya ditanam di dalam polybag, cabut dari kantong secara keseluruhan, lalu tanam di tengah pot yang sudah diisi tanah dan pupuk kandang. Ini akan memastikan bahwa pertumbuhan akar menyebar secara merata ke seluruh pot. Setelah itu, isi panci dengan air bersih hingga benar-benar jenuh.

3. Menanam buah jambu biji
  • Pembibitan Buah Jambu Air Dengan memperhatikan kedalaman tanam, maka benih yang terpilih ditempatkan pada lubang tanam yang telah disiapkan. Waktu terbaik untuk menanam benih adalah pada musim hujan karena petani tidak perlu khawatir tentang penyiraman tanaman mereka, yang harus dilakukan minimal dua kali sehari. Sore hari adalah waktu yang ideal untuk menanam tanaman mawar air agar bibit dapat tumbuh subur dan cepat menyesuaikan diri dengan kondisi tumbuh yang baru.
  • Dalam cara budidaya jambu biji, pemilihan pola tanam yang akan digunakan merupakan langkah awal yang perlu dilakukan. Rancangan penanaman terbaik untuk pohon jambu biji dilakukan dengan jarak tanam 8 x 8 meter agar dapat berkembang sebaik mungkin dengan hasil panen buah yang maksimal.
  • Buah dapat ditanam dengan metode tabulampot atau polibag dengan diameter 50 cm. Pot diberi lubang drainase kecil sebelum diisi tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
  • Pohon jambu air ditanam secara beraturan, berjarak sekitar 2,5 hingga 3 meter, untuk memungkinkan terjadinya sirkulasi udara.
  • Untuk menanam bibit jambu biji, buka polibag plastik dengan hati-hati terlebih dahulu, jaga jangan sampai mengotori tanah di dalamnya. karena jambu air itu akan dijadikan sebagai sumber rezeki pertama selama penanaman.
  • Sampai benih bertemu dengan dasar lubang yang sudah diisi pupuk kandang, masukkan ke dalam lubang yang sudah dibuat. Tanah yang tersisa dari penggalian harus digunakan untuk mengisi lubang. Padatkan perlahan. Agar tidak terlalu panas, sebaiknya ditanam pada sore hari di awal musim hujan.
4. Teknik Pemupukan Jambu Biji
  • Ternyata tanpa pemupukan yang tepat, tanaman jambu air tidak akan tumbuh dengan baik. Saat menanam benih, pemupukan sangat penting, tetapi juga perlu dilakukan setelah itu setiap tiga bulan atau setidaknya dua kali setahun. Jumlah pupuk yang sesuai harus diterapkan dalam lingkaran di sekitar pohon yang berdiameter sekitar satu meter.
  • Jika buah sedang musim, pemupukan dilakukan dua kali seminggu; jika tidak, dilakukan seminggu sekali.
5. Metode Pemeliharaan dan Penyiraman
  • Tentu saja, setelah tanaman jambu berada di dalam pot, perlu disiram. Sirami tanaman sesering mungkin, biasanya setiap dua hingga tiga hari sekali. Jangan menyiram sampai pot benar-benar terendam, dan jangan menunggu untuk menyirami tanaman jambu sampai tanahnya kering dan daunnya mulai layu. Ketika saya memiliki tanaman jambu biji di rumah, saya menyiraminya sekali sehari di musim kemarau dan dua kali seminggu di musim hujan. Air bersih harus digunakan untuk menyiram, sebaiknya dari sumur. Jika menggunakan air ledeng, diamkan selama 24 jam untuk mengurangi konsentrasi klorin yang tidak baik untuk tanaman.
  • Selain itu, Anda bisa memupuknya dengan pupuk kandang atau kompos.
  • Tergantung cuaca, penyiraman dilakukan dua kali sehari. Prosedur penyiraman dapat dilakukan secara manual, otomatis, atau melalui fertigasi. Jika pohon ditanam dalam jumlah besar, penyiraman fertigasi secara substansial menyederhanakan prosesnya.
6. Teknik Pemangkasan Daun Jambu Air

Tidak dapat dipungkiri bahwa dahan dan dahan pohon jambu biji perlu dipangkas agar mendapatkan hasil buah yang optimal. Tujuan pemangkasan adalah untuk membuat tajuk baru agar pohon dapat menumbuhkan tajuk yang sempurna. Banyaknya buah jambu biji yang dapat dipanen dari pohon yang ditanam akan sangat dipengaruhi oleh bentuk tajuk yang sempurna dan jumlah cabang buah.

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru