Navbar

BUAH DURIAN MONTONG DAN MANFAATNYA YANG MELIMPAH

 

Durian montong merupakan salah satu species durian yang lumayan banyak dikenal masyarakat. Dilihat dari ukuran dan juga rasanya, membuat durian ini lebih populer dibanding durian jenis lain dan menjadikan durian ini memiliki julukan durian unggul atau King of Fruit.

Durian montong ini juga memiliki harga yang lumayan tinggi. Cukup mahal dibanding durian lokal lain yang sama unggulnya.

Karakteristik durian montong cukup terlihat jelas perbandingannya dengan durian lain. Durian montong memiliki daging buah yang berwarna kuning dan tebal namun agak kering dan kurang berminyak. Dari segi rasa, daging buahnya sangat manis dan teksturnya halus disertai aroma yang tajam.

Warna kulit buahnya pun juga berbeda. Durian montong memiliki kulit buah berwarna hijau kekuningan dengan duri di permukaan kulitnya. Setiap biji, bobotnya sekitar 3-5 kg, jauh lebih besar dibanding durian pada umumnya. Biji dalam buahnya termasuk kecil dibandingkan durian lain.

Buah tropis unggulan ini memiliki mineral alami yang mudah dicerna oleh tubuh. Segala kandungan di dalamnya berkontribusi bagi kesehatan manusia. Dibawah akan dibahas manfaat-manfaat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi buah durian montong ini.

Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Durian montong mengandung fitonutrien, air, protein, dan lemak bermanfaat sebagai sumber energi alami.
  • Durian montong mengandung serat makanan dan merupakan sumber antioksidan vitamin C yang baik untuk menangkal radikal bebas yang menjadi sumber segala penyakit yang berbahaya.
  • Durian montong mengandung vitamin B, kandungan niasin, riboflavin, B5, B6, dan tiamin yang dibutuhkan tubuh.
  • Durian montong mengandung kalium dan asam amino esensial triptofan yang bisa membantu penuhi kebutuhan kalium di dalam tubuh bagi yang memiliki riwayat penyakit ginjal.
  • Durian montong memiliki kandungan yang berkontribusi dalam mengatasi insomnia, disfungsi seksual, dan kanker.
  • Durian montong mengandung asam folat dan zat besi yang tinggi sehingga dipercaya bisa mengatasi anemia.
  • Durian montong mengandung vitamin yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah penuaan dini. 
  • Durian montong mengandung mangan yang menstabilkan gula darah dan menjaganya tetap satbil.
  • Konsumsi buah dalam jumlah tepat bisa menyuplai kebutuhan serat di dalam tubuh untuk mengatasi sembelit dan penyumbatan di usus, masalah seperti kembung, kram, dan gangguan pencernaan lainnya.
  • Kadar serotonin yang rendah dapat memicu depresi pada manusia, dan durian monting ini memiliki Vitamin B6 yang penting untuk produksi serotonin. Karenanya, konsumsi buah durian montong direkomendasikan guna meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh untuk mengatasi depresi.

Banyak juga ya manfaat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi durian montong ini. Jangan khawatir, saat ini durian montong masih terus dibudidayakan, jadi kemungkinan punah kecil. Dan semakin tahun, harga dari durian montong ini tidak pernah anjlok dari durian-durian jenis lain.

Jadi membudidayakan durian ini bisa menjadi peluang bisnis yang besar lo. Untuk tabungan di masa depan.

Cek artikel kami yang lain untuk cara budidaya durian montong ini ya!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru