Navbar

Durian Musang King, Raja Buah yang Berasal dari Malaysia


Durian Musang King merupakan varietas unggulan yang berasal dari Malaysia, pada awalnya dikenal dengan nama Mao Shan Wang yang artinya raja kucing.

Durian ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1990 an, kemudian tahun 1993 ada seorang warga bernama Wee Chong Beng mendaftarkan durian ini sebagai durian unggul dan dinami Raja Kunyit, nama ini disematkan karena durian ini memiliki warna daging kuning seperti kunyit

Sebagian besar warga kemudian menyebutnya durian Raja Kunyit Musang King. Sebutan musang king ini disertakan karena lokasi pohon induknya berada di dekat Gua Musang yang berada di Kelantan, Malaysia.

Durian ini terkenal karena kelezatannya. Daging buahnya tebal, berwarna kuning, teksturnya lembut creamy tidak terlalu lembek, dan tidak berserat. Aromanya harum semerbak, dan memiliki citarasa manis legit dengan sedikit semburat pahit. Bijinya kecil dan tipis, 80% dari buah durian ini adalah daging buah.


Karakteristik Buah Durian Musang King

  • Buahnya berbentuk bulat sedikit lonjong
  • Daging buahnya tebal berwarna kuning
  • Bertekstur lembut creamy, tidak terlalu lembek, dan tidak berserat
  • Aroma nya tajam, harum semerbak
  • Rasanya manis legit dengan sedikit semburat pahit
  • Biji buahnya kecil dan tipis
  • Durinya membentuk Piramid

  • Bagian Pangkal/Pantat Buah membentuk Bintang



Karakteristik Pohon Durian Musang King

  • Pohon Menjulang Tinggi

Durian musang king termasuk dalam jenis pohon yang mampu tumbuh tinggi di atas rata-rata, tinggi pohonnya dapat mencapai 25 - 50 meter.

Meskipun akan tumbuh menjulang, tidak perlu menunggu batang mencapai 25 meter untuk berbuah. Karena pohon bisa menghasilkan buah saat ukuran masih belum terlalu tinggi. Apalagi sekarang banyak tersedia bibit unggul yang mana pohon bisa berbuah hanya dalam waktu 3 - 5 tahun.

  • Bentuk Daun

Daun durian musang king memiliki bentuk yang terlihat oval dan meruncing ke bawah, biasanya terletak berseling dan bertangkai. 

Selain itu, warna daunnya juga terlihat lebih mencolok dengan warna hijau muda di bagian atas dan berwarna coklat keemasan di bagian bawahnya. Daun-daun pada pohon ini juga dilapisi dengan bulu-bulu halus bintang keperakan.

  • Bentuk Buah

Ciri-ciri pada pohon durian jenis ini juga bisa dilihat dari bentuk buahnya. Bentuk buahnya cukup khas yaitu bulat dengan sedikit lonjong. Kemudian pada bagian kulitnya adai 5 garis yang mengarah pada pangkal dari buah dan membentuk bintang. Durinya membentuk Piramid


Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru