Navbar

Cara Menanam Mangga Mahatir Jumbo Agar Cepat Berbuah

Tanaman Mangga Mahatir

Mangga Mahatir, mungkin sebagian orang belum banyak yang mengetauinya. Apasih mangga mahatir itu?

Mangga mahatir merupakan varietas unggulan yang berasal dari Malaysia. Buah ini memiliki keistimewaan pada ukuran buahnya yang sangat besar/jumbo, daging buah yang tebal dengan biji yang tipis/gepeng dan bercitarasa manis khas yang menyegarkan. 

Selain itu, ternyata mangga mahatir juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan. Menarik bukan?

Karena keistimewaanya, saat ini mangga mahatir banyak dicari untuk dibudidayakan. Namun, jika kamu tertarik, kamu bisa menanamnya sendiri dirumah, caranya sangat mudah. Untuk mempelajari hal tersebut, kami akan memberikan penjelasannya dibawah ini. Simak yuk!


Syarat Tumbuh Mangga Mahatir

  • Dataran rendah dengan ketinggian mencapai 700 mdpl
  • Iklim tropis maupun subtropis

  • Suhu 24 - 27° Celcius
  • Curah hujan antara 750 - 2250 mm/tahun
  • Intensitas cahaya matahari sepanjang hari
  • Tanah gembur, subur, dan sedikit berpasir.


Pemilihan Bibit

Pilih Bibit mangga mahatir yang berasal dari perbanyakan vegetatif, bisa melalui teknik okulasi, cangkok, stek, atau sambung pucuk.

Pastikan kondisi bibit dalam keadaan sehat dan tidak terserang hama atau penyakit.

Secara fisik batang kokoh, tegak, dan tidak kurus, serta daun yang rimbun, hijau dan segar

Kamu bisa membeli bibit di toko tanaman yang sudah terpercaya atau dapat menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas. Kami menyediakan bibit dengan kualitas unggulan dan berbuah lebih cepat.

Bibit Tanaman Mangga Mahatir

Pengolahan Lahan Tanam

Bersihkan lahan tanam dari gulma, rumput liar, atau tanaman pengganggu lainnya, serta bebatuan yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman mangga.

Buat lubang dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm

Buat media tanam yang terdiri dari tanah galian, arang sekam, dan pupuk kandang kering dari kotoran kambing.

Campurkan semua media dengan perbandingan 1 : 1 : 1

Masukan media tanam yang telah dibuat hingga setengah volume lubang, kemudian diamkan selama 2 minggu sebelum digunakan untuk menanam.


Penanaman

Lepas polybag bibit dengan cara merobeknya menggunakan gunting, lakukan secara hati - hati, usahakan media yang menempel pada bibit tidak pecah, sehingga sistem perakaran tidak rusak.

Masukan bibit kedalam lubang tanam, letakan bibit dalam posisi tegak lurus/tidak miring. Kemudian sedikit padatkan tanah sekitar bibit  dan siram denganair secukupnya hingga media basah.


Perawatan Tanaman

  • Penyiraman

Lakukan penyiraman cukup 1 kali saja setiap harinya pada pagi atau sore hari, intensitas penyiraman bisa juga dilakukan dengan menyesuaikan kondisi cuaca dan kelembaban tanah.

  • Pemupukan

Untuk pupuknya sendiri, variasikan jenisnya. Kalau dalam masa pertumbuhan, pupuk UREA yang kaya akan nitrogen harusnya diberikan. Karena kandungan inilah yang akan mempercepat proses pertumbuhan tunas dan cabang. 

Tetapi bila memasuki usia berbunga, usahakan untuk menggunakan pupuk NPK. Pupuk inilah yang akan merangsang pembungaan dan pengisian buah kedepannya. Jadinya, panen mangga mahatir bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Pemberian pupuk bisa dilakukan dua pekan sekali atau minimal Sebulan sekali Agar tanaman bisa tetap mendapatkan nutrisi. Jika diperlukan bisa ditambahkan dengan jenis pupuk organik cair supaya pertumbuhan tanaman mangga mahatir bisa lebih optimal.

  • Penyiangan

Lakukan penyiangan dengan mencabut manual atau menggunakan cangkul apabila ada rumput liar, gulma, atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh di area sekitar tanaman mangga.

Biasanya saat musim kemarau penyiangan dilakukan setiap 6 minggu sekali dan saat musim hujan penyiangan biasa dilakukan setiap 4 minggu sekali.

  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Jika tanaman mangga terdapat hama ulat anda bisa mengambil langsung pada bagian yang diserang.

Bisa juga menghilangkan hama dan penyakit menggunakan insektisida, pestisida, dan juga fungisida dengan dosis atau takaran yang sesuai, penggunaan yang berlebihan justru dapat menurunkan kualitas buah. Rasa buah mangga mahatir akan menjadi kurang maksimal.


Pemanenan

Tanaman mangga mahatir yang berasal dari bibit hasil perbanyakan vegetatif, akan m ulai belajar berbuah ketika memasuki umur tanam 2 tahun.

Ciri buah mangga mahatir yang sudah matang kulitnya akan berubah warna menjadi hijau muda kekuningan. Buah yang sudah matang sepenuhnya rawan jatuh sebelum dipanen, karena ukurannya yang sangat besar.

Petik buah sebelum benar - benar matang. Agar mangga tidak sampai jatuh. Dalam proses pemetikan, sebaiknya gunakan gunting tanaman.


Lumayan mudah bukan? Jadi apa masih ragu untuk menanam varietas jumbo satu ini? Dengan menggabungkan tata cara serta memahami betul syarat tumbuh tanaman, akan sangat mungkin jika penanaman yang dilakukan berjalan dengan baik.

Semoga informasi ini membantu kalian yang akan menanam buah mangga mahatir. Terimakasih sudah berkunjung dan Selamat menanam! 

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru