Navbar

Mangga Mahatir, Buah Jumbo Asal Negri Jiran Malaysia Dengan Manfaatnya

Tanaman Mangga Mahatir


Mendengar nama mangga, pasti kebanyakan orang sudah mengenal bahkan pernah memakannya. Jika Mangga Mahatir, pernahkah mendengarnya?

Mangga mahatir adalah varietas asli yang berasal dari negri jiran, Malaysia. Di indonesia mangga ini dikenal dengan sebutan mangga esmo. Buahnya berwarna hijau semu kuning ketika matang.

Mangga mahatir merupakan jenis mangga yang memiliki ukuran jumbo/besar dengan bobot rata - rata mencapai 3 kg/buah. Daging buah mangga ini tebal berwarna kuning orange dengan tekstur yang lembut, berserat sangat halus dan citarasa manis yang khas (tidak menyengat), serta memilik biji buah yang berukuran kecil, tipis/gepeng.

Dibalik berbagai macam keistimewaannya, ternyata mangga mahatir juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Lantas, apa saja sih manfaatnya? Yuk, cari tau infromasinya dibawah ini.


Manfaat Mangga Mahatir

  • Melawan Radikal Bebas

Buah mangga Mahathir kaya akan antioksidan. Hal ini disebabkan oleh tingginya vitamin A, C, dan senyawa flavonoid yang terkandung dalam buah mangga.

Antioksidan mampu menangkal serangan radikal bebas yang sangat berbahaya efeknya bagi tubuh.

  • Menjaga Sistem Pencernaan

Mangga mahatir mengandung serat pangan larut yaitu pectin, dan serat pangan tidak larut yaitu selulosa. Serat memiliki fungsi untuk mengatur kecepatan pada proses pencernaan.

Pektin berfungsi untuk memperlambat pencernaan dalam usus, serta menjaga kesehatan usus. Karena berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan, zat pectin juga bisa memberikan waktu lebih lama untuk rasa kenyang bisa dirasakan oleh tubuh. 

Sedangkan selulosa berfungsi untuk mempercepat proses akhir pencernaan, juga memperlancar buang air besar sehingga mengurangi resiko terkena kanker usus besar.

  • Mengontrol Tekanan Darah

Pada mangga mahatir juga terdapat kalium. Senyawa yang mampu membantu menstabilkan tekanan darah yang membuat terhindar dari resiko penyakit jantung dan stroke.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Mengonsumsi mangga membuat tubuh mampu melakukan detoksifikasi dengan baik. Sehingga akan membuat kulit anda menjadi lebih halus, lembab, dan mengurangi kerutan-kerutan akibat penuaan.


Itulah sedikit ulasan mengenai mangga mahatir beserta manfaatnya. Nah, sekarang sudah jadi tahu lebih banyak bukan? Cara menanam mangga mahatir juga mudah lo, kamu dapat melakukannya sendiri dirumah. Tertarik untuk menanm?

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk teman - teman semua. Terimakasih sudah mampir!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru