Navbar

Cermai Belanda, Buah dengan Mitos Seram yang Memiliki Banyak Khasiat

Cermai Belanda

Apa kamu penggemar manisan buah? pasti sudah tidak asing lagi dengan buah satu ini, walaupun sudah jarang ditemui, sebagian besar orang mungkin mengenali buah cermai belanda.

Sayangnya, pemanfaatan buah cermai hanya sebatas penambah rasa asam pada masakan atau diolah menjadi manisan dan acar, padahal manfaat buah cermai bagi kesehatan cukup potensial.

Cermai diketahui menyimpan banyak mineral, vitamin, dan tinggi nutrisi, membuat manfaat buah cermai sangat banyak. Lantas, apa saja manfaat buah cermai yang baik untuk kesehatan? Simak penjelasannya!


Karakteristik Cermai Belanda

  • Ukuran buah kecil
  • Bentuk buah bulat bergelombang
  • Kulit buah sangat tipis
  • Buah berwarna merah tua kehitaman ketika matang
  • Citarasa asam manis
  • Kandungan air cukup tinggi
  • Terdapat biji dalam buah


Mengenal Buah Cermai Belanda

Cermai belanda memiliki nama latin Eugenia Uniflora, buah ini berasal dari pantai timur Amerika Selatan. Seperti daerah Suriname, Guyana Prancis, Brasil bagian selatan, serta sebagian Paraguay, Argentina, dan Uruguay.

Cermai memiliki ukuran buah yang kecil, betuknya bulat dengan permukaan yang bergelombang, ketika matang buahnya akan berwarna merah tua cenderung kehitaman, dan bercitarasa asam manis serta mengandung cukup banyak air.

Buah cermai biasanya diolah menjadi manisan atau bahan dasar rujak sehingga menghasilkan citarasa yang asam pedas.

Cermai belanda memiliki ukuran buah yang kecil namun kaya akan manfaat, tetapi tak banyak masyarakat yang mau menanamnya, karena memiliki beragam mitos seram yang mengiringinya, seperti Pohon Pembawa Wahyu Dewa, Jimat keberkahan, dan mitos kayu harum yang berkhasiat Mulai dari pengasihan, penambah kharisma, hingga pengusir gangguan gaib.

Tanaman cermai bisa tumbuh tinggi hingga mencapai 9 meter. Tanaman cermai memiliki bunga berukuran kecil berwarna merah. Bunga cermai cukup cantik jadi tidak heran bila sebagian orang Menanam Cermai di halaman rumahnya. 

Manfaat Buah Cermai Belanda

  • Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A di dalam buah cermai merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk menjaga penglihatan serta sel di dalam tubuh.

Saat tubuh kekurangan asupan vitamin A, Anda berisiko mengalami kondisi xeropthalmia. Ini merupakan ketidakmampuan untuk melihat dalam cahaya redup yang rentan pada anak kecil dan wanita hamil.

  • Mencegah Penuaan Dini

Senyawa antioksidan di dalam buah cermai juga bermanfaat untuk mencegah dan membantu melawan penuaan dini. Hal ini karena antioksidan dapat melawan stres oksidatif juga kerusakan sel.

Tidak hanya itu saja, ada pula kandungan lainnya berupa vitamin C, vitamin E, serta fitonutrien.

Fitonutrien yang ada di dalam buah cermai dapat menjaga kesehatan dan melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari.

  • Menghasilkan Energi

Mengandung pantothenic acid atau vitamin B5 yang membuat buah cermai bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah serta membantu membuat asupan makanan yang masuk menjadi energi.

Saat tubuh kekurangan vitamin B5 yang terjadi adalah kelelahan, depresi, insomnia, hingga infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Lalu, ada pula manfaat lain dari buah cermai karena kandungan vitamin B5 di dalamnya yaitu, membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

  • Menjaga Keseimbangan Tekanan Darah

Terdapat kandungan kalium atau potasium di dalam buah cermai yang bermanfaat untuk mengatur keseimbangan asupan cairan serta membantu menjaga keseimbangan tekanan darah.

Hal ini karena kalium dapat membantu meredakan ketegangan dinding di pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

  • Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat pada buah cermai juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit.

Serat merupakan kandungan dari makan yang dibutuhkan tubuh karena dapat diserap dan dicerna dengan baik melalui usus kecil dan usus besar.

Selain itu, serat yang berasal dari buah juga dapat membantu mengontrol kadar gula, mengurangi tekanan darah, kolesterol, dan risiko penyakit kronis lainnya.

  • Mengatasi Diabetes

Kandungan mineral kromium di dalam buah cermai, berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. Sehingga, penyerapan glukosa menjadi lebih terkontrol.


Nah, dilihat dari manfaatnya, sudah tidak ragu lagi untuk mengonsumsinya? walaupun rasanya asam, manfaat yang diberikan sungguh melimpah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman - teman semua. Terimakasih sudah berkunjung.

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru