Navbar

Khasiat Buah Kenitu Ungu atau Sawo Durian, Buah Unik dan Langka

Pernah mendengar buah kenitu? Ini adalah salah satu jenis buah asli dari Indonesia. Buah ini biasa dikenal dengan sawo apel. Ada juga yang menyebut buah ini dengan sebutan buah genitu, manecu, dan juga sawo durian, jika dalam bahasa inggris disebut Star Apple.

Buah kenitu biasanya berwarna hijau, namun yang satu ini berwarna ungu, lebih langka ditemukan di Indonesia

Buah langka yang namanya sangat unik ini juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Sayangnya tidak banyak orang mengetahui khasiat dari buah satu ini.

Ingin tahu khasiatnya? Simak pembahasannya dibawah ini ya.


Mengenal Buah Kenitu Ungu

Buah Kenitu berasal dari Karibia, ditemukan sekitar 1500 tahun yang lalu oleh pelaut dari Spanyol.

Buah kenitu memiliki nama ilmiah Chrysophyllum cainito. Chrysophyllum (nama ilmiah kenitu) diambil dari ciri - ciri daun tumbuhan sawo-sawoan, artinya memiliki daun tunggal yang berwarna coklat - keemasan, seperti ciri - ciri daun pohon kenitu. 

Buah Kenitu Ungu memiliki buah berbentuk bulat dengan kulit yang sangat tebal, berwarna ungu, permukaannya mengkilat dan terkadang masih ada getah putih yang lengket.

Buah Kenitu memiliki rasa yang manis, daging buahnya berwarna putih keunguan dengan tekstur yang lembut. Di dalam daging buah, biasanya terdapat biji kecil yang berjumlah 6 sampai 8 butir.


Manfaat Buah Kenitu Ungu

Buah kenitu termasuk jenis buah yang memiliki kadar kalori yang rendah namun sumber karbohidrat yang baik sehingga cocok dijadikan sumber energi alternatif. Selain itu buah kenitu juga kaya kandungan serat yang baik untuk sistem metabolisme tubuh.

  • Buah yang Cocok untuk Diet

Buah kenitu mengandung serat yang sangat banyak, karbohidrat yang baik namun rendah kalori sehingga cocok sebagai buah yang dikonsumsi saat diet.

  • Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Rasa buah kenitu yang manis tentunya sangat menyegarkan, namun aman dikonsumsi penderita diabetes. Karena, pada buah kenitu ada senyawa aktif yang bernama aloksan dimana senyawa tersebut bisa menurunkan gula darah yang sedang naik jadi normal kembali.

  • Kaya Kandungan Serat Sehingga Baik untuk Pencernaan

Buah kenitu kaya serat yang tentunya baik untuk sistem pencernaan, mencegah konstipasi dan mengurangi risiko terjadinya iritasi pada lambung.

  • Baik untuk Kesehatan Tulang

Buah kenitu mengandung mineral kalsium yang cukup tinggi sehingga baik bagi kesehatan tulang dan gigi.

  • Kaya Kandungan Vitamin C

Ada banyak sekali manfaat vitamin C yang bisa Anda dapatkan dari buah kenitu. Vitamin C mengoptimalkan produksi kolagen dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Mengoptimalkan Distribusi Oksigen

Mengkonsumsi buah kenitu juga dapat membantu mengoptimalkan distribusi oksigen dalam tubuh sehingga sel dapat beregenerasi dengan optimal.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Buah kenitu mengandung mineral potasium yang bermanfaat baik untuk jantung.

  • Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan beta karoten pada buah kenitu terutama buah kenitu ungu sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

  • Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C serta beberapa mineral serta vitamin penting pada buah kenitu sangat baik dalam membantu menjaga daya tahan tubuh.

  • Mencegah Anemia

Salah satu manfaat zat besi adalah dapat mencegah anemia dan zat besi juga banyak terdapat pada buah kenitu.

  • Kaya Kandungan Antioksidan

Buah kenitu merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan memiliki peranan penting untuk menjaga tubuh dari segala macam infeksi, kelainan fungsi organ dan segala macam penyakit.

  • Berfungsi Sebagai Pencegah Penuaan Dini

Salah satu manfaat antioksidan dalam buah kenitu tak hanya mampu untuk menangkal radikal bebas tapi juga dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Mengkonsumsi buah kenitu bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

  • Mengurangi Rasa Sakit Saat Datang Bulan

Buah kenitu memiliki kandungan antinociceptic, yaitu suatu zat sejenis analgesik yang dapat memberikan efek meredakan nyeri. Buah ini baik dikonsumsi wanita yang sedang mengalami nyeri karena haid.


Itulah beberapa khasiat dari buah kenitu ungu yang bisa kami sampaikan. Dengan mengonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan maka bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk teman - teman semua. Terimakasih

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru