Navbar

Cara Merawat Tabulampot Jeruk Tongheng Agar Berbuah Lebat

Tanaman Jeruk Tongheng

Jeruk Tongheng, siapa sih yang tidak kenal dengan buah unik satu ini? Jeruk tongheng sering sekali ditemui sebagai sajian makanan pada hari raya imlek, karena jeruk tongheng katanya melambangkan kemakmuran.

Jeruk tongheng memiliki tampilan yang istimewa, dengan ukuran pohon yang pendek jeruk tongheng sudah bisa berbuah, sehingga sangat cocok jika ditanam dalam pot sebagai tabulampot hias. Apalagi ketika tanaman telah berbuah, semakin menambah kesan estetika pada halaman rumah anda.

Agar pertumbuhan tanaman jeruk tongheng dapat optimal, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Cara Menanam Bibit Jeruk Tongheng Dalam Pot, setelah itu tentu perlu adanya perawatan yang baik dan benar.

Cara merawat tabulampot jeruk tongheng tergolong cukup mudah, dan tentunya akan menjadi hal yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang anda. Lantas, seperti apa sih langkah perawatannya? Yuk, simak informasinya dibawah ini.


Cara Merawat Tabulampot Jeruk Tongheng

  • Penyiraman Tabulampot Jeruk Tongheng

Lakukan penyiraman tanaman jeru tongheng secara rutin sebanyak 1 - 2 kali sehari pada pagi dan sore hari, atau disesuaikan dengan kondisi cuaca dan kelembaban media tanam.

Ketika proses penyiraman, batang akar jangan sampai tergenang

  • Penyiangan Tabulampot Jeruk Tongheng

Penyiangan dilakukan secara manual dengan mencabut gulma yang tumbuh didalam pot tanaman jeruk tongheng.

Frekuensi penyiangan dilakukan minimal 2- 4 minggu sekali, atau disesuaikan dengan pertumbuhan gulma. Jika gulma sudah mulai tumbuh segera dilakukan penyiangan.

  • Pemangkasan Tabulampot Jeruk Tongheng

Pemangkasan dapat membantu mempercepat pertumbuhan dan pembuahan bibit tanaman buah jeruk tongheng.

Lakukan pemangkasan dengan memotong batang atau cabang yang sudah agak tua, atau yang bercirikan warna mulai coklat keabu - abuan.

Setelah dipangkas, nantinya akan tumbuh beberapa tunas baru yang kemudian akan menjadi cabang baru.

Pangkas cabang baru yang baru muncul dengan memperhatikan kondisisi kesehatan tanaman. Sisakan 3 disetiap batang yang akan dicabangkan, agar pohon nantinya berbuah maksimal. 

Beri jarak 50 - 70 cm dari percabangan untuk batang yang akan dipotong/pangkas

  • Pemupukan Tabulampot Jeruk Tongheng

Pada fase awal pertumbuhan berikan pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing yang telah kering minimal sebulan sekali. 

Untuk mempercepat pertumbuhan batang dan daun dapat menggunakan jenis pupuk organik agrodyke atau NPK dengan dosis sesuai anjuran pemakaian.

Pupuk dapat dicampur dengan air hingga menjadi larutan dan disiramkan berbarengan dengan jadwal penyiraman atau dibenamkan di sekeliling batang pokok di bawah lingkar luar tajuk tanaman.

  • Masa Panen Jeruk Tongheng

Tanaman yang berasal dari bibit vegetatif dan dengan perawatan yang baik, akan mulai berbuah ketika berumur 1 - 2 tahun setelah penanaman, serta mampu berbuah susul menyusul.

 

Tabulampot Jeruk Tongheng


Demikianlah penjelasan mengenai cara merawat tabulampot jeruk tongheng yang bisa kami sampaikan. Dengan mengikuti langkah - langkah diatas, akan sangat mungkin tabulampot jeruk tongheng dapat tumbuh dengan optimal, cepat berbuah, dan menghasilkan buah yang lebat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya diperlukan bibit yang unggul dan sehat. Dalam hal ini anda tidak perlu khawatir, karena kami menyediakan bibit jeruk tongheng berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca..

Tunggu apa lagi? ayo segera pesan bibitnya sekarang juga! Untuk info lebih lanjut bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera sekarang juga!

Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman - teman semua. Terimakasih Sudah Mampir, dan Semoga Berhasil!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru