Navbar

Tabulampot Jeruk Tongheng Cepat Berbuah Dan Keunggulannya

Tanaman Jeruk Tongheng


Jeruk Tongheng merupakan varietas jeruk unggulan yang berasal dari Negeri Tirai Bambu (China). Jeruk tongheng ini memiliki keunikan yang sama dengan jeruk nagami yakni buah dan kulitnya dapat dimakan sekaligus tanpa perlu dikupas dan rasanya manis tanpa ada rasa getar sedikitpun.

Selain buahnya yang unik, jeruk tongheng juga memiliki berbagai keunggulan lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Lalu, apa saja keunggulan jeruk tongheng? Yuk, simak ulasan berikut ini!


Keunggulan Jeruk Tongheng

  • Mudah Beradaptasi

Bibit Jeruk tongheng memiliki kemampuan pertumbuhan yang baik, serta adaptif. Dapat tumbuh subur diberbagai tempat.

  • Budidaya Mudah

Tanaman jeruk tongheng dapat tumbuh subur di dataran tinggi, dan tumbuh dengan baik di dataran rendah, apalagi di iklim panas, seperti di Indonesia.

Selain itu, pohonnya berukuran pendek dan ringkas, sehingga tidak memakan banyak tempat serta dapat direkomendasikan untuk ditanam di pekarangan rumah yang kurang luas, atau didalam pot.

  • Bersifat Genjah

Jeruk tongheng memiliki sifat genjah atau mudah berbuah. Tanaman yang berasal dari bibit vegetatif dan dengan perawatan yang baik, akan mulai berbuah ketika berumur 1 - 2 tahun setelah penanaman, serta mampu berbuah susul menyusul.

  • Buah Unik dan Berkualitas

Jeruk tongheng memiliki bentuk bulat, mungil, beraroma khas dan yang paling istimewa adalah buahnya dapat dimakan langsung bersama kulitnya tanpa perlu dikupas, dengan rasa yang manis tanpa getar sedikitpun.

  • Nilai Jual Tinggi 

Jeruk tongheng memiliki nilai market yang tinggi, terutama menjelang tahun baru imlek, jeruk ini sangat dicari untuk memenuhi kebutuhan pasar menjelang tahun baru imlek.


Itulah berbagai macam keunggulan yang bisa didapat dari jeruk tongheng. Menarik sekali ya?

Berkat banyaknya keunggulan dan potensi yang dimiliki jeruk tongheng. Budidaya jeruk tongheng kini mulai menjadi trend, dan jadi incaran para kolektor tanaman buah.

Apalagi, jeruk tongheng dapat tumbuh dimana saja, bahkan dilahan yang sempit dan terbatas seperti dalam pot sekalipun. Proses penanamannya juga sangat mudah, hampir mirip dengan Cara Menanam Bibit Jeruk Nagami Dalam PotUntuk mempelajari hal tersebut, yuk langsung ikuti langkah - langkah berikut!


Cara Menanam Bibit Jeruk Tongheng Dalam Pot

  • Pemilihan Bibit Jeruk Tongheng

Pilih bibit jeruk tongheng yang berasa dari perbanyakan vegetatif, dapat melalui teknik okulasi, stek, cangkok, atau sambung pucuk.

Pastikan konidisi bibit sehat dan tidak terserang hama atau penyakit.

Secara fisik memiliki batang tanaman buah yang kokoh, berdaun rimbun, segar dan berwarna hijau cerah, serta perakaran banyak.

Untuk mendapatkan bibit jeruk tongheng vegetatif, anda tidak perlu khawatir mencarinya, langsung hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas untuk melakukan pemesanan bibit.

Kami menyediakan bibit jeruk tongheng berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

 

Bibit Tanaman Jeruk Tongheng


  • Pemilihan Pot Tanaman Jeruk Tongheng

Pilih pot beriameter 50 cm, pot bisa terbuat dari tanah, drum bekas, atau bisa juga menggunakan planter bag.

Pastikan pada bagian dasar pot terdapat lubang untuk mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar akar tidak terendam dan sirkulasi udara menjadi lancar.

Pot harus memiliki kaki/alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah, yang berfungsi untuk aliran drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah. 

Jika pot tidak memiliki kaki, bisa gunakan batu bata atau yang sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

  • Penyiapan Media Tanam Bibit Jeruk Tongheng

Siapkan tanah yang gembur, sekam dan pupuk kandang. 

Kemudian campur ketiga media tersebut dengan perbandingan 1 : 1 : 1 dan diamkan hingga 1 minggu sebelum digunakan.

  • Penanaman Bibit Jeruk Tongheng

Letakan pecahan genteng /potongan bata di bagian dasar pot satu lapis saja, agar saat penyiraman, media tanam tidak ikut hanyut terbawa air. 

Masukkan media tanam yang sudah dibuat kedalam pot hingga menyentuh bibir pot, kemudian bentuk lubang tanam pada bagian tengahnya untuk menanam bibit jeruk tongheng.

Robek polybag bibit menggunakn gunting atau cutter, usahakan media yang menempel pada bibit tidak pecah.

Masukan bibit kedalam lubang tanam, letakan tepat ditengah - tengah dalam keadaan tegak lurus/tidak miring.

Timbun kembali dengan media tanam yang tersisa, sedikit padatkan tanah sekitar pangkal batang hingga bibit tertanam erat, kemudian siram hingga media tanam basah.

 

Tanaman Jeruk Tongheng


Bagaimana, mudah bukan? Dengan mengikuti langkah - langkah diatas akan sangat mungkin penanaman yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, dan tidak lupa juga untuk melakukan Perawatan Tabulampot Jeruk Tongheng, agar proses pertumbuhannya berlangsung secara optimal.

Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih Sudah Mampir, dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru