Navbar

Cara Menanam Bibit Jeruk Nagami Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Tabulampot Jeruk Nagami


Jeruk Nagami adalah jeruk yang paling populer saat perayaan hari raya imlek, termasuk tanaman jeruk nagami juga banyak di buru oleh kolektor untuk dijadikan hiasan dekorasi.

Buah jeruk nagami memiliki keunikan yang tidak dimiliki jenis jeruk pada umumnya, yakni buahnya dapat dikonsumsi langsung secara utuh beserta kulitnya tanpa perlu dikupas.

Tidak hanya buahnya yang unik, jeruk nagami juga memiliki berbagai keunggulan lainnya yang sayang jika dilewatkan. Lantas, seperti apa keunggulan jeruk nagami? Yuk, simak informasi berikut ini!


Keunggulan Jeruk Nagami

  • Bersifat Genjah

Tanaman jeruk nagami termasuk jenis tanaman yang cepat berbuah, tanaman yang berasal dari bibit vegetatif, dapat dipanen saat sudah berumur 8 - 12 bulan.

  • Tingkat Produktivitas Tinggi

Jeruk nagami termasuk salah satu jenis tanaman buah jeruk yang rajin berbuah.

Tanaman jeruk nagami memiliki tingkat produktivitas yang tinggi karena dapat berbuah sepanjang tahun, tanpa mengenal musim. Setiap cabangnya dapat menghasilkan puluhan buah.

  • Budidaya Mudah

Jeruk nagami dapat tumbuh dan beradaptasi di berbagai bidang dataran, mulai dari dataran tinggi maupun rendah, dan juga dapat ditanam dimana saja bahkan dilahan yang sempit/terbatas sekalipun seperti didalam pot, ukuran pohonnya juga tidak terlalu tinggi, sehingga perawatannya relatif sangat mudah. 

  • Tanaman Hias

Jeruk nagami lebih dikenal sebagai spesialis tanaman hias dalam pot atau tabulampot baik didalam maupan di luar ruangan. 

Jeruk nagami memiliki ukuran pohon yang tidak terlalu tinggi, dengan bentuk buah yang cantik mungil dan mampu menghasilkan puluhan buah tentunya akan menambah nilai estetika tanaman ini. 

  • Buah Unik

Jeruk nagami berbentuk lonjong, warnanya jingga, ukuran buahnya seukuran buah zaitun, dan dapat dikonsumsi langsung secara utuh beserta kulitnya tanpa perlu dikupas,

Daging buahnya padat, dengan citarasa sedikit asam dan kulit yang manis, serta beraroma wangi segar

 

Itulah beberapa keunggulan dari jeruk nagami yang bisa kami sampaikan. Budidaya tabulampot jeruk nagami kini juga mulai menjadi trend, selain dijadikan sebagai tanaman hias, juga bisa menikmati hasil buahnya.

Menarik sekali bukan? Pasti anda jadi semakin tertarik menjadikan jeruk nagami sebagai salah satu koleksi tanaman buah anda. Tunggu apalagi? segera pesan bibitnya sekarang juga! Untuk info lebih lanjut bisa langung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera ya.

Kami menyediakan bibit jeruk nagami vegetatif berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Pembiakan secara vegetatif dapat mempertahankan sifat genetik asli dan mempercepat masa produktif.

Nah, setelah mendapatkan bibit yang di inginkan, langsung saja kita masuk ke pembahasan selanjutnya yakni penanaman. Pada dasarnya proses penanaman mirip dengan Cara Menanam Bibit Jeruk Sunkist Dalam Pot. Untuk mempelajari hal tersebut, yuk langsung ikuti langkah - langkah berikut!

Cara Menanam Bibit Tanaman Jeruk Nagami Dalam Pot

  • Pemilihan Pot Tanaman Jeruk Nagami Dalam Pot

Pilih pot beriameter 50 cm, pot bisa terbuat dari tanah, drum bekas, atau bisa juga menggunakan planter bag.

Pastikan pada bagian dasar pot terdapat lubang untuk mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar akar tidak terendam dan sirkulasi udara menjadi lancar.

Pot harus memiliki kaki/alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah, yang berfungsi untuk aliran drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah. 

Jika pot tidak memiliki kaki, bisa gunakan batu bata atau yang sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

 

  • Penanaman Bibit Tanaman Jeruk Nagami Dalam Pot

Buat media tanam berupa campuran tanah gembur dan pupuk organik dengan perbandingan 1 : 1

Sebelum memasukkan media tanam ke dalam pot, tata terlebih dahulu potongan kerikil atau bata di bagian dasar pot, agar saat dilakukan penyiraman media tanam tidak ikut hanyut terbawa air.

Setelah itu masukkan media tanam kedalam pot hingga menyentuh bibir pot.

Robek polybag bibit menggunakan gunting atau pisau, usahakan media yang menempel tidak pecah.

Buat lubang tanam seukuran media tanam yang melekat pada bibit jeruk nagami, kemudian tanam bibit hingga batas akar dan batang rata dengan permukaan media tanam.

Siram bibit jeruk nagami agar media tanam tetap lembap.

Simpan ditempat yang teduh hingga 1 - 2 minggu

Setelah itu, tabulampot bisa dipindahkan ketempat yang terpapar sinar matahari.


Bagaimana, mudah bukan? Selain menjadi tanaman koleksi dan tanaman hias, dengan keunikan yang dimiliki jeruk nagami ini, juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha loh.

Tidak lupa juga untuk melakukan Perawatan Tabulampot Jeruk Nagami, agar proses pertumbuhannya berlangsung secara optimal.

Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih Sudah Mampir, dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru