Navbar

Cara Menanam Bibit Jeruk Sunkist Dalam Pot dan Keunggulannya

Tanaman Jeruk Sunkist

Jeruk Sunkist adalah varietas jeruk populer yang berasal dari California, Amerika Serikat. Jeruk sunkist merupakan jeruk premium yang dikenal dengan rasanya yang manis, dan segar, serta kandungan air yang melimpah.

Jeruk sunkist juga sering dijadikan sebagai buah ornament dalam hari raya imlek, karena buahnya memiliki penampilan yang cantik. Bentuknya bulat sempurna dipadukan dengan warna orange menyala membuat jeruk ini terlihat sangat eksotis.

Selain buahnya yang istimewa, jeruk sunkist juga memiliki berbagai macam keunggulan lainnya. Lalu, seperti apa keunggulan jeruk sunkist ini? Yuk, cari tau informsinya dibawah ini!


Keunggulan Bibit Jeruk Sunkist

  • Mudah Beradaptasi

Tanaman Jeruk Sunkist terkenal dapat beradaptasi dengan baik terhadap iklim yang ada di Indonesia.

  • Budidaya Mudah

Bibit jeruk sunkist sangat mudah tumbuh dan beradaptasi di berbagai bidang dataran, mulai dari dataran tinggi maupun rendah, dan juga dapat ditanam dimana saja bahkan dilahan yang sempit/terbatas sekalipun seperti didalam pot, sehingga perawatannya relatif sangat mudah.

  • Bersifat Genjah

Tanaman jeruk sunkist memiliki sifat genjah atau mudah berbuah, tanaman yang berasal dari bibit vegetatif dan dengan perawatan yang baik akan mulai berbuah ketika memasuki umur tanam 1 - 2 tahun.

  • Tingkat Produktivitas Tinggi

Jeruk Sunkist termasuk salah satu jenis tanaman buah jeruk yang rajin berbuah. Tanaman jeruk sunkist memiliki tingkat produktivitas yang tinggi karena dapat berbuah terus menerus sepanjang tahun, tanpa mengenal musim.

  • Tanaman Hias

Jeruk sunkist memiliki warna buah yang cantik dengan pohon pendek dan rimbun membuat jeruk sunkist sangat cocok dibudidayakan di dalam pot dan menjadi penghias taman.

  • Buah Berkualitas

Jeruk sunkist memiliki bentuk bulat, berwarna orange jingga menyala, kandungan airnya melimpah, dengan citarasa khasnya yang manis menyegarkan


Nah, setelah mengetahui keunggulan dari jeruk sunkist. Tentunya anda semakin tertarik menjadikan tanaman jeruk sunkist ini sebagai salah satu koleksi tanaman buah anda.

Cara menanam juga sangat mudah, hampir mirip dengan Cara Menanam Bibit Jeruk Santang Madu, kegiatan ini akan menjadi hobi yang menyenangkan untuk mengisi waktu senggang anda.

Agar penanaman jeruk sunkist berjalan dengan baik, kamu perlu mengikuti langkah - langkah dibawah ini. Simak yuk!


Cara Menanam Bibit Jeruk Sunkist

  • Pemilihan Bibit Tanaman Jeruk Sunkist

Pilih bibit jeruk sunkist yang berasal dari perbanyakan vegetatif seperti melalui teknik okulasi, cangkok, stek, atau sambung pucuk. Hal ini bertujuan untuk menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, serta masa produktif dan  pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

Pastikan bibit dalam keadaan sehat dan tidak terserang hama atau penyakit.

Untuk mendapatkan bibit jeruk sunkist vegetatif, anda tidak perlu khawatir mencarinya, langsung hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas untuk melakukan pemesanan bibit.

Kami menyediakan bibit tanaman jeruk sunkist berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

 

Bibit Tanaman Jeruk Sunkist


  • Pemilihan Pot Tanaman Jeruk Sunkist

Siapkan pot dengan diameter 60 cm, pot bisa terbuat dari tanah, drum bekas, atau bisa juga menggunakan planter bag.

Pastikan bagian dasar pot terdapat lubang untuk mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar akar tidak terendam dan sirkulasi udara menjadi lancar.

Pastikan Pot memiliki kaki/alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah, yang berfungsi untuk aliran drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah. 

Jika pot tidak memiliki kaki, bisa gunakan batu bata atau yang sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

  • Penyiapan Media Tanam Bibit Tanaman Jeruk Sunkist

Sediakan tanah yang gembur, sekam dan pupuk kandang.

Kemudian campur ketiga media tanam tersebut dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Biarkan media tanam selama 1 minggu, sebelum penanaman

  • Penanaman Bibit Tanaman Jeruk Sunkist

Sebelum memasukkan media tanam ke dalam pot, tata terlebih dahulu potongan kerikil atau bata di bagian dasar pot, agar saat dilakukan penyiraman media tanam tidak ikut hanyut terbawa air.

Setelah itu masukkan kedalam pot dan bentuk lubang tanam pada bagian tengahnya untuk menanam bibit jeruk dalam pot.

lepaskan bibit dari polybag dengan cara menyobek atau mengguntingnya.

Setelah itu masukkan bibit ke tengah lubang media tanam dalam pot yang sudah siap.

Ratakan media tanam dan lakukan penyiraman sampai basah bibit pohon yang telah tertanam sehingga air keluar dari lubang pot bagian bawah.


Bagaimana, mudah bukan? Selain menjadi tanaman koleksi sebagai pemanis halaman rumah, dengan banyaknya keunggulan yang dimiliki jeruk sunkist ini, bisa juga dijadikan sebagai peluang usaha loh.

Tidak lupa juga untuk melakukan Perawatan Tabulampot Jeruk Sunkist, agar proses pertumbuhannya berlangsung secara optimal.

Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih Sudah Mampir, dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru