Navbar

Cara Merawat Tabulampot Jeruk Sunkist Agar Cepat Berbuah

Varietas Jeruk Sunkist


Jeruk Sunkist merupakan buah premium yang sangat populer karena buahnya yang cantik dan citasaranya yang manis menyegarkan.

Selain keistimewaan buahnya, tampilan tanaman jeruk sunkist juga tidak kalah populer. Jeruk sunkist memiliki warna buah yang cantik berpadu dengan pohon pendek dan rimbun membuat jeruk sunkist sangat cocok dibudidayakan di dalam pot dan menjadi penghias taman.

Jeruk sunkist sangat mudah dibudidayakan, bibit mudah beradaptasi dan dapat tumbuh dimana saja, bahkan ditempat sempit atau terbatas sekalipun seperti dalam pot.

Agar bibit jeruk sunkist dapat tumbuh dengan baik, dan sehat didalam pot, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Cara Menanam Bibit Tanaman Jeruk Sunkist Dalam Pot

Tidak lepas dari itu, perawatan pada tanaman juga dibutuhkan, agar pertumbuhannya dapat berlangsung secara optimal. Perawatannya tergolong mudah, hampir mirip dengan Perawatan Tabulampot Jeruk Santang. Lantas, seperti apa cara merawat tabulampot jeruk sunkist? Yuk simak informasinya dibawah ini.


Cara Merawat Tanaman Jeruk Sunkist Dalam Pot

  • Penyiraman Tabulampot Jeruk Sunkist

Pada awal pertumbuhan, lakukan penyiraman pada tanaman jeruk sunkist secara teratur sebanyak 2 kali sehari, pada pagi dan sore.

Setelah mulai tumbuh besar, penyiraman cukup dilakukan 1 kali sehari, atau menyesuaikan dengan kondisi cuaca dan kelembaban media tanam.

  • Penyiangan Tabulampot Jeruk Sunkist

Lakukan penyiangan dengan mencabut gulma atau rumput liar yang tumbuh didalam pot tanaman jeruk secara rutin, minimal 2 - 4 minggu sekali.

  • Pemupukan Tabulampot Jeruk Sunkist

  • Tanaman Usia 1 - 3 bulan : 

Pupuk Urea dosis 5 gram/pohon, 1 bulan sekali.

  • Tanaman Usia 1 tahun : 

Pupuk Kandang/Kompos sebanyak 3 kaleng minyak ukuran 20 liter, 200 - 300 gram ZA, 50 gram DS, dan 200 gram ZK. (dosis/tahun, pemberian dibagi menjadi 3 - 4 kali)

  • Tanaman Usia 2 tahun : 

Pupuk Kandang/Kompos sebanyak 4 kaleng minyak ukuran 20 liter, 200 - 300 gram ZA, 50 gram DS, dan 200 gram ZK. (dosis/tahun, pemberian dibagi menjadi 3 - 4 kali)

  • Tanaman Usia 3 tahun : 

Pupuk Kandang/Kompos sebanyak 6 kaleng minyak ukuran 20 liter, 200 - 450 gram ZA, 75 gram DS, dan 250 gram ZK. (dosis/tahun, pemberian dibagi menjadi 3 - 4 kali)

Cara Pemupukan :

Buat 4 lubang sedalam 10 - 20cm berjarak mengelilingi tanaman dari pusat batang, kemudian benamkan pupuk sedalam kedalam lubang yang sudah dibuat

  • Pemangkasan Tabulampot Jeruk Sunkist

Pemangkasan dilakukan bertujuan untuk membentuk pohon jeruk sunkist agar tidak terlalu tinggisehingga memudahkan dalam perawatan, memiliki percabangan yang teratur dan kokoh, mendapatkan cahaya matahari yang merata, dan dapat memperbaiki kualitas buah dari segi ukuran, warna, dan tingkat rasa asam.

Pemangkasan dilakukan pada ujung - ujung cabang yang lebat, cabang - cabang kering yang tidak perlu.

  • Masa Panen Jeruk Sunkist

Tanaman jeruk sunkist yang berasal dari bibit vegetatif dan dengan perawatan yang baik akan mulai berbuah ketika memasuki umur tanam 1 - 2 tahun.

Tanaman jeruk sunkist juga memiliki tingkat produktivitas yang tinggi, dapat berbuah terus menerus sepanjang tahun, tanpa mengenal musim.

 

Tabulampot Jeruk Sunkist


Itulah penjelasan mengenai cara merawat tabulampot jeruk sunkist yang bisa kami sampaikan. Dengan mengikuti langkah - langkah diatas, akan sangat mungkin tabulampot jeruk sunkist dapat tumbuh dengan optimal, cepat berbuah, dan menghasilkan buah yang lebat.

Tunggu apa lagi? ayo segera pesan bibitnya sekarang juga! Untuk info lebih lanjut bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera sekarang juga!

Kami menyediakan bibit jeruk sunkist berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca..

Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman - teman semua. Terimakasih Sudah Mampir, dan Semoga Berhasil!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru