Navbar

Cara Menanam Bibit Jeruk Santang Madu Agar Cepat Berbuah

Varietas Jeruk Santang Madu


Jeruk Santang Madu, siapa sih yang tidak kenal dengan buah satu ini? Jeruk santang madu merupakan varietas jeruk unggulan yang berasal dari Cina, sehingga sering juga disebut dengan Jeruk Mandarin.

Keunggulan jeruk santang madu terletak pada rasa buahnya yang manis semanis madu, dengan kulit berwarna oranye menyala yang menjadi ciri khas utamanya.

Selain rasa buah dan tampilannya yang eksotis, jeruk santang madu juga memiliki keunggulan lainnya. Lantas, seperti apa keunggulan jeruk santang madu? Yuk, simak ulasan berikut ini.


Keunggulan Jeruk Santang Madu

  • Bersifat Genjah

Tanaman jeruk santang madu yang berasal dari bibit hasil perbanyakan vegetatif dan dengan perawatan yang baik akan mulai berbuah ketika tanaman memasuki umur tanam 1 - 2 tahun.

Perbanyakan secara vegetatif dapat menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, serta masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

  • Tampilan Eksotis

Tanaman jeruk santang madu memiliki penampilan yang sangat cantik dan eksotis. Perpaduan antara buahnya yang berwarna orange terang, dengan daun yang berwarna hijau mengkilat, tentu saja membuat siapapun yang melihat pasti akan langsung terpesona.

Sehingga banyak orang yang menanam jeruk santang madu ini sebagai tabulampot untuk menghias pekarangan rumah.

  • Budidaya Mudah

Jeruk santang madu ini bisa dibudidayakan dengan mudah, karena bibit tanaman jeruk santang madu dapat ditanam dimana saja, ditanah langsung maupun di lahan yang terbatas sekalipun seperti didalam pot.

Tinggi tanamannya juga memiliki ukuran pohon yang cukup kecil, sehingga memudahkan dalam proses perawatan dan pemenanan.

  • Buah Berkualitas

Daging buah berwarna oranye, tekstur daging buah juicy karena mengandung kadar air yang tinggi, citarasa semanis madu dengan aroma harum yang khas, dan berbiji sedikit, terkadang hampir tidak berbiji.


Nah, setelah mengetahui banyak keunggulan yang dimiliki jeruk santang madu. Tentunya semakin anda tertarik menjadikan jeruk santang madu ini sebagai salah satu koleksi tanaman anda.

Cara menanamnya juga tergolong mudah, dan hampir mirip dengan Cara Menanam Jambu Air Red Kusuma, kegiatan ini akan menjadi hobi yang menyenangkan untuk mengisi waktu senggang anda.

Agar penanaman bibit tanaman jeruk santang madu berjalan dengan baik, kamu perlu mengikuti langkah - langkah dibawah ini. Simak yuk!


Cara Menanam Bibit Tanaman Jeruk Santang Madu Dalam Pot

  • Pemilihan Bibit Tanaman Jeruk Santang Madu

Pilih bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif, bisa melalui teknik okulasi, cangkok, stek, atau sambung pucuk. 

Hal ini bertujuan untuk menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, serta masa produktif dan  pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

Untuk mendapatkan bibit vegetatif, anda tidak perlu khawatir mencarinya, langsung hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas untuk melakukan pemesanan bibit.

Kami menyediakan bibit tanaman jeruk santang madu berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Bibit Tanaman Jeruk Santang Madu 

  •  Pemilihan Pot Bibit Tanaman Jeruk Santang Madu

Siapkan pot dengan diameter 60 cm, pot bisa terbuat dari tanah, drum bekas, atau bisa juga menggunakan planter bag.

Pastikan bagian dasar pot terdapat lubang untuk mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar akar tidak terendam dan sirkulasi udara menjadi lancar.

Pastikan Pot memiliki kaki/alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah, yang berfungsi untuk aliran drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah. 

Jika pot tidak memiliki kaki, bisa gunakan batu bata atau yang sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

  • Penyiapan Media Tanam Tabulampot Jeruk Santang Madu

Siapkan tanah, sekam, dan pupuk kandang kering dari kotoran kambing.

Campur ketiga media tanam tersebut dengan perbandingan 1 : 1 : 2

Setelah tercampur, diamkan selama 7 hari sebelum penanaman.

  • Penanaman Bibit Tanaman Jeruk Santang Madu

Sebelum memasukkan media tanam ke dalam pot, tata terlebih dahulu potongan kerikil atau bata di bagian dasar pot, agar saat dilakukan penyiraman media tanam tidak ikut hanyut terbawa air. 

Masukkan media tanam yang sudah dibuat hingga 2/3 volume pot.

Robek polybag bibit dengan hati - hati, usahakan media yang menempel pada bibit tidak pecah, sehingga sistem perakaran tidak rusak.

Masukan bibit jeruk santang madu kedalam pot, letakan tepat ditengah - tengah, pastikan posisi bibit tegak lurus/tidak miring.

Timbun kembali dengan media tanam yang tersisa, sedikit padatkan tanah sekitar pangkal batang hingga bibit tertanam erat, kemudian siram hingga media tanam basah.


Bagaimana, mudah bukan? Dengan mengikuti langkah - langkah diatas akan sangat mungkin penanaman yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, dan tidak lupa juga untuk melakukan Perawatan Tabulampot Jeruk Santang Madu, agar proses pertumbuhannya berlangsung secara optimal.

Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih Sudah Mampir, dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru