Navbar

Keunggulan Anggur Ninel dan Cara Menanamnya

Varietas Anggur Ninel


Anggur Ninel merupakan varietas anggur import yang berasal dari Ukraina. Angur ninel memiliki banyak sekali peminat karena tampilan buahnya yang cantik berwarna merah keunguan dengan citarasa manis yang khas.

Anggur ninel mempunyai kulit buah yang sangat tipis, namun memiliki daya tahan dan daya simpan buah pasca panen yang terbilang sangat bagus.

Selain tampilan buah dan rasanya yang istimewa, anggur ninel juga memiliki berbagai keunggulan lainnya, yang tidak boleh dilewatkan. Lantas seperti apa keunggulan anggur ninel? Yuk cari tau informasinya dibawah ini!


Keunggulan Anggur Ninel

  • Bersifat Genjah

Dengan perawatan yang baik, tanaman anggur ninel dapat mulai berbuah saat berumur 1 - 2 tahun dengan menggunakan bibit hasil stek batang. Jenis Anggur ini mampu bebuah sampai dengan kematangan sempurna di iklim Indonesia. Keunggulan lainnya adalah tanaman anggur ini termasuk varietas anggur yang mampu berbuah dengan lebat.

  • Berbuah Sepanjang Tahun

Tanaman anggur ini berbuah tak mengenal musim. Bahkan, mampu berbuah tiga kali dalam setahun dan sekali panen bisa 50-70 kilogram kala usia 5 tahun keatas.

  • Tingkat Adaptasi Baik

Jenis Anggur ini juga memiliki tingkat adaptasi tinggi sangat mudah dibuahkan menjadi pilihan tepat untuk pemula yang ingin mencoba menanamnya.

  • Dompolan Buah Besar

Tanaman anggur ninel dikenal memiliki tandan buah sangat besar dapat mencapai 1.000 - 3.000 gram. Anggur ini memiliki kulit tipis dengan daging buah yang cukup tebal yang juicy sehingga dapat dimakan langsung sebagai camilan.

  • Buah Berkualitas

Anggur ninel memiliki butiran berry yang berukuran cukup besar, kulitnya tipis dengan daging buah yang tebal. Teksturnya juicy karena kandungan air yang cukup banyak, citarasa manis dengan tingkat kemanisan mencapai 22 brix dan aroma harumnya sangat khas.

  • Cocok Untuk Tabulampot

Metode ini merupakan metode budidaya tanaman lahan sempit yang lebih mengoptimalkan penggunaan pot dan tanaman buah-buahan dalam pelaksanaannya. Tabulampot banyak membantu para pecinta tanaman yang tidak memiliki lahan/halaman yang luas.

 

Itulah berbagai macam keunggulan yang bisa didapat dari anggur ninel. Menarik sekali ya?

Budidaya anggur ninel kini juga mulai menjadi trend, setelah terbukti bahwa tanaman ini dapat berbuah di indonesia. Apalagi ditambah dengan potensi yang dimiliki anggur ninel.

Pasti anda semakin tertarik menjadikan anggur ninel sebagai salah satu tanaman buah koleksi anda bukan?

Cara menanam anggur ninel juga tergolong mudah. Untuk mempelajari hal tersebut, yuk langsung ikuti langkah - langkah berikut!


Cara Menanam Bibit Anggur Ninel Dalam Pot

  • Pemilihan Bibit Tanaman Anggur Ninel

Pilih bibit anggur ninel yang berasal dari perbanyakan vegetatif, seperti melalui teknik stek, atau sambung pucuk.

Karena, perbanyakan vegetatif dapat menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, serta masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

Pastikan bibit dalam kondisi sehat dan tidak terserang hama atau penyakit.

Untuk mendapatkan bibit anggur ninel vegetatif, anda tidak perlu khawatir mencarinya, langsung hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas untuk melakukan pemesanan bibit.

Kami menyediakan bibit anggur ninel berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Bibit Tanaman Anggur Ninel

  • Pemilihan Pot Bibit Tanaman Anggur Ninel

Pilih pot minimal beriameter 40 cm, pot bisa terbuat dari tanah, drum bekas, atau bisa juga menggunakan planter bag.

Pastikan pada bagian dasar pot terdapat lubang untuk mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar akar tidak terendam dan sirkulasi udara menjadi lancar.

Pot harus memiliki kaki/alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah, yang berfungsi untuk aliran drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah. 

Jika pot tidak memiliki kaki, bisa gunakan batu bata atau yang sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

  • Penyiapan Media Tanam Bibit Tanaman Anggur Ninel

Sediakan pasir, sekam bakar dan pupuk kandang. 

Kemudian campur ketiga media tanam tersebut dengan perbandingan 1 : 1 : 1. 

  • Penanaman Bibit Tanaman Anggur Ninel

Letakan pecahan genteng atau bata di bagian dasar pot, agar saat penyiraman tanaman, media tanam tidak ikut hanyut terbawa air.

Masukkan kedalam pot dan bentuk lubang tanam ditengahnya untuk menanam bibit anggur ninel dalam pot.

Robek polybag bibit anggur ninel dengan hati  - hati, usahakan media yang menempel pada bibit tidak pecah.

Masukan bibit anggur ninel kedalam pot, letakan bibit tepat di tengah - tengah lubang, kemudian ratakan media tanam.

Lakukan penyiraman sampai basah bibit anggur yang telah ditanam sehingga air keluar dari lubang pot bagian bawah.

  • Pembuatan Rambatan Tanaman Anggur Ninel

Buatlah para - para dari kawat besi dengan cara membuatnya seperti jaring - jaring kotak melingkari sisi pot. Ukurannya bisa disesuikan sesuai kebutuhan.  


Bagaimana, cukup mudah bukan? Dengan mengikuti langkah - langkah diatas akan sangat mungkin penanaman yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, dan untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal, tentu Perawatan Tanaman Anggur Ninel juga tidak boleh dilawatkan.

Semoga informasi tadi dapat bermanfaat untuk teman - teman semua. Terimakasih Sudah Mampir dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru