Navbar

Perawatan Bibit Pohon Durian Duri Hitam Agar Berbuah Lebat

Tanaman Durian Duri Hitam


Durian duri hitam, atau lebih dikenal dengan sebutan durian Ochee. Durian ini merupakan salah satu varietas durian unggulan asal Malaysia, yang berhasil memenangkan penghargaan Kementrian Pertanian Malaysia selama 3 tahun berturut - turut.

Artinya segala keunggulan durian duri hItam ini memang sudah diakui dan tidak perlu diragukan lagi. Durian duri hitam ini juga dapat berbuah lebih cepat, agar pertumbuhan tanaman durian duri hitam dapat optimal, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Cara Menanam Durian Duri Hitam, setelah itu tentu perlu adanya perawatan yang baik dan benar.

Cara merawat tanaman durian duri hitam ini tergolong cukup mudah, dan tentunya akan menjadi hal yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang anda. Lantas, seperti apa sih cara merawat durian satu ini? Yuk, simak informasinya dibawah ini.


Cara Merawat Durian Duri Hitam

Dalam hal merawat tanaman durian duri hitam ini, pada dasarnya hampir sama dengan Proses Perawatan Tanaman Durian Namlung. Secara umum tahapan - tahapannya meluputi penyiraman, pemupukan, penyiangan, dan pemangkasan.

  • Penyiraman Tanaman Durian Duri Hitam

Penyiraman rutin sangat penting dilakukan terutama ketika usia tanaman 0 - 1 tahun, tetapi harus diperhatikan bahwa penyiraman tidak boleh melebihi batas hingga membuat air tergenang.

Penyiraman diperlukan hanya jika tanaman mengalami kekurangan air, ditandai dengan mengeringnya permukaan tanah sejauh 30 cm.

  • Pemupukan Tanaman Durian Duri Hitam

Pemupukan adalah unsur pemeliharaan terpenting dalam budidaya tanaman durian duri hitam. Pemupukan yang tepat dan berimbang dapat merangsang pertumbuhan pada tanaman.

  • Pemupukan Fase Vegetatif

Pada masa awal penanaman atau fase vegetatif dengan tujuan untuk mempercepat proses pertumbuhan, berikan satu sendok teh NPK per bulan per tanaman dalam polybag atau 1 sendok makan per 2 minggu per tanaman untuk bibit durian duri hitam yang ditanam di kebun. 

Cara pemberiannya dengan ditaburkan melingkar dengan jarak 10 - 60 cm dari pangkal batang, tergantung panjang perakaran. Penebaran pupuk yang pertama dilakukan satu bulan setelah bibit dipindahtanamkan karena pada masa itu bibit masih mengalami adaptasi. Setelah mencapai umur 3 tahun (memasuki fase generatif), beri pupuk tambahan dengan cara ditabur ke tanah, dilarutkan ke dalam air, atau disemprotkan ke daun dan batang tanaman 2 minggu sekali.

Larutkan NPK 4 - 6 gr per liter air untuk keperluan tersebut. Adapun untuk pupuk pelengkap cair yang disemprotkan, dosisnya disesuaikan dengan petunjuk produk. 

  • Pemupukan Fase Pembuahan 

Pada fase pembuahan, pemupukan dilakukan rutin 3 bulan sekali dengan NPK melalui tanah, ditambah penyemprotan pupuk perangsang bunga (pada fase berbunga) agar bunga tidak mudah rontok dan perangsang buah. 

Penyemprotan dilakukan pagi atau sore hari di permukaan daun bagian bawah agar pupuk dapat terserap dengan baik karena di sanalah letak mulut daun berada. 

  • Penyiangan Tanaman Durian Duri Hitam

Lakukan penyiangan secara rutin, dengan mencabut gulma, rumput liar, atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman durian, minimal 1 bulan sekali, agar unsur hara yang terkandung dalam tetap terjaga.

  • Pemangkasan Tanaman Durian Duri Hitam 

Pemangkasan merupakan salah satu trik untuk merangsang tanaman durian agar cepat berbuah, proses ini sebaiknya dilakukan menjelang musim penghujan atau sebelum tanaman berproduksi, dan harus dilakukan secara teratur agar tanaman sehat, pertumbuhan bunga serta buahnya juga semakin maksimal.

Pangkas pada batang, ranting yang kering, rusak atau terserang penyakit, untuk mencegah penyebaran.

Pemangkasan batang dilakukan pada pohon yang telah mencapai usia 2 tahun dengan ketinggian 3 - 5 m. Ujung batang dipangkas 1 cm dari atas mata tunas, bertujuan agar tanaman tidak terlalu tinggi.

Pangkas pada dahan/ranting yang panjangnya melebihi 4 m, bertujuan untuk merangsang pertumbuhan tunas/ranting baru di atasnya sehingga penyebaran zat makanan dapat seimbang.

Pemangkasan tunas air dilakukan jika ada terlalu banyak tunas air di satu dahan. Caranya dengan memotong tunas menggunakan gunting pemotong dahan.

Pemangkasan tunas dilakukan jika ada tunas yang tumbuh ke bawah dan sejajar dengan batang utama.

Pemangkasan daun dilakukan pada bagian - bagian tanaman yang daunnya terlalu rimbun untuk mengurangi penyerapan zat makanan ke daun.

  • Perlakuan Khusus Tanaman Durian Duri Hitam

Selain perawatan standar diatas, ada baiknya jika tanaman durian duri hitam juga diberi perawatan khusus tanaman durian meliputi pengguguran buah pertama, dan penjarangan buah.

  • Pengguguran Buah

Perlakuan ini dilakukan pada awal - awal produksi, untuk tanaman hasil okulasi mulai tumbuh bunga dan buah yang lebat mulai usia 3 - 4 tahun, tetapi hal ini perlu dilakukan pengguguran buah dahulu, seandainya merasa sayang untuk dibuang buahnya sebaiknya buah yang disisakan tidak lebih dari 30% saja, atau biasanya buah durian duri hitam yang dipelihara tidak boleh lebih dari 5 buah saja. Hal ini untuk meningkatkan daya pertumbuhan tanaman dan melebatkan buah pada tahapan pembuahan selanjutnya. Pengguguran ini dilakukan dengan menggunakan gunting pemotong.

  • Penjarangan Buah

Penjarangan buah dilakukan untuk menghasilkan buah durian duri hitam yang berkualitas, dan sebaiknya buah yang berada di pangkal dahan yang dipertahankan. 

Penjarangan ini dilakukan bila buah sudah berdiameter sekitar 8 cm, dengan cara menyeleksi buah yang kurang sehat, atau yang berhimpit terlalu banyak. Jumlah buah yang ditinggalkan sebaiknya berkisar 50% sampai 60% saja. 

  • Masa Panen Durian Duri Hitam

Tanaman durian duri hitam yang berasal dari bibit vegetatif dengan perawatan yang baik, akan mulai tumbu bunga dan buah yang lebat ketika memasuki usia tanam 3 - 4 tahun. Buah yang dihasilkan akan mencapai tingkat kematangan sempurna 4 bulan setelah bunga mekar.

 

Tanaman Durian Duri Hitam


Nah, itulah cara merawat tanaman durian duri hitam. Bagimana, relatif mudah bukan? Tunggu apalagi segera miliki bibit nya dengan menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera untuk pemesanan bibit.

Kami menyediakan bibit durian duri hitam yang berkualitas, lebih cepat berbuah dan tahan terhadap segala kondisi cuaca tentunya.


Semoga informasi mengenai perawatan tanaman durian duri hitam ini dapat membantu. Terimakasih sudah mampir dan Semoga Berhasil!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru