Navbar

Keunggulan Bibit Durian Duri Hitam dan Cara Penanamanya

Tanaman Durian Duri Hitam


Durian Duri Hitam, siapa yang belum kenal dengan varietas satu ini? Durian duri hitam merupakan varietas unggulan yang berasal dari Malaysia. Sesuai dengan namanya, durian ini mempunyai ciri khas pada ujung durinya yang berwarna hitam dan tidak terlalu tajam.

Durian duri hitam ini memiliki berbagai macam keunggulan yang tidak ada pada jenis durian pada umumnya. Penasaran? Apa saja sih keistimewaan durian duri hitam? Yuk simak informasi berikut ini.


Keunggulan Durian Duri Hitam

  • Tingkat Adaptasi tinggi

Bibit Durian duri hitam sangat mudah untuk dibudidayakan karena mampu berdaptasi di beragam tempat baik di dataran rendah maupun dataran menengah. Bahkan, mampu bertahan terhadap cuaca kering. Sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan di Indonesia.

  • Bersifat Genjah atau Mudah Berbuah

Tanaman duri hitam yang berasal dari bibit vegetataif dan perawatan yang baik, akan berbuah ketika tanaman sudah berumur 3 - 4 tahun.

Waktu panen itu terhitung lebih cepat daripada jenis durian lainnya yang dapat dipanen ketika sudah berumur 5 - 6 tahun setelah tanam.

  • Produktivitas Tinggi

Dengan perawatan yang baik, tanaman durian duri hitam dapat berbuah 2 kali dalam setahun.

  • Buah Berkualitas

Durian duri hitam memiliki daging tebal, bertekstur lembut, creamy, dengan aroma yang harum. Citarasa durian ini manis legit yang meleleh dimulut serta berpadu sedikit pahit. Inilah yang justru membuat siapapun yang pernah mencicipi durian duri hitam akan ketagihan.

Bahkan banyak pecinta durian yang menganggap citarasa durian duri hitam mengungguli durian musangking. Terbukti durian duri hitam ini berhasil memenangkan penghargaan sebagai durian nasional terbaik di Malaysia mengalahkan musangking.


Nah, setelah mengetahui banyak keunggulan durian duri hitam. Tentunya anda tertarik menjadikan durian duri hitam ini sebagai salah satu koleksi tanaman anda.

Cara menanam dan Perawatan Bibit Tanaman Durian Duri Hitam ini cukup mudah, dan hampir mirip dengan Cara Menanam Durian Namlung ini akan menjadi hobi yang menyenangkan untuk mengisi waktu senggang anda.

Agar penanaman durian duri hitam berjalan dengan baik, kamu perlu mengikuti langkah - langkah dibawah ini. Simak yuk!


Cara Menanam Durian Duri Hitam

Pemilihan Bibit Durian Duri HItam

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan bibit yang unggul dan sehat. Dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir, karena kami menyediakan bibit vegetatif yang berkualitas, memiliki sifat identik dengan induknya, lebih cepat berbuah, dan tahan dengan segala macam kondisi cuaca.

Untuk pemesan bibit, anda bisa segera menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas sekarang juga!

Bibit Tanaman Durian Duri Hitam

Pengolahan Lahan Tanam Durian Duri Hitam

Bersihkan lahan tanam dari gulma, rumput liar, atau tanaman pengganggu lainnya, serta bebatuan yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

Buat lubang tanam dengan ukuran 80 x 80 x 80 cm, diamkan lubang tanam selama 2 minggu, agar zat - zat beracun yang terkandung dalam tanah menguap.

Buat media tanam yang terdiri dari tanah galian dan kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 3 : 1 , campur kedua media sampai merata dan dibiarkan terkena sinar matahari.

Setelah 2 minggu, masukan media tanam yang sudah dibuat kedalam lubang tanam, kemudian siram tanah secara teratur, biarkan selama 1 minggu sampai tanah cukup padat dan lembab.


Penanaman Bibit Durian Duri Hitam

Proses penanaman bibit durian hitam sebaiknya dilakukan pada sore hari, agar tanaman tidak mudah layu.

Basahi dulu polybag bibit, kemudian robek polybag bibit dengan hati - hati menggunakan gunting, usahakan media yang menempel tidak pecah sehingga perakaran tidak rusak.

Buat galian lubang seukuran dengan media yang menempel pada bibit, kemudian masukan bibit kedalam lubang tanam, pastikan posisi bibit tegak lurus/tidak miring, setelah itu timbun dan sedikit padatkan agar bibit tidak mudah roboh.

Siram dengan air secukupnya, hingga media tanam basah.


Bagaimana, mudah bukan? Selain menjadi tanaman koleksi sebagai pemanis halaman rumah, dengan banyaknya keunggulan dari durian duri hitam, bisa juga dijadikan sebagai peluang usaha loh.

Tunggu apalagi, segera miliki bibitnya, untuk pemesanan dan info lebih lanjut, segera hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera ya!

Semoga pedoman mengenai cara menanam bibit durian duri hitam dapat bermanfaat untuk teman - teman semua. Terimakasih sudah berkunjung dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru