Navbar

Budidaya Durian Bawor Ala Milenial

Buah-buahan di Indonesia terdapat beraneka ragam mulai dari rasa, bentuk, tekstur, dan aroma. Ada yang bulat mulus, ada yang lonjong, ada yang berbiji tunggal, ada yang yang berbiji ganda, ada yang bulu tipis dan ada yang berduri. Seperti durian misalnya, tanaman yang dikenal sebagai “king fruit” atau raja dari segala buah di iklim tropis ini ternyarta banyak dibudidayakan di Indonesia dan banyak peminatnya lhooooooch.

Hayoooo…. Capanich yang suka durian?

Durian diberbagai daerah di Indonesia juga berbeda penyebutannya, di pulau Jawa misalnya durian biasa disebut Duren, begitupun dibetawi. Sedangkan di Kalimantan dikenal duriyan. Di sumatera dikenal sebagai durian dan duren (dalam Bahasa gayo). Di Sulawesi khususnya di Manado disebut duriang, sementara di Toraja disebut duliang. Di kota Ambon dan kepulauan Lease disebut dengan doriang. Di daerah pulau Seram timur biasa disebut rulen. Orang suku batak biasa menyebut dengan sebutan tarutung. Sedangkan di suku Sunda disebut kadu. 

Selain beraneka ragam penyebutan nama daerah, durian juga beraneka ragam jenisnya. 
Coba sahabat sebutkan 5 macam jenis durian yang ada dipasaran, emmm…hmmmm… ada yang bisa?


bibit durian bawor asli indonesia




Widiww widiwww…..gwede bwanget ya durian diatas. 
Makan duku dipinggir kali, lo yakin ga mau ya bwat gw aja kali…hehe 
Makan durian ini sambil liat pemandangan disawah hmmm it’s my dream mazseee !!!

Sahabat tau tidak, di Banyumas ada durian khasnya yang sangat terkenal.
Sahabat gatau namaya yach, sini-sini kenalan dulu. 
Karena ada pepatah yang bilang tak kenal, maka tak makan upppsie tak sayang dech. Xixixi :p
Oke…. Oke…. kenalin namanya durian bawor.....senggol dooong.

 

DURIAN BAWOR

Durian bawor yang menjadi ikon durian di Banyumas, Jawa Tengah, tanaman ini bisa mencapai umur panen saaat usianya 3-4 tahun. Ciri khas dari buah durian ini adalah ukurannya yang jumbo bisa mencapai 15 kg per buahnya, kulit durinya tipis berwarna hijau kekuningan cukup tajam, daging buah durian bawor berwana kuning pekat cukup montok namun berkulit tipis, rasanya yang manis legit sedikit pait dan aroma nya yang menyengat menambah selera makan bagi penikmatnya. 

Harga dari satu buah durian ini juga sesuai dengan nikmatnya, biasanya durian jenis bawor ini dihargai  Rp.50.000 sampai dengan Rp.125.000 perkilo, tak heran jika durian ini dijuluki sebagai pesaing durian Musang King dan Durian Monthong Thailand.  Sedangkan untuk bibit dari buah durian bawor ukuran jumbo sudah lepas bisa dihargai Rp.700.000 sampai dengan Rp.2.500.000. 
Namun harga tersebut sebanding karena durian bawor ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki durian pada umumnya, durian jenis ini umumnya bisa memproduksi 40 buah perpohon. Pohon bawor bernilai ekonomis cukup tinggi, karena sepanjang tahun dapat berbunga dan berbuah berbeda dengan durian jenis lainnya yang hanya panen dimusim tertentu.

Bayangkan jika sepohon menghasilkan 40 buah durian dengan harga kisaran Rp. 100.000. bukankan sahabat akan mendapatkan Rp.4.000.000/pohon. Coba kalau menanam 10 pohon saja, kurang lebih sahabat bisa mendapatkan keuntungan Rp.40.000.000.  WAOOOWWWW, menggiurkan bukan?😜

Durian bawor, lezat rasanya banyak untungnya ...hweeeehe…👏
budidaya menguntungkan? it's my DREAM, Masszeeeeee!
Tertarik untuk mencoba bisnis durian yang menguntungkan ini?

Oke sahabat harus mempersiapkan beberapa hal berikut sebelum terjun ke bisnis milenial ini:

  • Pertama- tama siapkan biji durian bawor yang berkualitas, jika anda ingin mencoba anda bisa menghubungi admin kami. Kami menyediakan bibit berkualitas super.
  • Lalu, siapkan polybag baru, kemudian masukan tanah Ph 6-7 karena pH tanah dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman semakin bagus bila dengan campuran kompos. Perbandingan tanah dan kompos adalah 1:1.
  • Masukkan 1 biji durian bawor ke polybag, kurang lebih 5 cm kedalaman tanah. Pemilihan tempat juga tidak boleh terlalu deras dan terlalu panas namun lembab dengan sushu 24-30 derajat celcius.
  • Lakukan penyiraman menggunakan larutan ZPT organic dan thricoderma dan dibiarkan dalam waktu 20 hari.
  • apabila tanaman sudah mencapai 4-5 meter, pangkas daun agar mempercepat pertumbuhan.
  • berikan air secukupnya setiap pagi hari dan kurangi intensitas penyiraman apabila sudah berbunga.
bibit durian bawor banyuwangi



Untuk budidaya penanaman durian jenis musang king, silahkan cek artikel kami. 

DURIAN MUSANG KING


Sahabat tertarik mencoba bisnis ala milenial ini, coba chat admin kami segera, dan dapatkan keuntungan yang maksimal dari bisnis milenial ini!

KAMI MELAYANI PENGIRIMAN KE SELURUH INDONESIA.

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru