Navbar

Beberapa Penyebab Kerontokan Bunga Durian

 Faktor Kerontokan Bunga Durian Yang Harus Anda Perhatikan

Periode berbunga dan berbuah suatu tanaman adalah saat yang paling dinantikan sekali oleh petani buah dan penanam karena harapan terbesar menanam adalah memanen buah dari yang sudah dirawat dengan kurun waktu yang cukup panjang. 


Beberapa Penyebab Kerontokan Bunga Durian



Namun harapan ini terkadang membuat putus asa karena bunga rontok dan berguguran sebelum berkembang sempurna menjadi bakal buah, kalaupun berbuah bakal buah yang terbentuk menjadi sangat sedikit. Pada masa pembungaan dan calon buah ini lah waktu yang krusial bagi pohon durian untuk memproduksi buah. Sehingga pada masa ini perlu dijaga dengan baik, karena masa pembungaan merupakan masa yang ditunggu selama menanam durian. 
Apabila masa pembungaan bakal buah sampai berbuah pohon durian dalam keadaan sehat tidak terpapar penyakit maupun hama dapat diprediksi buah yang dhasilkan akan baik pula.

Berikut ada beberapa Faktor yang membuat kerontokan pada Bunga Durian:




Beberapa Penyebab Kerontokan Bunga Durian


-Kerontokan Karena Faktor Kimiawi

Penyebab kerontokan yang pertama adalah faktor kimiawi, perlu kita ketahui bahwa saat menanam durian kita harus memperhatikan area tanam. Area yang ideal untuk tanam durian adalah tanah yang memiliki unsur hara. Terbatasnya unsur hara dalam tanah dapat menjadi faktor kerontokan bunga dan buah. 


-Kerontokan Karena Faktor Biologis

Kerontokan bunga juga disebabkan oleh faktor biologis, yaitu tanaman durian terpapar hama dan penyakit. Setelah tanaman menghasilkan bunga, mereka harus diikuti pembentukan ovarium untuk pembentukan buah yang sempurna. Tetapi sering terjadi buah tersebut akan rontok karena diserang oleh beberapa jenis hama dan penyakit buah lain. Hama ini menyerang mulai dari pembentukan kelopak bunga sampai menjadi buah.


-Penyemprotan Bahan Kimia

Penggunaan pupuk buah, pupuk daun, insektisida juga dapat menyebabkan bunga rontok. Demi penyemprotan bahan kimia ini adalah bahan asing yang mengganggu proses pembungaan dengan sempurna. Jika anda menyemprot bahan kimia pada daun sebaiknya sebelum keluar bunga atau menunggu proses pembungaan selesai jadi bintil buah.


-Gagalnya Penyerbukan

Penyerbukan durian umumnya melakukan penyerbukan silang dengan pohon durian yang lain berarti putik bunga durian harus kawin silang dengan putik bunga durian lain, penyerbukan dapat terjadi ketika bunga mekar penuh, yaitu sekitar jam 5 sore sampai 3 pagi.  Penyerbukan sangat tergantung pada serangga malam, jika tidak ada serangga malam dan pohon durian lain bunga durian akan rontok. Kerontokan juga bisa disebabkan karena angin kencang dan curah hujan yang tinggi menyebabkan serbuk sari terbang dan jatuh mengakibatkan kegagalan.


-Umur Dan Diameter Cabang

Pohon durian akan belajar berbunga saat umur 2 tahum, semakin besar ukuran diameter cabang akan semakin besar kemampuan pohon untuk menyimpan makanan yang dibutuhkan pohon untuk proses pembungaan. Ukuran minimum yang dimiliki pohon adalah diameter sekitar 2cm.


-Kekurangan Air

Rontoknya bunga durian juga disebabkan oleh kurangnya kadar air yang dibutuhkan oleh tanaman. air merupakan salah satu makanan nabati durian. Tanaman air membutuhkan cukup air pada saat musim  berbunga karena pada saat itu tanaman mulai menumpuk karbohidrat yang banyak untuk proses fotosintesis dengan bantuan hormon tertentu. Jika pasokan air pada pohon durian mencukupi, pertumbuhan putik di tanaman durian akan berlangsung noormal sampai bunga durian mekar, tetapi jika tidak ada cukup air bunga dan buah durian akan mudah rontok.


Apabila anda tertarik dengan bibit Buah Durian Bawor, Musangking, Gundul, Montong yang unggul, anda dapat menghubungi call center kami.


Kenapa harus belanja di toko kami ?

             Toko kami menjual bibit yang berkualitas

             Bibit yang kami jual juga fresh dan unggul, kami menjual yang premium                     no kaleng-kaleng.

             Harga yang kami tawarkan worth it, karena sesuai dengan kualitas                             terbaik. Namun kami tetap menyesuaikan  produk dengan budget anda

             Testimoni positif dari para pelanggan kami banyak

             Pembayaran bisa melalui kartu BCA,BRI,BNI,BSI dan bank lainnya.

             Pengiriman ke seluruh pulau indonesia.

             Gratis konsultasi produk dengan admin yang ramah.

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru