Navbar

Cara Mempertahankan Bunga Pada Durian

 Cara Mempertahankan Bunga Durian Saat Sedang Berbunga


Cara Mempertahankan Bunga Pada Durian


Durian merupakan kelompok tumbuhan biji, batang pohonnya keras dan berkayu. Namun nama durian ini diberikan karena dari ciri khasnya buah ini memiliki kulit berduri, durian adalah salah satu tanaman yang produksi buahnya sangat bergantung pada kondisi iklim. Daerah yang curah hujannya tinggi terutama pada periode pembungaan sering menyebabkan bunga atau buahnya gugur. 

Sebaliknya, musim kemarau lebih dari 3 bulan selain menyebabkan bunga dan buahnya rontok, juga memperlambat proses pembungaan, terutama pada saat kemarau panjang. Peningkatan suhu pada iklim tropis akan mempengaruhi produktivitas tanaman, penyebaran hama, seta penyakit tanaman. Peningkatan suhu memberikan kecenderungan daerah kering akan semakin kering dan daerah basah akan semakin basah, sehingga sumber daya air terganggu. 

Berikut Ini Ada Beberapa Tips Untuk Mengatasi Bunga Durian Agar Tidak Rontok

1. Rajin Melakukan Penyiraman

Walaupun kelebihan air tidak baik untuk bunga serta mengakibatkan rontokmya bunga durian, tanaman durian tidak boleh kekurangan air. Jika musim berbunga lebih baik menyiraminya lebih sering agar tanah tidak mengering, terutama saat musim kemarau. Pasalnya saat tanaman durian sedang berbuah ia akan lebih banyak memerlukan nutrisi dan air guna menguatkan bunga agar tidak rontok dan semakin sehat.

Cara Mempertahankan Bunga Pada Durian

  

2. Usahakan Menanam Durian Lebih Dari Satu Pohon

Salah satu penyebab Bunga durian sering rontok adalah tidak terjadi penyerbukan silang, Yaitu putik pohon durian satu harus diserbuki oleh serbuk sari dari pohon lain. Apabila selama ini tanaman durian yang ditanam mengeluarkan bunga tetapi tidak pernah menjadi buah karena sering rontok mungkin ini salah satu penyebabnya. Jadi usahakan menanam pohon durian lebih dari satu agar penyerbukan silang bisa terjadi. 


3. Pemenuhan Nutrisi Tanaman Durian

Apabila rontoknya bunga diakibatkan oleh kekurangan nutrisi, maka berilah pupuk yang cukup. Pemberian pupuk yang tepat akan sangat berguna bagi tanaman untuk menghasilkan bunga dan buah secara normal. Selain pemupukan, pemberian air yang cukup juga penting agar proses pembentukan dan pengisisan buah akan berlangsung dengan baik. Selain itu, kondisi tanah disekitarnya juga harus lembab dan tidak becek. Hal ini dilakukan agar tanaman terus mendapatkan air yang cukup selama proses pemupukan, pembesaran, serta pemasakan buah. 


Demikianlah informasi tentang apa saja hal yang harus dilakukan saat Pohon Durian sedang berbunga, semoga tips ini membantu anda:)

Apabila anda tertarik dengan bibit Buah Durian Bawor, Musangking, Gundul, Montong yang unggul, anda dapat menghubungi call center kami.


Kenapa harus belanja di toko kami ?

             Toko kami menjual bibit yang berkualitas

             Bibit yang kami jual juga fresh dan unggul, kami menjual yang premium                     no kaleng-kaleng.

             Harga yang kami tawarkan worth it, karena sesuai dengan kualitas                             terbaik. Namun kami tetap menyesuaikan  produk dengan budget anda

             Testimoni positif dari para pelanggan kami banyak

             Pembayaran bisa melalui kartu BCA,BRI,BNI,BSI dan bank lainnya.

             Pengiriman ke seluruh pulau indonesia.

             Gratis konsultasi produk dengan admin yang ramah.

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru