Navbar

Cara Menanam Apel Fuji Diindonesia Agar Berbuah Lebat Dan Tidak Terserang Hama

 Cara Menanam Apel Fuji

Cara Menanam Apel Fuji Diindonesia Agar Berbuah Lebat Dan Tidak Terserang Hama

Tanaman buah yang dikenal sebagai apel merupakan produk yang banyak dibudidayakan untuk tujuan ekonomi. Itu ada di mana-mana seperti anggur, jeruk, dan pisang di seluruh dunia. China adalah negara dengan produksi apel tertinggi.

Banyak faktor dalam budidaya bibit apel fuji memerlukan pertimbangan. Yang pertama berasal dari iklim yang dibutuhkan tanaman buah apel untuk tumbuh subur. Pohon apel tumbuh paling baik di iklim sedang yang menerima sinar matahari yang cukup dan tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Pohon apel biasanya membutuhkan perawatan tambahan, seperti masa aklimatisasi terhadap cuaca dingin. Untuk kondisi pertumbuhan yang ideal, 1000 jam di bawah 7 °C disarankan sebagai waktu dan suhu. Tanaman apel akan dirugikan oleh suhu yang terlalu rendah, oleh karena itu hal ini juga tidak diinginkan. Kualitas warna apel ditingkatkan secara signifikan oleh sinar matahari. Ketika kondisi buah hampir matang, curah hujan yang berlebihan akan menghasilkan hasil yang kurang baik. Jadi jauhi lokasi yang sedang mengalami hujan lebat atau mungkin angin kencang.

Antara 1500 dan 2600 meter di atas permukaan laut adalah kisaran dimana pohon apel dapat tumbuh. Karena dapat tumbuh di hampir semua jenis tanah, tanaman apel sangat mudah beradaptasi. Tanah terbaik untuk menanam apel adalah tanah liat, berdrainase baik, kaya bahan organik, dengan pH 5,5 hingga 6,5 dan aerasi yang baik. Untuk mengetahui apakah tanah tersebut subur dan cocok untuk ditanami, Anda perlu mengambil sampel terlebih dahulu jika berniat menanam dalam skala yang cukup besar. Untuk menyiapkan tanah untuk produksi apel, perlakuan khusus mungkin diperlukan jika tanah kekurangan unsur hara makro.

Perbanyakan tanaman apel biasanya dilakukan melalui teknik okulasi dan okulasi. Perawatan harus dilakukan dalam situasi ini saat memilih substrat untuk menanam apel. Pembibitan asli adalah tempat asal bahan tanam. Tanaman yang sudah siap dipindahkan membutuhkan penanganan yang ekstra hati-hati, terutama saat diangkut.

Januari dan Februari adalah bulan terbaik untuk budidaya apel. Pola persegi atau heksagonal disarankan saat menanam apel. Untuk menanam, pertama-tama buat lubang di tanah berukuran 1 meter kali 1 meter kali 1 meter. Disarankan bahwa 35 kilogram pupuk kandang, 500 gram fosfat, dan 50 gram malathion ditempatkan di setiap lubang. Tiga di antaranya dicampur.

Jarak antar tumbuhan bermacam-macam. Luas tanah sebesar 1 hektare dapat ditumbuhi sekitar 250 hingga 1200 pohon apel, tergantung dari masa jenisnya. Terdapat 4 tipe, yaitu UHD (Ultra High Density). Metode ini dapat menerapkan 1200 tanaman dalam 1 hektare tanah. Sedangkan, HD atau High Density dapat mengaplikasikan 500 hingga 1200 tanaman per hektare. Semakin menurun massa jenisnya, maka akan berkisar 250 hingga 500 tanaman dalam 1 hektare. Apalagi untuk tanaman bermassa jenis rendah, dalam 1 hektare akan terakomodasikan kurang dari 250 tanaman.

Setelah penanaman, diperlukan sistem irigasi. Namun, waspadai banjir atau hujan lebat yang dapat menyebabkan tanah terendam. Saat hujan, tidak perlu menyiram, namun jika kering, penyiraman tetap diperlukan setiap 7 hingga 9 hari untuk tanaman apel. Ini menjadi waktu krusial bagi apel ketika kondisi buah sudah mendekati kematangan. Irigasi tetes adalah metode yang disarankan.

Rata-rata dibutuhkan 8 hingga 10 kg pupuk per pohon per tahun. Semakin banyak pupuk yang digunakan pohon, semakin tua usianya. Begitu pohon mencapai usia sepuluh tahun, penggunaan pupuk akan meningkat sepuluh kali lipat. Kemudian dari segi budidaya, usahakan agar tanaman inang yang ada di sekitar pohon apel dibersihkan agar unsur hara tidak masuk ke dalam inang, melainkan dimanfaatkan secara maksimal pada pohon apel tersebut.

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru