Navbar

Cara Menanam Asam Jawa Tanpa Akar Yang Genjah Dan Mudah Berbuah

 Cara Menanam Asam Jawa Tanpa Akar

Cara Menanam Asam Jawa Tanpa Akar Yang Genjah Dan Mudah Berbuah

Buah asam atau sering dikenal dengan asam jawa merupakan sejenis tumbuhan buah. Buah ini sering digunakan sebagai bumbu di banyak masakan Indonesia untuk memberi rasa atau menambah rasa asam pada makanan, seperti pada sayur asem atau terkadang saus pempek. Buah muda memiliki rasa yang sangat asam dan sering dipadukan dengan salad atau sayuran asam. Buah matang yang dikupas dan dijemur dengan lembut dapat disimpan untuk waktu yang lama dalam penyimpanan.

Poses Persiapan Lahan Tanam

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam melakukan budidaya tanaman asam adalah dengan melakukan proses persiapan lahan tanam. tanaman Asam tumbuh baik pada variasi kondisi tanah dan iklim yang cukup. Tanaman ini tumbuh di tanah berpasir atau tanah liat, yaitu pada daerah dataran rendah sampai dataran tinggi yaitu sekitar 1000 meter di atas permukaan laut.

Pemilihan Bibit Tanaman

Anda dapat menanam asam jawa dengan cara menabur benih, mencangkok, menempel, dan mencangkok. Anakan yang berumur satu tahun atau lebih muda dapat ditanam di lapangan, namun tindakannya mungkin berbeda dari induknya. Biasanya pohon induk yang baik diperbanyak secara vegetatif.

Cara Penanaman

Penempelan perisai (shield budding) dan penempelan tambahan (patch budding) serta sambung celah (cleft grafting) merupakan metode yang cepat dan dapat dipercaya. Pohin hasil perbanyakan secara penempelan dan penyambungan ditanam di kebun pada awal musim hujan dengan jarak tanam 8 sampai dengan 10 m.

Prosedur Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan pohon asam seringkali sangat sedikit, tetapi Thailand dan wilayah Delta Tengah sama-sama memiliki perkebunan asam yang sangat aktif. Pohon yang dicangkokkan mungkin mengalami transformasi sekitar usia 3 sampai 4 tahun, membuat terapi ini dapat dilakukan. Kemungkinan besar permukaan air yang tinggi, yang mencegah akar berkembang lebih dalam, membantu menghambat pohon karena memungkinkan penanaman kultivar manis dan pematangan awal, tanaman berkualitas unggul yang tidak memerlukan pertumbuhan panjang. Jarak tanam yang rapat (sekitar 500 batang per hektar) dan pemangkasan pembaharuan cabang adalah dua teknik penentuan ukuran pohon.

Proses Pemanenan Tanaman

Kultivar asam memiliki dua tahap panen buah: polong hijau untuk aroma dan polong matang untuk diproses.

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru