Navbar

Cara Menanam Buah Semangka Yang Baik Dan Benar Agar Hasil Panen Melimpah Dan Cocok Untuk Budidaya

 Cara Menanam Buah Semangka Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Buah Semangka Yang Baik Dan Benar Agar Hasil Panen Melimpah Dan Cocok Untuk Budidaya


Budidaya tanaman semangka memiliki masa depan yang menjanjikan. kebanyakan karena rasanya yang enak, buah ini banyak penggemarnya. Selain memiliki rasa yang enak, semangka memiliki banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Syarat tumbuh tanaman semangka

Karena buahnya bulat dan tumbuh merambat, semangka adalah sejenis labu. Karena lingkungannya yang kondusif untuk membudidayakan produk hortikultura ini, Indonesia merupakan lokasi yang sangat baik untuk menanam semangka. Meski buah semangka bisa ditanam di ketinggian berapa pun, daerah dataran rendah dengan suhu antara 25 hingga 30 derajat Celcius akan menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan terbaik. Selain itu, semangka dapat berkembang dengan tidak adanya naungan di darat. Semangka tumbuh dan berproduksi pada tingkat tertinggi di tanah yang gembur dan kaya organik dengan pH 5,5-7.

1.Pemilihan benih

Hasil semangka dapat dipengaruhi oleh pemilihan benih unggul. Bibit semangka hibrida merupakan jenis yang paling baik digunakan karena merupakan varietas unggul. Benih semangka membutuhkan penanganan yang hati-hati sebelum ditanam selain ditanam dari kultivar hasil tinggi. Sebelum ditanam, benih semangka terlebih dahulu diberi rendaman terlebih dahulu dalam air hangat yang mengandung hormon pertumbuhan, fungisida, dan bakterisida. Terapi tersebut berusaha mempercepat pertumbuhan benih setelah tanam. Setelah sekitar 30 menit direndam, tiriskan bijinya, dan siap ditanam.

2. Penanaman

  • Gunakan cangkul atau traktor untuk menggemburkan tanah yang digarap. Buatlah bedengan dengan ukuran 100 sampai 120 cm dan selokan dengan ukuran 40 sampai 60 cm selanjutnya.
  • Sebagai pupuk awal, tambahkan pupuk kandang ke area tanam.
  • Selanjutnya, biarkan 2–7 hari berlalu sebelum menabur benih. Buat lubang tanam di tanah, lalu tempatkan benih semangka berukuran 30 x 30 cm di sana.

3. Pemeliharan

  • Penjarangan: Karena batang tanaman semangka tumbuh panjang dan memanjang, langkah ini penting. Agar nutrisi terkonsentrasi pada perkembangan bunga dan buah, hal ini dilakukan.
  • Penyiangan : Pemeliharaan ini harus dilakukan secara rutin untuk mencegah rerumputan disekitarnya menyerap unsur hara di sekitar tanaman semangka.
  • Pemupukan lanjutan diperlukan untuk mendorong pertumbuhan buah semangka, menghasilkan buah yang besar dan lezat.

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru