Navbar

Cara Menanam Kurma Cepat Dan Mudah Berbuah Cocok Untuk Lahan Pekarangan Anda

 Cara Menanam Kurma Cepat Dan Mudah Berbuah 

Cara Menanam Kurma Cepat Dan Mudah Berbuah Cocok Untuk Lahan Pekarangan Anda

Kunci pengetahuan pertanian yang harus dipahami agar kurma cepat berbuah, lebat, dan dengan ukuran buah yang besar adalah cara menanam kurma dengan benar. Karena rasanya yang enak, kurma adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi. berasal dari Timur Tengah yang dikenal gersang dan terik. Berdasarkan keadaan tersebut, maka kurma tidak cocok untuk dibudidayakan di Indonesia. Kurma sebenarnya relatif mudah ditangani dan bisa bertahan hidup di daratan Indonesia.

Petunjuk Menanam Kurma

Pilihan Bibit Kurma 

  • Bibit kurma ajwa misalnya tersedia dalam varietas jantan dan betina. Sebagian besar biji kurma yang banyak dijumpai cenderung jantan, sedangkan biji betina adalah satu-satunya yang selanjutnya dapat hidup dan berbuah.
  • Lakukan pembersihan setelah Anda selesai mengumpulkan biji kurma. Pasir halus dan air murni adalah bahan pembersih yang cocok.
  • Lakukan perendaman setelah benih dibersihkan.

Proses Pembuatan bibit kurma

  • Siapkan tisu basah dan wadah perkecambahan. Verifikasi ketahanan wadah terhadap kelembaban yang berlebihan.
  • Jika demikian, letakkan tisu basah di dalam kotak. Pastikan tisu basah secara konsisten dan tambahkan tiga biji kurma ke dalamnya.
  • proses perkecambahan akan memakan waktu sekitar 14 hari.
  • Memanfaatkan media tanam adalah cara lain yang bisa dilakukan. Anda bisa langsung menyemai benih kurma dalam pot atau polibag. Jika Anda memilih pendekatan ini, campurkan media tanam pasir, kompos, dan sabut kelapa dengan perbandingan 2:1:1.

Tata Cara Pemindahan Bibit Kurma

  • Pemindahan pohon kurma adalah aspek lain dari menanam kurma. Tujuan dari transfer ini adalah untuk menyediakan pohon kurma dengan lingkungan yang paling padat nutrisi. Secara alami, kurma akan berbuah dan besar hasilnya.
  • Bibit kurma disiapkan untuk berkecambah langsung ketika panjangnya sekitar 10 cm dan dapat ditanam di media tanam. Karena tingginya bijinya, pohon kurma dapat ditanam tegak dan akan tumbuh subur.
  • Ada sejumlah faktor tambahan dalam situasi ini yang harus diperhitungkan saat memindahkan benih. Pastikan tanaman menerima kelembapan yang cukup, dan lindungi dari serangga dan angin kencang. Selain itu, pastikan kurma mendapat sinar matahari yang cukup.
  • Jarak antara pohon kurma harus diperhatikan selama prosedur penanaman. Jarak antar tanaman perlu diatur seperti cara menanam kentang. Dalam hal ini, jarak minimum antar tanaman kira-kira 7 cm, dan ukuran lubang kira-kira 50 cm.

Perawatan Pohon Kurma

  • Anda pasti sudah familiar dengan perawatan kurma setelah tanam. Karena kurma bukan tanaman asli Indonesia, maka perawatan ini mencoba memperbesar ukuran buah.
  • Oleh karena itu, ada beberapa hal yang mungkin dilakukan untuk merawat kurma dengan baik. Kotak khusus ini, tentu saja, berisi instruksi tentang tanggal tumbuh. Langkah pertama dalam merawat kurma adalah pemupukan tanah untuk menambah unsur hara.
  • Pada kenyataannya, aplikasi pupuk ini dilakukan ke tanah sebelum pergerakan kurma. Sekitar dua sampai tiga minggu setelah tanam, saat pohon sudah dicabut, pupuk bisa disemprotkan secara rutin.
  • Penyiraman secara teratur adalah cara lain untuk memberikan perawatan. Pohon kurma, terutama kurma tropis, membutuhkan air yang cukup, sama seperti tanaman hortikultura lainnya. Jadi pastikan untuk menyiram secara teratur — setidaknya dua kali setiap hari.

Metode Pemanenan Kurma

  • Sampai panen kurma tiba, kurma tersebut dirawat. Kurma dalam hal ini dapat dengan mudah dibedakan antara jantan dan betina saat panen sudah siap. Kurma jantan sering menghasilkan buah yang berukuran sedang dan mengandung pati.
  • Sebaliknya, kurma feminin seringkali menyerupai bunga. Bentuk bunga ini mirip dengan bunga kelapa. Namun, kedua jenis kurma tersebut tetap memiliki rasa yang nikmat dan lezat.
  • Kurma superior akan diproduksi dengan perawatan yang tepat dengan biaya yang konon lebih baik. Jadi, jika Anda memiliki taman kurma, Anda harus melakukan segala daya untuk merawatnya.

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru