Navbar

Cara Tanam Jamblang Dipekarangan Rumah Menghasilkan Buah Yang Banyak Dan Lebat

 Cara Tanam Jamblang Dipekarangan Rumah

Cara Tanam Jamblang Dipekarangan Rumah Menghasilkan Buah Yang Banyak Dan Lebat

Suku jambu biji masih termasuk tumbuhan penghasil buah yang dikenal dengan jamblang atau duwet (Syzygium cumini) (Myrtaceae). Salah satu tanaman yang semakin langka dan jarang dibudidayakan adalah jamblang. Buah ini juga disebut sebagai jamlang, jambelang, duwet (di Malaysia), duhat (di Filipina), jambul, jamun, atau plum jawa di luar negeri (bahasa Inggris). Menurut beberapa sumber, daerah tropis Asia dan Australia merupakan asal muasal tanaman jamblang (Duwet). Hingga 500 meter di atas permukaan laut, tanaman ini dapat bertunas dan tumbuh di lingkungan dataran rendah. Biasanya, buah jamblang segar dikonsumsi. Buah jamblang yang sudah matang dipadukan dengan sedikit garam dan terkadang gula di India, Filipina, dan beberapa daerah di Indonesia, seperti ciri khasnya.

PERBANYAKAN

Pohon jamblang biasanya disebarkan dengan biji. Meski sederhana, prosedur ini memiliki kekurangan yang tidak menyenangkan yaitu menyebabkan tanaman yang dihasilkan kehilangan viabilitas pohon induknya. Okulasi, penyambungan, atau teknik perbanyakan vegetatif lainnya digunakan untuk menghasilkan bibit unggul.

PEMELIHARAAN

Perawatan pohon jamblang tidak terlalu rumit. Hanya selama fase pertumbuhan pertama penyiraman menjadi perlu. Penyiraman ini jarang dilakukan setelah tanaman mengembangkan sistem akar yang agak kuat, terutama saat cuaca panas. Tanaman jamblang ternyata bisa bertahan di lingkungan gersang. Taburkan pupuk kandang setiap tiga bulan untuk memastikan tanaman tumbuh subur.

PANEN DAN PASCA PANEN

Buah jamblang yang juga dikenal dengan sebutan duwet atau juwet ini biasanya matang pada berbagai periode. Buah dianggap masak bila kulitnya berubah warna dari merah keunguan menjadi hitam. Daging buah memiliki tekstur yang lebih lembut dan lebih cair. Buah jamblang yang sudah matang sampai batas ini akan jatuh ke tanah. Untuk menjaga kualitas buah, buah yang masih ada di pohon dipanen. Dalam kebanyakan kasus, buah yang jatuh dari pohon memiliki kulit luar yang pecah, yang membuatnya kurang menarik bagi konsumen.

Tongkat jaring digunakan untuk menyeleksi buah jamblang agar dapat dijangkau dan cukup dikeluarkan dari batangnya. Pohon jamblang khas memiliki kapasitas produksi buah 60 hingga 100 kg. Buah jamblang kemudian dipilih sesuai ukurannya setelah dikumpulkan. Buah jamblang yang kurang matang atau terlalu kecil harus dipisahkan.

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru