Navbar

Cara Menanam Rambutan Rapiah Agar Cepat Berbuah


Rambutan Rapiah, merupakan salah satu varietas unggulan yang cukup terkenal dan banyak diminati masyarakat Indonesia. Rambutan rapiah memiliki ciri khas kulit berwarna hijau kekuningan dengan rambut yang sangat pendek, kasar, dan ada pelat pada kulitnya.

Daging buah rambutan rapiah tebal, agak kering, manis, dan ngelotok dengan biji yang berukuran kecil. Buah rambutan rapiah juga mampu bertahan hingga 6 hari setelah buah di petik.

Selain rasa buahnya, rambutan rapiah juga memiliki berbagai keungglan lainnya. Lalu, seperti apa keunggulan rambutan rapiah? Yuk, simak informasi dibawah ini!


Keunggulan Rambutan Rapiah

  • Cepat Berbuah

Tanaman rambutan rapiah akan mulai berbuah ketika tanaman memasuki umur tanam 2 - 3 tahun. Dikarenakan bibit berasal dari perbanyakan vegetatif.

  • Buah Berkualitas

Rambutan rapiah memiliki bentuk buah bulat, berwarna hijau kekuningan dengan rambut yang sangat pendek, kasar, dan ada pelat pada kulitnya.

Buah rambutan rapiah mempunyai daging buah tebal, berwarna putih, agak kering dan ngelotok. Ukuran bijinya kecil, berbentuk bulat, dengan citarasa yang  manis serta beraroma tidak tajam.

  • Daya Tahan Buah

Rambutan rapiah mempunyai daya tahan buah yang cukup tinggi, mampu bertahan hingga 6 hari setelah buah dipetik.


Itulah beberapa keunggulan yang bisa didapat dari rambutan rapiah. Tentunyaa anda semakin tertarik menjadikan Rambutan rapiah ini sebagai salah satu koleksi tanaman anda.

Cara menanamnya sangat mudah, hampir mirip dengan Cara Menanam Mangga Mahatir Jumbo. Agar penanaman rambutan rapiah berjalan dengan baik, kamu perlu mengikuti langkah - langkah dibawah ini. Simak yuk!


Cara Menanam Bibit Rambutan Rapiah

  • Pemilihan Bibit Rambutan Rapiah

Pilih bibit rambutan rapiah yang berasal dari perbanyakan vegetatif, dapat melalui teknik okulasi, cangkok, stek, atau sambung pucuk.

Perbanyakan secara vegetatif dapat menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya serta masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

Pastikan kondisi bibit sehat dan tidak terserang hama atau penyakit.

Untuk mendapatkan bibit rambutan rapiah vegetatif, anda tidak perlu khawatir mencarinya, langsung hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas untuk melakukan pemesanan bibit.

Kami menyediakan bibit rambutan rapiah berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

 

Bibit Tanaman Rambutan Rapiah


  • Pengolahan Lahan Tanam Tanaman Rambutan Rapiah 

Bersihkan area lahan tanam dari gulma, rumput liar, atau tanaman pengganggu lainnya, serta bebatuan yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

Buat lubang tanam dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm, pisahkan tanah bagian atas dan tanah bagian bawah.

Isi lubang tanam dengan pupuk kandang sebanyak 25 kg dan biarkan selama 2 - 3 minggu.

Buat media tanam yang terdiri dari tanah bagian atas dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1

  • Penanaman Bibit Tanaman Rambutan Rapiah 

Robek polybag bibit rambutan rapiah dengan hati - hati, usahakan media yang menempel tidak pecah.

Masukan bibit rambutan rapiah kedalam lubang tanam, letakan tepat ditengah - tengah dalam posisi tegak lurus/tidak miring.

Timbun dengan media tanam yang sudah di buat, dan sedikit padatkan hingga bibit tertanam erat, kemudian siram hingga media tanam basah untuk mempertahankan kelembaban.


Bagaimana, mudah bukan? Dengan mengikuti langkah - langkah diatas akan sangat mungkin penanaman yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, dan untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal, tentu Perawatan Tanaman Rambutan Rapiah juga tidak boleh dilawatkan.

Semoga informasi tadi dapat bermanfaat untuk teman - teman semua. Terimakasih Sudah Mampir dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru