Navbar

Cara Menanam Tabulampot Sawo Mentimun dan Keunggulannya

Varietas Sawo Mentimun


Sawo Mentimun merupakan salah satu varietas unggulan yang memiliki bentuk buah cukup unik. Sesuai dengan namanya, sawo ini berbentuk lonjong memanjang dengan ujung yang agak mengerucut, mirip layaknya buah mentimun.

Sawo Mentimun juga mempunyai citarasa yang sangat manis, teksturnya juicy karena banyak mengandung air, dan beraroma wangi.

Selain buahnya yang unik, sawo mentimun juga memiliki berbagai keunggulan lainnya. Lantas, seperti apa keunggulan sawo mentimun? Yuk, simak ulasan berikut ini!


Keunggulan Sawo Mentimun

  • Tingkat Adaptasi Tinggi

Tanaman sawo mentimun dikenal dengan tingkat adaptasinya yang tinggi, tanaman sawo ini jenis ini dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan baru. Bahkan dengan iklim tropis sekalipun.

  • Bersifat Genjah

Tanaman sawo mentimun terkenal dengan sifatnya yang mudah berbuah atau genjah. 

Dengan perawatan yang baik, tanaman sawo mentimun akan mulai berbuah pada umur 1 - 2 tahun sejak penanaman dengan menggunakan bibit vegetatif.

Karena, perbanyakan vegetatif dapat menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, serta masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

  • Budidaya Mudah

Budidaya sawo mentimun tergolong sangat mudah karena pada dasarnya sawo ini bersifat adaptif atau mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Bibit sawo mentimun dapat ditanam di semua dataran, baik dataran rendah maupun dataran tinggi.

  • Buah Berkualitas

Sawo mentimun memiliki ukuran buah lebih besar, daging buahnya tebal, bertekstur lembut dan juicy karena mengandung air yang tinggi, serta mempunyai citarasa yang lebih manis jika dibandingkan buah sawo pada umumnya.


Nah, setelah mengetahui banyak keunggulan sawo mentimun. Tentunya semakin anda tertarik menjadikan sawo mentimun ini sebagai salah satu koleksi tanaman anda.

Cara menanamnya juga cukup mudah, dan hampir mirip dengan Cara Menanam Kelengkeng New Kristal.

Agar penanaman sawo mentimun berjalan dengan baik, kamu perlu mengikuti langkah - langkah dibawah ini. Simak yuk!


Cara Menanam Sawo Mentimun

  • Pemilihan Bibit Tanaman Sawo Mentimun

Pilih bibit sawo mentimun yang berasal dari perbanyakan vegetatif seperti melalui teknik okulasai, stek, cangkok, atau sambung pucuk.

Karena, perbanyakan vegetatif dapat menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, serta masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

Pastikan bibit dalam kondisi sehat dan tidak terserang hama atau penyakit.

Untuk mendapatkan bibit sawo mentimun vegetatif, anda tidak perlu khawatir mencarinya, langsung hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas untuk melakukan pemesanan bibit.

Kami menyediakan bibit sawo mentimun berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Bibit Tanaman Sawo Mentimun 

  • Pemilihan Pot Tanaman Sawo Mentimun

Pilih pot/planter bag berdiameter 60 cm, untuk pot bisa terbuat dari tanah liat, drum bekas, semen, atau kayu.

Pilih pot yang memiliki lubang pada bagian dasar nya untuk mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar tidak terendam dan sirkulasi udara menjadi lancar.

Pastikan pot harus memiliki kaki atau alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah. Hal ini penting untuk aliran drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah, jika pot tidak memiliki kaki, bisa gunakan batu bata atau yang sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

  • Penyiapan Media Tanam Sawo Mentimun

Buat media tanam yang terdiri dari tanah, sekam bakar dan pupuk kandang.

Campur ketiga media tanam dengan perbandingan 1 : 1 : 1

Diamkan media tanam sekitar 1 minggu sebelum digunakan.

  • Penanaman Bibit Tanaman Sawo Mentimun

Masukan pecahan genteng atau bata dibagian dasar pot, agar saat penyiraman, media tanam tidak ikut hanyut.

Setelah itu masukan media tanam kedalam pot hingga menyentuh bibir pot, kemudian bentuk lubang tanam pada bagian tengahnya untuk menanam bibit sawo mentimun.

Robek polybag bibit sawo mentimun menggunakan gunting, usahakan media yang menempel pada bibit tidak pecah.

Masukan bibit sawo mentimun kedalam pot, letakan tepat ditengah - tengah pot dalam posisi tegak lurus/tidak miring.

Timbun dan sedikit padatkan media tanam di sekitar pangkal batang hingga bibit tertanam erat, kemudian siram hingga media tanam basah untuk mempertahankan kelembaban.


Bagaimana, mudah bukan? Dengan mengikuti langkah - langkah diatas akan sangat mungkin penanaman yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, dan tidak lupa juga untuk melakukan Perawatan Tanaman Sawo Mentimun, agar proses pertumbuhannya berlangsung secara optimal.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk teman - teman semua. Terimakasih Sudah Mampir dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru