Navbar

Keunggulan Bibit Kelengkeng New Kristal dan Cara Menanamnya

Tabulampot Kelengkeng New Kristal


Kelengkeng New Kristal adalah salah satu jenis kelengkeng unggulan dan terbaru yang merupakan hasil penyempurnaan dari kelengkeng Kristal atau kelengkeng Kristalin.

Tanaman kelengkeng new kristal juga sangat menarik, karena masa pemanenan buah kelengkeng new kristal dapat diatur sendiri dengan cara pembosteran, sehingga bisa melakukan pemanenan sepajang tahun tanpa mengenal musim.

Selain itu, kelengkeng new kristal juga memiliki keunggulan lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Lantas, seperti apa keunggulan kelengkeng new kristal ini? Yuk, simak informasinya dibawah ini!


Keunggulan Kelengkeng New Kristal

  • Tingkat Adaptasi Tinggi

Tanaman Kelengkeng New Kristal mampu tumbuh baik diberbagai bidang dataran, baik  di dataran tinggi maupun di dataran rendah.

Untuk di dataran tinggi, tanaman kelengkeng mampu tumbuh dengan baik tanpa perlakuan khusus. Sedangkan di dataran rendah, tanaman kelengkeng jauh lebih cepat pertumbuhannya, namun tidak bisa berbuah, jadi tanaman membutuhkan sedikit perlakuan tambahan yaitu boster, agar nutrisinya tercukupi dan dapat berbuah.

  • Cepat Berbuah

Tanaman Kelengkeng akan mulai berbuah ketika tanaman memasuki umur tanam 1 - 2 tahun. Dikarenakan menggunakan bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif.

Karena, perbanyakan vegetatif dapat menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, serta masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat. 

  • Berbuah Sepanjang Tahun

Tanaman kelengkeng new kristal mampu berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim atau diluar musim panen. Kelengkeng new kristal dapat dibuahkan pada bulan apapun, sehingga kita bisa menentukan kapan waktu yang kita inginkan agar pohon kelengkeng new kristal berbuah. 

Pemanenan bisa dilakukan 2 - 3 kali dalam setahun. Cukup dengan perlakuan tambahan, yaitu dengan menambahkan zat perangsang buah (booster), tanaman ini bisa berbuah kapan saja.

  • Tingkat Produktifitas Tinggi

Tanaman Kelengkeng New Kristal merupakan tanaman yang sangat prouduktif, tanaman yang sudah mulai belajar berbuah, panen pertamanya sekitar 20 - 25 kg/pohon.

Produksi buah akan terus meningkat seiring dengan penambahan umur tanaman. Produksi buah stabil pada kisaran 100 - 150 kg/pohon saat tanaman berusia 4 tahun keatas.

  • Buah Berkualitas

Kelengkeng new kristal memiliki daging buah yang tebal, bertekstur renyah karena daging buahnya lebih kering, bercitarasa sangat manis dengan tingkat kemanisannya mencapai 21 brix, dan biji buahnya kecil. 

  • Nilai Ekonomis Tinggi

Nilai jual Buah kelengkeng New kristal diatas harga rata - rata buah lengkeng lokal unggulan maupun import.

Buah Kelengkeng New kristal dibanderol dengan harga Rp.40.000 - Rp.50.000/kg.

  • Dapat di Tanam didalam Pot (Tabulampot)

Bibit tanaman kelengkeng new kristal dapat tumbuh dimana seja, diberbagai bidang dataran, bahkan dilahan yang sempit dan terbatas seperti dalam pot sekalipun.

Penanaman di pot dapat mempercepat masa produktif asalkan dengan mengatur kondisi tanah sebaik mungkin seperti penyiraman dan pemupukan.


Itulah berbagai macam keunggulan yang bisa didapat dari kelengkeng new kristal. Menarik sekali ya?

Setelah mengetahui banyaknya keunggulan dan potensi yang dimiliki kelengkeng new kristal. Pasti anda semakin tertarik menjadikan kelengkeng new kristal ini sebagai salah satu koleksi tanaman anda bukan?

Tunggu apalagi? segera pesan bibit kelengkeng new kristal sekarang juga! Untuk info lebih lanjut bisa langung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera ya.

Kami menyediakan bibit kelengkeng new kristal vegetatif berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Perbanyakan vegetatif dapat menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, serta masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

Jika sudah mendapatkan bibitnya, langsung saja kita masuk ke pembahasan selanjutnya yakni penanaman. Pada dasarnya cara menanam kelengkeng new kristal mirip dengan Cara Menanam Anggur Ninel Dalam Pot. Untuk mempelajari hal tersebut, yuk langsung ikuti langkah - langkah berikut!

Bibit Tanaman Kelengkeng New Kristal

Cara Menanam Bibit Tanaman Kelengkeng New Kristal

  • Pemilihan Pot Bibit Tanaman Kelengkeng New Kristal

Pilih pot minimal beriameter 60 cm, pot bisa terbuat dari tanah, drum bekas, atau bisa juga menggunakan planter bag.

Pastikan pada bagian dasar pot terdapat lubang untuk mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar akar tidak terendam dan sirkulasi udara menjadi lancar.

Pot harus memiliki kaki/alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah, yang berfungsi untuk aliran drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah. 

Jika pot tidak memiliki kaki, bisa gunakan batu bata atau yang sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

  • Penyiapan Media Tanam Bibit Kelengkeng New Kristal

Buat media tanam yang terdiri dari tanah yang gembur, sekam dan pupuk kandang.

Campur ketiga media tersebut dengan perbandingan 1 : 1 : 1

Kemudian biarkan media tanam sekitar 1 minggu sebelum digunakan.

  • Penanaman Bibit Kelengkeng New Kristal

Letakan pecahan genteng atau batu - bata di bagian dasar pot, agar saat penyiraman tanaman, media tanam tidak ikut hanyut terbawa air.

Masukan media tanam yang sudah dibuat kedalam pot hingga menyentuh bibir pot, kemudian buat lubang tanam ditengahnya untuk menanam bibit kelengkeng new kristal.

Robek polybag bibit kelengkeng new kristal menggunakan cutter atau gunting, usahakan media yang menempel pada bibit tidak pecah.

Masukan bibit kelengkeng new kristal kedalam lubang tanam ditengah - tengah pot, pastikan bibit tegak lurus/tidak miring.

Kemudian ratakan media tanam, dan lakukan penyiraman secukupnya, penyiraman dilakukan sedikit demi sedikit agar meresap dan merata ke bagian dalam media tanam.


Bagaimana, mudah bukan? Dengan mengikuti langkah - langkah diatas akan sangat mungkin penanaman yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, dan tidak lupa juga untuk melakukan Perawatan Tanaman Kelengkeng New Kristal, agar proses pertumbuhannya berlangsung secara optimal.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung, dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru