Navbar

Cara Merawat Kelengkeng New Kristal Cepat Berbuah

Tanaman Kelengkeng New Kristal


Kelengkeng New Kristal, siapa sih yang tidak kenal dengan varietas kelengkeng satu ini? Kelengkeng new kristal terkenal karena rasa buahnya yang sangat manis, dan masa panen buahnya yang bisa diatur sendiri.

Tanaman kelengkeng new kristal bersifat genjah atau mudah berbuah dan memiliki tingkat produktivitas yang tinggi, bahkan pada panen pertamanya, tanaman kelengkeng sudah bisa menghasilkan 20 - 25 kg/pohon. Produksi buah akan terus meningkat seiring dengan penambahan umur tanaman.

Agar pertumbuhan tanaman kelengkeng new kristal dapat optimal, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Cara Menanam Bibit Tanaman Kelengkeng New Kristal Dalam Pot, setelah itu tentu perlu adanya perawatan yang baik dan benar.

Cara merawat tabulampot kelengkeng new kristal ini relatif mudah, dan tentunya akan menjadi hal yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang anda. Lantas, seperti apa proses perawatan tanaman kelengkeng new kristal? Yuk, simak informasinya dibawah ini.


Cara Merawat Tabulampot Kelengkeng New Kristal

  • Penyiraman Tabulampot Kelengkeng New Kristal

Lakukan penyiraman secara rutin 2 kali sehari pada pagi dan sore hari, namun jangan menyiramnya terlalu banyak.

  • Penyiangan Tabulampot Kelengkeng New Kristal

Lakukan penyiangan minimal 2 - 4 minggu sekali, dengan mencabut gulma atau rumput liar yang tumbuh didalam pot tanaman kelengkeng. 

Hal ini berguna agar unsur hara dalam tanah tetap terjaga dan pertumbuhan tanaman tidak terhambat.

  • Pemupukan Tabulampot Kelengkeng New Kristal

Pemupukan bertujuan untuk memberikan nutrisi terhadap tanah sehingga dapat membantu merangsang pertumbuhan tanaman, bunga dan buah pada tanaman kelengkeng new kristal.

Tabulampot kelengkeng new kristal dapat dipupuk tiga bulan sekali dengan menggunakan pupuk kandang sebanyak 5 kg per tanaman. 

Dapat ditambahkan pupuk anorganik seperti pupuk NPK dengan dosis 25 gram/tanaman dan cukup diberikan setiap 4 bulan sekali hingga tanaman berumur 3 tahun.

  • Pemangkasan Tabulampot Kelengkeng New Kristal

Pemangkasan secara rutin pada masa pertumbuhan berfungsi untuk merangsang bunga dan buah. Dengan dilakukannya pemangkasan maka akan timbul cabang - cabang baru yang kelak akan mengeluarkan buah. 

Disamping dalam masa pertumbuhan pemangkasan pun dapat dilakukan setelah panen untuk memicu kembali pertumbuhan bunga beserta buahnya.

Cara Pemangkasan :

Memotong batang utama hingga hanya tersisa batang setinggi 80 - 100 cm hingga tumbuh 3 batang primer yang dibutuhkan.

Cabang primer yang dipilih dipangkas hingga hanya setinggi 30 - 50 cm. kemudian dari batang primer diambil 3 batang sekunder. Berarti dalam setiap tanaman ada 9 cabang sekunder saja.

Kemudian cabang yang tumbuh dari cabang sekunder dipotong hingga tersisa 30 - 50 cm saja. Bunga akan muncul dari cabang ini. Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada musim hujan untuk mengurangi penguapan yang berlebihan.

  • Masa Panen Kelengkeng New Kristal

Tanaman Kelengkeng New Kristal akan mulai berbuah ketika tanaman memasuki umur tanam 1 - 2 tahun. Pemanenan pertama dapat menghasilkan sekitar 20 - 25 kg buah/pohon.

Bunga pada tanaman kelengkeng muncul setelah 30 hari diberi perangsang (booster), dan akan siap dipanen 140 - 160 hari kemudian.

Waktu pemanenan yang baik sebaiknya dilakukan pada pagi atau siang hari, pemanenan sebaiknya dilakukan dengan memotong pangkal buah dengan gunting atau pisau tajam yang steril.

Varietas Kelengkeng New Kristal


Itulah penjelasan mengenai cara merawat tabulampot kelengkeng new kristal yang bisa kami sampaikan. Pada dasarnya, proses perawatan tanamannya hampir mirip dengan Cara Merawat Tabulampot Anggur Ninel.

Dengan mengikuti langkah - langkah diatas, akan sangat mungkin tanaman kelengkeng new kristal dapat tumbuh dengan subur, cepat berbuah, dan menghasilkan buah yang lebat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya diperlukan bibit yang unggul dan sehat. Dalam hal ini anda tidak perlu khawatir, karena kami menyediakan bibit kelengkeng new kristal berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Tunggu apa lagi? ayo segera pesan bibitnya sekarang juga! Untuk info lebih lanjut bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera sekarang juga!

Semoga informasi diatas dapat membantu ya. Terimakasih sudah berkunjung, dan Semoga Berhasil!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru