Navbar

Cara Merawat Bibit Tanaman Durian Super Tembaga Agar Cepat Berbuah

Tanaman Durian Super Tembaga


Durian Super Tembaga, siapa sih yang tidak kenal dengan varietas satu ini? Kepopuleran durian ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi

Durian super tembaga dikenal karena daging buahnya yang cantik, yakni berwarna kuning jingga, seperti tembaga.

Yang lebih menarik lagi adalah daging buahnya yang super tebal, bertekstur lembut, dengan citarasa manis legit, dan sedikit rasa pahit yang lebih lembut. semakin enak saat dikunyah dimulut.

Berkat buahnya yang istimewa, kini budidaya durian super tembaga mulai menjadi trend. Agar pertumbuhan tanaman durian super tembaga dapat optimal, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Cara Menanam Bibit Durian Super Tembaga.

Tidak lepas dari itu, perawatan yang baik dan benar juga dibutuhkan. Lantas, seperti apa sih cara merawat tanaman durian super tembaga? Yuk, simak informasinya dibawah ini.


Cara Merawat Durian Super Tembaga

  • Penyiraman Tanaman Durian Super Tembaga

Lakukan penyiraman tanaman durian super tembaga secara rutin 2 kali sehari selama 1 bulan, sebaiknya proses penyiraman dilakukan pada pagi dan sore hari, agar tanah tidak cepat kering karena sinar matahari.

Setelah 1 bulan sejak penanaman, penyiraman cukup dilakukan 3 kali dalam sminggu, atau menyesuaikan dengan kondisi cuaca dan kelembaban tanah.

  • Penyiangan Tanaman Durian Super Tembaga

Lakukan penyiangan dengan mencabut gulma (rumput liar) atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar tanaman durian, untuk menghindari perebutan nutrisi yang menyebabkan pertumbuhan tanaman durian terganggu.

Penyiangan dilakukan minimal 2 - 4 minggu sekali dengan radius 1 meter dari batang, mengelilingi tanaman.

  • Pemangkasan Tanaman Durian Super Tembaga

Pemangkasan bertujuaan agar pohon durian super tembaga tidak terlalu tinggi, sehingga memudahkan dalam proses perawatan tanaman dan pemanenan. Selain itu, juga dapat membuat produksi buah menjadi lebih banyak.

Pemangkasan dilakukan terhadap tunas - tunas air, cabang atau rantingnya yang sudah mati dan terserang hama penyakit, serta ranting - ranting yang tidak terkena sinar matahari.

  • Pemupukan Tanaman Durian Super Tembaga

Pemupukan menggunakan pupuk NPK dan pupuk organik kompos/pupuk kandang

  • Pupuk NPK (15:15:15) diberikan 4 bulan sekali, dengan dosis sesuai umur tanaman.

  1. Tanaman umur 3 bulan - 3 tahun : dosis 200gr/pohon.
  2. Tanaman umur ≥ 3 tahun : dosis 200gr + 20 - 25% dosis/pohon.

  • Pupuk organik kompos/pupuk kandang diberikan 1 tahun sekali, dengan dosis sesuai umur tanaman.

  1. Tanaman umur 3 bulan - 3 tahun : dosis 60 - 100 kg/pohon.
  2. Tanaman umur ≥ 3 tahun : dosis 120 - 200 kg/pohon.

Cara Pemupukan : 

Buat selokan melingkari tanaman dengan menggali tanah hingga kedalaman 20 - 30 cm, lingkaran berubah mengikuti pertumbuhan lebar tajuk pohon.

Sisihkan tanah bekas galian ke pinggirnya.

Taburkan pupuk secara merata ke dalam selokan, kemudian tutup kembali dengan tanah galian, ratakan lalu segera lakukan penyiraman jika tanah dalam keadaan kering.

  • Pemanenan Buah Durian Super Tembaga 

Tanaman durian super tembaga yang berasal dari bibit hasil perbanyakan vegetatif, dan dengan perawatan yang baik, akan mulai berbuah ketika memasuki umur tanam 3 - 4 tahun.

 

Varietas Durian Super Tembaga


Itulah penjelasan mengenai cara merawat bibit tanaman durian super tembaga yang bisa kami sampaikan. Proses nya relatif mudah, hampir mirip dengan Perawatan Bibit Tanaman Durian Musang King.

Nah, sekarang anda semakin tertarik bukan? Tunggu apa lagi? ayo segera pesan bibitnya sekarang juga! Untuk info lebih lanjut bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera ya!

Kami menyediakan bibit durian super tembaga berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Semoga ulasan mengenai cara merawat tanaman durian super tembaga ini dapat membantu. Terimakasih sudah berkunjung, dan Selamat mencoba!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru