Navbar

Perawatan Tanaman Durian Musang King Agar Cepat Berbuah

Varietas Durian Musang King


Durian Musang King adalah varietas durian unggulan asal Malaysia yang sangat terkenal karena kelezatan buahnya.

Durian musang king memiliki daging buah yang tebal, 80% dari buah durian ini adalah daging buah. Tekstur dagingnya lembut creamy, dengan citarasa yang manis legit, sedikit semburat pahit. Aromanya harum semerbak, serta berbiji kecil dan tipis.

Selain itu, tanaman durian musang king juga sudah bisa menghasilkan buah walaupun ukuran pohonnya masih tergolong pendek. Menarik sekali ya?

Agar pertumbuhan tanaman durian musang king semakin optimal, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Cara Menanam Bibit Durian Musang King, tidak lepas dari itu, perawatan yang baik dan benar juga dibutuhkan

Cara merawat tanaman durian musang king ini relatif mudah. Lantas, seperti apa proses perawatan tanaman durian musang king? Yuk, simak informasinya dibawah ini.



Cara Merawat Tanaman Durian Musang King

  • Penyiraman Tanaman Durian Musang King

Pada awal pertumbuhan lakukan penyiraman secara rutin 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari hingga 1 bulan sejak penanaman.

setelah 1 bulan masa tanam dan jika dirasa sudah cukup kuat dan kokoh maka penyiraman dilakukan 3 kali dalam seminggu, atau seperlunya saja disesuaikan dengan kondisi cuaca dan kelemababan tanah.

Tanaman durian membutuhkan ketersedian air yang cukup terutama pada musim kemarau. 

  • Penyiangan Tanaman Durian Musang King

Penyiangan dilakukan dengan mencabut gulma (rumput liar) atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman durian, radius 1 meter dari batang tanaman.

Penyiangan dilakukan minimal 2 - 4 minggu sekali, agar unsur hara dalam tanah tetap terjaga dan tidak ada perebutan nutrisi yang dapat mengangu pertumbuhan tanaman durian.

  • Pemupukan Tanaman Durian Musang King

Pemupukan bertujuan untuk memastikan ketersedian beberapa unsur hara (sumber makanan tanaman) terkecukupi didalam tanah, sehingga pertumbuhan tanaman menjadi baik dan memiliki produksi yang tinggi.

Waktu pemupukan dilakukan diawal musim penghujan, menggunakan pupuk NPK dengan dosis sesuai umur tanaman.

  • Tanaman umur 1 tahun : dosis 500 gram/tahun
  • Tanaman umur 2 tahun : dosis 1 kg/tahun
  • Tanaman umur 3 tahun : dosis 1,5 kg/tahun
  • Tanaman umur 4 tahun : dosis 2 kg/tahun.

Cara Pemupukan : 

Buat selokan melingkari tanaman dengan menggali tanah hingga kedalaman 10 - 15 cm, lingkaran berubah mengikuti pertumbuhan tanaman dan tajuk pohon.

kemudian taburkan pupuk secara merata ke dalam selakon, kemudian tutup kembali dengan tanah galian. Siram setelah tanah mengering.

 


  • Pemangkasan Tanaman Durian Musang King

Pemangkasan bertujuaan agar pohon durian musang king tidak terlalu tinggi, sehingga memudahkan dalam proses perawatan tanaman dan pemanenan. Selain itu, juga dapat membuat produksi buah menjadi lebih banyak.

Pemangkasan dilakukan terhadap tunas - tunas air, cabang atau rantingnya yang sudah mati dan terserang hama penyakit, serta ranting - ranting yang tidak terkena sinar matahari.

  • Pemanenan Buah Durian Musang King

Tanaman durian musang king yang berasal dari bibit vegetatif, dan dengan perawatan yang baik, akan mulai berbuah ketika memasuki umur tanam 3 - 4 tahun, lebih cepat dibanding durian pada umumnya. 

Bahkan dengan ketinggian pohon yang masih tergolong pendek sekitar 3 - 4 meter atau lebih rendah, sudah bisa menghasilkan buah dengan jumlah yang banyak.

Kematangan sempurna dari buah durian musang king yakni, setelah memasuki 4 - 5 bulan setelah bunga mekar.


Itulah penjelasan mengenai cara merawat bibit tanaman durian musang king yang bisa kami sampaikan. Proses nya hampir mirip dengan Cara Merawat Tanaman Durian Menoreh.

Dengan banyaknya potensi yang dimilik durian musang king, pasti anda menjadi semakin tertarik bukan? Tunggu apa lagi? Ayo segera miliki bibit durian musang king ini, untuk pemesanan bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera ya!

Kami menyediakan bibit durian menore berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung, dan Selamat Mencoba!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru