Navbar

Keunggulan dan Cara Menanam Bibit Durian Musang King Agar Cepat Berbuah

Varietas Durian Musang King


Durian Musang King, siapa yang tidak kenal dengan buah satu ini?

Durian Musang King merupakan varietas unggulan yang berasal dari Malaysia. Sebutan musang king ini dikarenakan lokasi pohon induknya yang berada di dekat Gua Musang yang berada di Kelantan, Malaysia.

Durian musang king hingga kini menjadi primadona bagi pecinta buah di seluruh nusantara. Rasa buahnya yang manis legit dengan sedikit semburat pahit selalu menjadi buruan para pecintanya.

Tidak hanya kelezatan, durian musang king juga memiliki berbagai keunggulan lainnya. Lantas, seperti apa keunggulan durian musang king ini? Yuk, cari tau informasinya dibawah ini!


Keunggulan Durian Musangking

  • Buah Berkualitas

Daging buahnya tebal, berwarna kuning, teksturnya lembut creamy, tidak terlalu lembek, dan tidak berserat.

Aromanya harum semerbak, dan memiliki citarasa manis legit dengan sedikit semburat pahit.

Bijinya kecil dan tipis, 80% dari buah durian ini adalah daging buah.

  • Nilai Ekonomis Tinggi

Harga jual durian musang king ini sangat mahal, untuk 1 buah durian dijual dengan harga 150 ribu hingga 200 ribu tergantung pada beratnya.

Harga tersebut memang sebanding dengan kualitas daging durian yang premium, terlebih teksturnya yang creamy, sangat unik dan tidak dimiliki oleh durian varietas lainnya.

  • Cepat Berbuah

Pohon durian yang berasal dari bibit vegetatif, dalam kurun waktu 3 - 5 tahun di saat pohonnya masih pendek, sudah bisa menghasilkan buah, lebih cepat dibanding durian pada umumnya.

Karena bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, sehingga masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

  • Budidaya Mudah

Tanaman durian dikenal mempunyai tingkat adaptasi yang tinggi, bibit durian musang king dapat tumbuh dengan baik di berbagai bidang dataran, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Sehingga dapat ditanam dimana saja.


Nah, setelah mengetahui banyak keunggulan durian musang king. Tentunya, anda semakin tertarik menjadikan durian musang king ini sebagai salah satu koleksi tanaman anda.

Penanaman bibit durian musang king ini sangat mudah, hampir mirip dengan Cara Menanam Bibit Durian Menoreh, kegiatan ini akan menjadi hobi yang menyenangkan untuk mengisi waktu senggang anda.

Agar penanaman bibit durian musang king berjalan dengan baik, kamu perlu mengikuti langkah - langkah dibawah ini. Simak yuk!


Pohon Durian Musang King


Cara Menanam Bibit Durian Musang King

  • Pemilihan Bibit Durian Musang King

Pilih bibit yang di perbanyak secara vegetatif seperti okulasi, cangkok, atau sambung pucuk, karena dapat mempertahankan sifat genetik asli dan mempercepat masa produktif.

Pastikan kondisi bibit unggul berkualitas baik, dalam keadaan sehat dan tidak terserang hama atau penyakit.

Secara fisik daunnya tidak rusak, batangnya cukup besar, bibit minimal berukuran 15 cm, dan tidak jangkung.

Untuk mendapatkan bibit durian musang king, anda tidak perlu khawatir mencarinya, langsung hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas untuk melakukan pemesanan bibit.

Kami menyediakan bibit durian menoreh berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Bibit Tanaman Durian Musang King 

  • Pengolahan Lahan Tanam

Pilih lahan yang terpapar sinar matahari secara langsung, kemudian bersihkan lahan dari rumput liar atau gulma, serta bebatuan yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman 

Buat lubang tanam dengan ukuran 50 cm x 50 cm, diamkan lubang tanam selama 7 hari, biarkan terpapar sinar matahari untuk mematikan bakteri dan virus yang ada dalam tanah.

Buat media tanam yang terdiri dari tanah galian, pasir dan kompos, dengan perbandingan 1 : 1 : 2, kemudian biarkan selama 1 minggu.

Setelah 1 minggu, masukan media tanam kedalam lubang tanam hingga 2/3 volume lubang tanam.

  • Penanaman Bibit Durian Musang King 

Robek polybag bibit menggunakan gunting/cutter, lakukan dengan hati - hati usahakan media yang menempel pada bibit tidak pecah.

Masukkan bibit durian musang king ke dalam lubang tanam hingga sebatas leher akar atau pangkal batang. Letakan bibit tepat di tengah - tengah lubang tanam dalam posisi tegak lurus/tidak miring.

Timbun dengan sisa media tanam ke dalam lubang tanam, kemudian padatkan hingga bibit tertanam erat.

Selanjutnya siram dengan air secukupnya, penyiraman dilakukan sedikit demi sedikit agar meresap dan merata ke bagian dalam media tanam.


Bagaimana, mudah bukan? Dengan mengikuti langkah - langkah diatas akan sangat mungkin penanaman yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, dan tidak lupa juga untuk melakukan Perawatan Tanaman Durian Musang King, agar proses pertumbuhannya berlangsung secara optimal.

Selain menjadi tanaman koleksi sebagai pemanis halaman rumah, dengan banyaknya potensi yang dimiliki durian musang king, budidaya durian ini memiliki peluang usaha yang sangat baik.

Tunggu apalagi? segera miliki bibitnya, untuk pemesanan dan info lebih lanjut, segera hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera ya!

Semoga informasi diatas bermanfaat untuk teman - teman semua. Terimakasih sudah mampir, dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru