Navbar

Keunggulan Bibit Durian Menoreh Dan Cara Menanamnya

Pohon Durian Menoreh


Durian Menoreh, ada yang kenal dengan varietas satu ini? Durian Menoreh merupakan salah satu varietas lokal unggul nasional yang berasal dari D.I Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo.

Durian menoreh dikenal karena ciri khas pada daging buahnya yang berwarna kuning cerah seperti mentega.

Selain itu, durian menoreh juga memiliki keunggulan yang tidak dimiliki varietas durian yang ada di nusantara termasuk dari luar negeri. Lalu, seperti apa keunggulan yang dimiliki menoreh ini? Yuk, cari tau informasinya dibawah ini!


Keunggulan Bibit Durian Menoreh

  • Buah Berkualitas

Ukuran buah relatif besar dengan berat mampu mencapai 4kg. Daging buahnya tebal, berwarna kuning cerah, teksturnya kesat, halus tidak berserat seperti mentega. 

Rasa buahnya manis legit dengan aroma khas yang tajam dan daging buahnya berselaput sehingga memudahkan ketika dipisah dari biji.

  • Produktivitas Tinggi

Potensi hasil panen durian menoreh ini tergolong cukup tinggi, dengan perawatan yang baik, ketika musim panen tiba, satu pohon durian menoreh mampu menghasilkan hingga 50 - 200 buah/pohon.

  • Budidaya Mudah

Tanaman durian menoreh memiliki kemampuan mudah beradptasi, dapat tumbuh dberbagai dataran, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi, dan juga cukup tahan terhadap hama, sehingga memudahkan proses penanaman serta perawatan tanamanya.

  • Usia Produktif Panjang

Pohon durian menoreh tetap mampu menghasilkan buah hingga pohonnya berumur 50 - 100 tahun.


Itulah berbagai macam keunggulan yang bisa didapat dari durian menoreh. Menarik sekali ya?

Setelah mengetahui banyaknya keunggulan dan potensi yang dimiliki durian menoreh. Pasti anda jadi semakin tertarik untuk segera menanamnya bukan?

Cara menanam bibit tanaman durian menoreh ini cukup mudah, dan hampir mirip dengan Cara Menanam Bibit Tanaman Durian Kumbokarno, kegiatan ini akan menjadi hobi yang menyenangkan dilakukan untuk mengisi waktu senggang anda.

Agar penanaman durian menoreh berjalan dengan baik, kamu perlu mengikuti langkah - langkah dibawah ini. Simak yuk!


Cara Menanam Bibit Durian Menoreh

  • Pemilihan Bibit Tanaman Durian Menoreh

Pilih bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif, seperti okulasi, cangkok, stek, atau sambung pucuk. Hal ini bertujuan untuk menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, sehingga masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

Untuk mendapatkan bibit vegetatif, anda tidak perlu khawatir mencarinya, langsung hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas untuk melakukan pemesanan bibit.

Kami menyediakan bibit durian menoreh berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Bibit Tanaman Durian Menoreh

  • Pengolahan Lahan Tanam 

Bersihkan lahan tanam dari gulma, rumput liar, atau tanaman pengganggu lainnya, serta bebatuan yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

Buat lubang tanam dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm

Buat media tanam yang terdiri dari campuran tanah galian dengan 20kg pupuk kandang matang, 2 - 3 genggam tangan dolomit, dan 2 sendok insektisida. 

Setelah tercampur, masukan kembali kedalam lubang tanam dan biarkan selama 1 - 2 minggu sebelum penanaman.

  • Penanaman Bibit Durian Menoreh

Robek polybag bibit dengan mnggunakan cutter atau gunting, usahakan media yang menempel pada bibit tidak pecah.

Gali lubang seukuran dengan media polybag bibit.

Masukan bibit kedalam lubang tanam, letakan tepat ditengah - tengah dalam posisi tegak lurus/tidak miring.

Timbun dengan tanah setinggi leher akar. Padatkan perlahan hingga bibit erat tertanam dan tidak goyah. 

Kemudian, siram dengan air secukupnya, penyiraman dilakukan sedikit demi sedikit agar meresap dan merata ke bagian dalam media tanam.

 

Bagaimana, mudah bukan? Dengan mengikuti langkah - langkah diatas akan sangat mungkin penanaman yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, dan tidak lupa juga untuk melakukan Perawatan Tanaman Durian Menoreh, agar proses pertumbuhannya berlangsung secara optimal.

Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih sudah mampir, dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru