Navbar

Keunggulan Bibit Durian Kumbokarno dan Cara Menanamnya

Bibit Tanaman Durian Kumbokarno


Durian Kumbokarno merupakan durian unggulan yang berasal dari Magelang, Jawa Tengah tepatnya di Desa Candi Mulyo.

Durian ini memiliki ukuran yang sangat besar, bobotnya bisa mencapai 6kg/buah, dengan kulit buah yang cenderung tipis, hanya sekitar 1 cm saja. Bisa dibayangkan setebal apa dagingnya?

Selain buahnya yang berukuran besar, durian kumbokarno ini juga memiliki berbagai keunggulan lainnya. Lalu, apa saja keunggulan durian kumbokarno? Yuk, cari tau informasinya dibawah ini!


Keunggulan Durian Kumbokarno

  • Buah Berkualitas

Buah durian kumbokarno berukuran besar, beratnya bisa mencapai 6kg, dengan daging buah yang sangat tebal, berserat, dan berwarna kuning, tidak pucat sedikitpun. 

Rasanya manis legit tanpa pahit sedikitpun, dengan aroma harum yang khas dan lembut. Banyak yang menyebut tekstur nya mirip lembutnya es krim yang meleleh.

  • Bersifat Genjah

Tanaman durian kumbokarno bersifat genjah, atau mudah berbuah, dengan bibit yang berasal dari hasil perbanyakan vegetatif, durian kumbokarno mampu berbuah pada umur tanam 3 - 4 tahun, lebih cepat dibanding durian pada umumnya.

  • Produktivitas Tinggi

Jika kondisi alam sedang baik, dalam 1 tahun pohon durian kumbokarno bisa panen hingga 2 kali.

  • Budidaya Mudah

Tanaman durian kumbokarno sangat adaptif, dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi, sehingga mudah ditanam dimana saja.


Itulah berbagai macam keunggulan yang bisa didapat dari durian kumbokarno. Menarik sekali ya?

Setelah mengetahui banyaknya keunggulan dan potensi yang dimiliki durian kumbokarno. Pasti anda jadi semakin tertarik untuk segera menanamnya bukan?

Cara menanam bibit durian kumbokarno ini cukup mudah, dan hampir mirip dengan Cara Menanam Durian Sukun, kegiatan ini akan menjadi hobi yang menyenangkan untuk mengisi waktu senggang anda. Untuk mempelajari hal tersebut, yuk langsung ikuti langkah - langkah berikut!


Cara Menanam Durian Kumbokarno

  • Pemilihan Bibit Tanaman Durian Kumbokarno

Pilih Bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif, seperti okulasi, cangkok, stek, sambung pucuk. Hal ini bertujuan untuk menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

Untuk mendapatkan bibit vegetatif, anda tidak perlu khawatir mencarinya, langsung hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas untuk melakukan pemesanan bibit.

Kami menyediakan bibit durian kumbokarno berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

 

Bibit Tanaman Durian Kumbokarno


  • Pengolahan Lahan Tanam Durian Kumbokarno

Pembukaan lahan sebaiknya dilakukan pada musim kemarau, sehingga pada awal musim hujan sudah bisa dilakukan penanaman.

Lahan dibersihkan dari sisa - sisa tumbuhan dan gulma, tebang juga tanaman yang mengganggu masuknya sinar matahari. 

Buat lubang berbentuk bujur sangkar ukuran 50/100cm. disesuaikan dengan Besar kecilnya ukuran Bibit. 

Buat media tanam yang terdiri dari campuran tanah galian dengan 20kg pupuk kandang matang, 2 - 3 genggam tangan dolomit, dan 2 sendok insektisida. 

Setelah tercampur, masukan kembali kedalama lubang tanam dan biarkan selama 1 minggu sebelum penanaman.

  • Penanaman Bibit Durian Kumbokarno 

Penanaman yang ideal sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan. Gali lubang sesuai dengan ukuran polybag bibit. 

Robek polybag bibit menggunakan cutter atau silet, usahakan media yang menempel pada bibit tidak pecah. Masukan bibit kurang lebih sedalam 20 cm, lalu timbun dengan tanah setinggi leher akar. Padatkan perlahan hingga bibit erat tertanam dan tidak goyah. 

Kemudian, siram dengan air secukupnya, penyiraman dilakukan sedikit demi sedikit agar meresap dan merata ke bagian dalam media tanam.

 

Bagaimana, mudah bukan? Dengan mengikuti langkah - langkah diatas akan sangat mungkin penanaman yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, dan tidak lupa juga untuk melakukan Perawatan Bibit Tanaman Durian Kumbokarno, agar proses pertumbuhannya berlangsung secara optimal.

Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih sudah mampir, dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru