Navbar

Cara Merawat Tanaman Durian Kumbokarno Agar Cepat Berbuah

Bibit Tanaman Durian Kumbokarno


Durian Kumbokarno, siapa yang belum kenal dengan varietas satu ini?

Durian kumbokarno dikenal karena ukuran buahnya yang besar dan citarasanya yang lezat, serta banyak yang menyebut jika daging buahnya yang tebal ini bertekstur mirip seperti lembutnya es krim yang meleleh.

Selain pada buahnya, keunggulan juga terletak pada tanamannya. Tanaman durian ini sangat adaptif, bersifat genjah, dan jika kondisi alam sedang baik, dalam 1 tahun pohon durian kumbokarno bisa panen hingga 2 kali. Menarik ya?

Agar pertumbuhan tanaman durian kumbokarno dapat optimal, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Cara Menanam Bibit Durian Kumbokarno, setelah itu tentu perlu adanya perawatan yang baik dan benar.

Cara merawat tanaman durian kumbokarno ini relatif mudah. Kegiatan ini akan menjadi hal yang menyenangkan untuk mengisi waktu senggang anda.

Lantas, seperti apa sih cara merawat tanaman durian satu ini? Yuk, simak informasinya dibawah ini.


Cara Merawat Tanaman Durian Kumbokarno

  • Penyiraman Tanaman Durian Kumbokarno

Penyiraman dilakukan sejak awal pertumbuhan sampai tanam berproduksi. Namun, pada waktu berbunga, Intensitas penyiraman dikurangi.

Pada awal penanaman, proses penyiraman tanaman dilakukan minimal 1 kali sehari, sebaiknya pada waktu pagi hari untuk mencegah tanah cepat kering karena sinar matahari.

Setelah 1 bulan masa tanam, penyiraman cukup dilakukan 3 kali dalam seminggu.

  • Penyiangan Tanaman Durian Kumbokarno

Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut gulma, rumput liar, atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman durian.

Penyiangan dilakukan mengelilingi tanaman durian dengan radius 1 meter dari batang tanaman, minimal 1 bulan sekali agar unsur hara dalam tanah tetap terjaga.

  • Pemupukan Tanaman Durian Kumbokarno

Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk organik, dan pupuk NPK, dan pupuk makro. Pemupukan dilakukan dengan cara menaburkan memutar sesuai dengan lebar pendeknya tajuk tanaman.

  • Pemupukan menggunakan pupuk kandang dilakukan 3 kali dalam setahun :

    1. Tanaman usia 1 tahun : dosis 50kg/pohon/tahun
    2. Tanaman usia 2 tahun : dosis 75kg/pohon/tahun
    3. Tanaman usia 3 tahun : dosis 100kg/pohon/tahun
    4. Setiap tahun dosis di tingkatkan hingga mencapai 300 kg/pohon pada umur 10 tahun.

  • Pemupukan menggunakan pupuk NPK yang kadar N nya tinggi sejak awal pertumbuhan sampai tanaman berumur 3 tahun.
  • Pemupukan menggunakan pupuk makro disesuaikan dengan umur tanaman.

  • Pemangkasan Tanaman Durian Kumbokarno

Pemangkasan dilakukan terhadap tunas - tunas air, cabang atau rantingnya yang sudah mati dan terserang hama penyakit, serta ranting-ranting yang tidak terkena sinar matahari. 

Pemangkasan bertujuan untuk membentuk tanaman agar mencapai ketinggian tertentu 4 - 5 m pucuk tanaman dipangkas. Ketika ukuran tanaman tidak terlalu tinggi, akan memudahkan proses perawatan tanaman.

 

Pohon Durian Kumbokarno

Pohon Durian Kumbokarno


  • Pemanenan Buah Durian Kumbokarno

Tanaman durian kumbokarno yang berasal dari bibit hasil perbanyakan vegetatif, akan mulai berbuah ketika tanaman memasuki umur tanam 3 - 4 tahun.

Buah durian akan mengalami tingkat kematangan sempurna 4 bulan setelah bunga mekar. 

Tingkat kematangan  buah durian untuk dapat dipetik ditandai dengan cir- ciri fisik, yakni ujung dari coklat tua, garis garis di antara duri lebih jelas, tangkai buah lunak dan mudah dibengkokan, ruas - ruas tangkai buah membesar, baunya harum, terdengar bunyi kasar dan bergema jika buah dipukul.


Itulah penjelasan mengenai cara merawat bibit tanaman durian kumbokarno yang bisa kami sampaikan. Proses nya relatif mudah, hampir mirip dengan Perawatan Bibit Tanaman Durian Sukun.

Nah, sekarang anda semakin tertarik bukan? Tunggu apa lagi? ayo segera pesan bibitnya sekarang juga! Untuk info lebih lanjut bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera ya!

Kami menyediakan bibit durian kumbokarno berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Semoga ulasan mengenai cara merawat tanaman durian kumbokarno ini dapat membantu. Terimakasih sudah berkunjung, dan Selamat mencoba!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru