Navbar

Cara Merawat Tabulampot Jeruk Lemon Australia

Tanaman Lemon Australia


Lemon Australia, merupakan jenis lemon unggulan yang cukup terkenal di Indonesia karena keunggulannya, sehingga diminati banyak orang. Lemon Australia memiliki tampilan yang menarik, ketika matang buahnya akan berwarna kuning cerah.

Selain itu, tanaman jeruk lemon australia ini juga mempunyai kemampuan adaptasi yang sangat baik sehingga dapat tumbuh subur dimana saja, bahkan dilahan yang sempit seperti pot sekalipun.

Agar bibit dapat tumbuh dengan baik, dan sehat dalam pot. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Cara Menanam Bibit Lemon Australia Dalam Pot.

Tidak lepas dari itu, perawatan pada tanaman lemon australia juga dibutuhkan, agar pertumbuhannya dapat berlangsung secara optimal.

Lantas, seperti apa cara merawat tabulampot lemon australia ini? Yuk simak informasinya dibawah ini.


Cara Merawat Tabulampot Lemon Australia

Dalam hal merawat tanaman lemon california dalam pot ini, pada dasarnya hampir sama dengan Proses Perawatan Tabulampot Jeruk Monde. Secara umum tahapan - tahapannya meliputi penyiraman, penyiangan, pemupukan, dan pemangkasan.

  • Penyiraman Tabulampot Lemon Australia

Pada awal pertumbuhan 1 - 2 bulan, lakukan penyiraman secara rutin 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Setelah lewat dari 2 bulan, tanaman hanya perlu disirami satu kali sehari pada pagi atau sore hari, atau frekuensi penyiraman disesuaikan dengan kondisi cuaca dan kelembapan media.

  • Penyiangan Tabulampot Lemon Australia

Penyiangan harus rutin dilakukan karena dapat menjadi inang dari berbagai macam hama dan penyakit.

Penyiangan dapat dapat dilakukan secara manual dengan mencabut gulma menggunakan tangan atau dicangkul sekaligus untuk menjaga kegemburan tanah dan mengembalikan permukaan tanah yang mungkin terkikis akibat penyiraman dengan cara menimbunkan atau menaikkan tanah ke arah batang.

  • Pemangkasan Tabulampot Lemon Australia

Proses pemangkasan dilakukan setelah usia tanaman lemon australia 2 bulan sejak pemindahan tanaman.

Lakukan pemangkasan bentuk. Pemangkasan bentuk bertujuan tidak hanya untuk memperindah percabangan, tetapi juga menjaga agar energi untuk pebuahan tidak terbuang. 

Pangkas cabang yang berdekatan dan tumpang tindih, termasuk cabang air. Beri jarak antar cabang lebih dari 5 cm. 

Pemangkasan bentuk ini juga bermanfaat untuk mencegah hama dan penyakit yang suka bersarang di tempat rimbun dan lembap, seperti kutu putih, aphids, dan cendawan/jamur. 

Terakhir adalah tindakan pemangkasan pemeliharaan yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman. 

Pangkas daun yang menguning atau ujung batang untuk merangsang pertumbuhan tunas baru dan bakal bunga.

  • Pemupukan Tabulampot Lemon Australia

Pemupukan pada masa awal pertumbuhan diberikan tiga kali, pada umur 1 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun setelah pemindahan tanaman.

  • Tanaman umur 1 bulan : Pupuk NPK Daun dosis 5 - 10 gram/tanaman.
  • Tanaman umur 6 & 12 bulan : Pupuk NPK Daun dosis 15 - 20 gram/tanaman.

Setelah tanaman berumur 1 tahun dan siap berbuah, berikan pupuk yang dapat merangsang pembungaan dan pembuahan, seperti NPK buah dan ZPT.

Cara Pemupukan :

Buat lubang melingkar disekitar batang tanaman lemon australia dengan kedalaman sekitar 5 cm. Taburkan pupuk NPK ke dalam lubang melingkar tersebut, lalu timbun lagi dengan tanah, kemudian sirami agar lebih cepat meresap.

Untuk NPK daun, campurkan 2 sdm ke dalam 2 liter air dan semprotkan ke seluruh bagian tanaman yang ada di atas permukaan tanah, terutama daun. Dapat juga diganti dengan pupuk perangsang buah POC dengan dosis 3 tutup botol/15 liter air dan diberikan satu bulan sekali.

 

Tabulampot Lemon Australia


Itulah penjelasan mengenai cara merawat bibit tanaman lemon australia yang bisa kami sampaikan. Dengan mengikuti langkah - langkah diatas, akan sangat mungkin tabulampot lemon australia dapat tumbuh dengan subur, cepat berbuah, dan menghasilkan buah yang lebat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya diperlukan bibit yang unggul dan sehat. Dalam hal ini anda tidak perlu khawatir, karena kami menyediakan bibit lemon australia berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca..

Tunggu apa lagi? ayo segera pesan bibitnya sekarang juga! Untuk info lebih lanjut bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera sekarang juga!

Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman - teman semua. Terimakasih Sudah Mampir, dan Semoga Berhasil!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru