Navbar

Perawatan Tabulampot Jeruk Monde Agar Cepat Berbuah

Tanaman Jeruk Monde

Jeruk Monde memiliki bentuk buah bulat, berwarna orange kekuningan ketika matang. Dalam buahnya terdapat bulir bertekstur renyah dengan kandungan air yang melimpah. Aromanya harum, dan untuk rasanya jeruk monde memiliki citarasa yang cenderung masam segar.

Secara fisik, tanaman jeruk monde memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, dan mudah hidup diberbagai lahan, termasuk dilahan sempit sekalipun, sehingga memudahkan proses perawatan tanaman.

Selain itu, masa berbuahnya juga tidak terlalu lama, tanaman jeruk monde dapat mulai berbuah ketika tanaman memasuki umur tanam 1 - 2 tahun.

Agar pertumbuhan tanaman jeruk monde dalam pot dapat optimal, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Cara Menanam Bibit Jeruk Monde Dalam Pot, setelah itu tentu perlu adanya perawatan yang baik dan benar.

Cara merawat tanaman tabulampot jeruk monde ini tergolong cukup mudah. Lantas, apa saja langkah - langkahnya? Yuk, simak informasinya dibawah ini.


Cara Merawat Tanaman Jeruk Monde Dalam Pot

Dalam hal merawat tabulamppot jeruk monde, pada dasarnya hampir sama dengan Proses Perawatan Tabulampot Jeruk Tongheng. Secara umum tahapan - tahapannya meliputi penyiraman, penyiangan, pemupukan, dan pemangkasan.

  • Penyiraman Tanaman Jeruk Monde

Lakukan penyiraman secara rutin 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari, atau menyesuaikan dengan kondisi cuaca dan kelembaban media tanam.

  • Penyiangan Tanaman Jeruk Monde

Lakukan penyiangan tanaman, dengan mencabut gulma, rumput liar, dan tanaman tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh didalam pot.

Frekuensi penyiangan dilakukan minimal 2 - 4 minggu sekali, atau disesuaikan dengan pertumbuhan gulma. Jika gulma sudah mulai tumbuh segera dilakukan penyiangan. 

  • Pemupukan Tanaman Jeruk Monde

Pemupukan pertama dilakukan ketika pohon sudah berumur diatas 6 bulan setelah tanam.

Pemupukan dilakukan setiap 3 - 4 bulan sekali menggunakan pupuk Urea, KCl, dan TSP dengan perbandingan 2 : 2 : 1. Taburkan 2 sdm campuran pupuk di sekeliling pot sedalam 10 cm.

Jika tanaman mulai berbunga, berikan pupuk NPK 15 - 15 - 15 dengan dosis 1 sdm/tanaman. Sebelum diberikan, pupuk dilarutkan terlebih dahulu dalam 1 liter air. Pupuk NPK juga bisa diberikan dengan cara membenamkannya sedalam 10 cm di sekeliling media pot.

  • Pemangkasan Tanaman Jeruk Monde

Lakukan pemangkasan dasar ketika tanaman sudah memiliki tinggi lebih dari 1 meter, agar pertumbuhan tanaman bisa lebih maksimal. 

Pemangkasan dilakukan dengan memotong bagian cabang/ranting yang tumbuh tidak beraturan, kering, layu dan terkena penyakit.

Tujuannya untuk memperpendek, meremajakan dan mengatur keseimbangan nitrat dan karbohidrat pada tanaman, sehingga menjadi lebih cepat berbuah.

  • Masa Panen Jeruk Monde

Tanaman jeruk monde yang berasal dari bibit vegetatif dan dengan perawatan yang baik, akan mulai berbuah ketika tanaman memasuki umur tanam 1 - 2 tahun.

Hal ini dikarenakan bibit vegetatif menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya serta masa produktivitas dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

 

Bibit Tanaman Jeruk Monde

 

Demikianlah penjelasan mengenai cara merawat tabulampot jeruk monde yang bisa kami sampaikan. Dengan mengikuti langkah - langkah diatas, akan sangat mungkin tabulampot jeruk monde dapat tumbuh dengan optimal, cepat berbuah, dan menghasilkan buah yang lebat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya diperlukan bibit yang unggul dan sehat. Dalam hal ini anda tidak perlu khawatir, karena kami menyediakan bibit jeruk monde berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca..

Tunggu apa lagi? ayo segera pesan bibitnya sekarang juga! Untuk info lebih lanjut bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera sekarang juga!

Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman - teman semua. Terimakasih Sudah Mampir, dan Semoga Berhasil!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru