Navbar

Cara Merawat Tanaman Mangga Red Emperor Agar Cepat Berbuah

Varietas Mangga Red Emperor


Mangga Red Emperor adalah varietas mangga unggulan yang cantik dan eksotis. Sesuai dengan namanya, mangga ini memiliki warna merah menyala pada kulitnya.

Selain buahnya yang cantik, tanaman mangga red emperor bersifat genjah atau mudah berbuah, dan memiliki tingkat produktivitas yang cukup tinggi. Pada panen pertama kali, tanaman mangga red emperor dapat menghasilkan hingga 15 - 20 kg buah mangga yang terus bertambah di panen - panen berikutnya.

Agar bibit mangga red emperor dapat tumbuh dengan baik, dan sehat, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Cara Menanam Bibit Tanaman Mangga Red Emperor.

Tidak lepas dari itu, perawatan yang baik dan benar juga dibutuhkan. Lantas, seperti apa cara merawat tanaman mangga red emperor ini? Yuk simak informasinya dibawah ini.


Cara Merawat Tanaman Mangga Red Emperor

  • Penyiraman Tanaman Mangga Red Emperor

Lakukan penyiraman pada tanaman mangga red emperor secara rutin 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari.

penyiraman dilakukan hingga media tanam basah tetapi batang akar jangan sampai tergenang.

  • Penyiangan Tanaman Mangga Red Emperor

Lakukan penyiangan dengan mencabut gulma (rumput liar) atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar tanaman mangga red emperor, dengan radius 1 meter dari batang, mengelilingi tanaman.

Frekuensi penyiangan dilakukan minimal 1 bulan sekali, atau disesuaikan dengan tumbuhnya gulma. Jika mulai muncul segera lakukan penyiangan.

  • Pemupukan Tanaman Mangga Red Emperor

Pemberian pupuk dapat dilakukan pada awal - awal pertumbuhan selama 1 bulan sekali menggunakan pupuk kandang yang sudah kering.

Setelah tanaman mangga red emperor sudah berumur lebih dari 1 tahun, pemberian pupuk kandang cukup dilakukan 1 kali dalam setahun sebanyak 30 kg, diberikan pada awal musim hujan.

Cara Pemupukan :

Buat 4 lubang di bawah ujung tajuk pohon, dengan ukuran sebesar cangkulan, mengelilingi pohon mangga red emperor

Benamkan 30 kg pupuk kandang, pada 4 lubang yang sudah dibuat, kemudian tutup kembali dengan tanah, dan siram dengan air secukupnya. 

  • Pemangkasan Tanaman Mangga Red Emperor

Pemangkasan tanaman dibagi menjadi 3 tahapan, dan sebaiknya dilakukan pada saat musim hujan.

  • Pemangkasan Tahap 1

Tanaman sudah berumur 1 tahun, potong batang setinggi 50 - 60 cm dari permukaan tanah. Dari cabang yang tumbuh pelihara 3 cabang dengan arah menyebar ke segala arah, cabang lain di potong.

  • Pemangkasan Tahap 2

Pangkas pada ketiga cabang yang tumbuh setelah tanaman berumur 2 tahun, caranya menyisakan 1 - 2 ruas. Tunas yang tumbuh pada masing - masing cabang dipelihara 3 tunas, jika lebih dibuang. Tahapan pemangkasan ini akan diperoleh pohon dengan rumus cabang 1 - 3 - 9.

  • Pemangkasan Tahap 3

Pada umur 3 tahun, pangkas ke sembilan cabang seperti pemangkasan tahap 2, tapi tunas yang tumbuh dipelihara semua untuk produksi buah.

  • Panen Mangga Red Emperor

Tanaman mangga red emperor yang berasal dari bibit vegetatif serta dengan perawatan yang baik, akan mulai berbuah dalam waktu 2 - 3 tahun sejak penanaman.

Pada panen pertama kali akan dihasilkan sekitar 15 - 20 kg buah mangga yang terus bertambah di panen - panen berikutnya. 

Buah mangga emperor paling banyak diproduksi pada musimnya di bulan September - Januari, namun dengan bibit yang unggul, pohon mangga jenis ini yang mampu berbuah 3 kali dalam setahun.  



Itulah penjelasan mengenai cara merawat tanaman mangga red emperor yang bisa kami sampaikan. Pada dasarnya, proses perawatannya hampir mirip dengan Perawatan Tanaman Alpukat Red Vietnam.

Dengan perawatan yang baik akan sangat mungkin nantinya tanaman mangga red emperor akan tumbuh dengan optimal, dan berbuah lebat.

Tunggu apa lagi? ayo segera pesan bibitnya sekarang juga! Untuk info lebih lanjut bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera ya!

Kami menyediakan bibit mangga red emperor yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Semoga ulasan mengenai cara merawat tanaman mangga red emperor ini dapat membantu. Terimakasih sudah berkunjung, dan Semoga berhasil!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru