Navbar

Keunggulan Mangga Red Emperor Dan Cara Menanamnya

Tanaman Mangga Red Emperor


Mangga Red Emperor merupakan salah satu varietas mangga unggulan yang berasal dari negara Taiwan. Sesuai dengan namanya, buah mangga ini memiliki keunggulan pada tampilan buahnya yang sangat eksotis yakni merah menyala ketika matang.

Mangga red emperor memiliki daging buah berwarna oranye kekuningan, bertekstur lembut, dengan kandungan air yang melimpah, serta menawarkan citarasa buah yang sangat manis, dan bijinya juga relatif kecil.

Selain buahnya yang menarik, keunggulan lain dari mangga red emperor ini juga cukup beragam. Lalu, apa saja keunggulan mangga red emperor? Yuk, cari tau informasinya dibawah ini!


Keunggulan Mangga Red Emperor

  • Bersifat Genjah

Tanaman mangga red emperor dapat menghasilkan buah ketika tanaman memasuki umur tanam 2 - 3 tahun, dengan perawatan yang baik dan menggunakan bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif.

  • Produktivitas Tinggi

Mangga emperor yang ditanam dari bibit vegetatif kira - kira akan mulai menghasilkan buah ketika memasuki usia tanam 2 - 3 tahun.

Pada panen pertama kali akan dihasilkan sekitar 15 - 20 kg buah mangga yang terus bertambah di panen - panen berikutnya. 

Buah mangga emperor paling banyak diproduksi pada musimnya di bulan September - Januari, namun dengan bibit yang unggul, pohon mangga jenis ini yang mampu berbuah tiga kali dalam setahun. 

  • Buah Berkualitas

Mangga red emperor memiliki ukuran buah jauh lebih besar dibanding jenis mangga pada umumnya, dengan berat satu buahnya bisa mencapai 3kg.

Daging buahnya tebal, berwarna oranye kekuningan, teksturnya lembut, dengan kandungan air yang melimpah, serta memiliki citarasa yang sangat manis, dan bijinya relatif kecil.

  • Perawatan Pohon Mudah

Perawatan pohon mangga red emperor sangatlah mudah, anda hanya perlu melakukan perawatan dasar seperti biasa. Tidak perlu melakukan cara khusus seperti pemberian booster ataupun pupuk perangsang buah. Pohon mangga red emperor dapat berbuah dengan sendirinya, dan menghasilkan mangga red emperor dengan rasa yang manis menyegakan.


Itulah berbagai macam keunggulan yang bisa didapat dari mangga red emperor. Menarik sekali ya?

Budidaya mangga red emperor cukup mudah. Apalagi ditambah dengan potensi yang dimiliki. Pasti anda jadi semakin tertarik untuk menjadikan mangga red emperor sebagai salah satu tanaman buah anda?

Pada dasarnya cara menanam mangga emperor sangat mirip dengan Cara Menanam Bibit Alpukat Red Vietnam. Untuk mempelajari hal tersebut, yuk langsung ikuti langkah - langkah berikut!


Cara Menanam Bibit Tanaman Mangga Red Emperor

  • Pemilihan Bibit Tanaman Mangga Red Emperor

Pilih Bibit tanaman mangga red emperor yang berasal dari perbanyakan vegetatif, bisa melalui teknik okulasi, stek, cangkok, atau sambung pucuk. Karena, perbanyakan vegetatif dapat menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, serta masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

Pastikan bibit tanaman mangga red emperor dalam kondisi sehat dan tidak terserang hama atau penyakit.

Untuk mendapatkan bibit tanaman mangga red emperor vegetatif, anda tidak perlu khawatir mencarinya, langsung hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas untuk melakukan pemesanan bibit.

Kami menyediakan bibit tanaman mangga red emperor berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Bibit Tanaman Mangga Red Emperor 

  • Pengolahan Lahan Tanam Bibit Tanaman Mangga Red Emperor

Bersihkan lahan tanam dari gulma, rumput liar, atau tanaman pengganggu lainnya serta bebatuan yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

Buat lubang tanam dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm, kemudian biarkan lubang tanam kurang lebih selama 1 minggu agar gas beracun yang terkandung dalam tanah hilang.

Buat media tanam dari campuran tanah galian dan pupuk kandang/kompos, dengan perbandingan 1 : 1

Kemudian masukan media tanam yang telah dibuat kedalam lubang tanam, dan buat lubang ditengah - tengah untuk menanam bibit mangga red emperor.

  • Penanaman Bibit Tanaman Mangga Red Emperor

Robek polybag bibit mangga red emperor menggunakan cutter atau gunting, usahakan media yang menempel pada bibit tidak pecah.

Masukan bibit mangga red emperor kedalam lubang tanam, letakan tepat ditengah - tengah lubang tanam dalam posisi tegak lurus/tidak miring.

Timbun dan sedikit padatkan media tanam di sekitar pangkal batang hingga bibit tertanam erat, kemudian siram hingga media tanam basah.


Bagaimana, mudah bukan? Tidak lupa juga untuk melakukan Perawatan Tanaman Mangga Red Emperor, agar proses pertumbuhannya berlangsung secara optimal.

Selain menjadi tanaman koleksi untuk mempercantik halaman rumah, dengan keunggulan yang dimiliki mangga red emperor ini, bisa juga dijadikan sebagai peluang usaha loh.

Semoga informasi tadi dapat bermanfaat untuk teman - teman semua. Terimakasih Sudah Mampir dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru