Navbar

Cara Merawat Tanaman Rambutan Binjai Hingga Berbuah

Pohon Rambutan Binjai


Rambutan Binjai, siapa sih yang tidak kenal dengan varietas rambutan asal Sumatra Utara ini? Rambutan binjai sangat disukai masyarakat Indonesia karena buahnya yang manis segar dan ngelotok atau daging buahnya mudah mengelupas dari kulit bijinya.

Selain itu, tanaman rambutan binjai juga bersifat genjah atau mudah berbuah, dan juga dapat ditanam dimana saja bahkan ditempat yang sempit dan terbatas seperti dalam pot sekalipun.

Agar pertumbuhan tanaman rambutan binjai dapat optimal, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Cara Menanam Bibit Rambutan Binjai, setelah itu tentu perlu adanya perawatan yang baik dan benar.

Cara merawat tanaman rambutan binjai ini tergolong cukup mudah, kegiatan ini dapat mengisi waktu senggang anda. Untuk mempelajari cara merawat tanaman rambutan binjai,  yuk simak informasinya dibawah ini.


Cara Merawat Tanaman Rambutan Binjai

Perawatan tanaman rambutan binjai pada dasarnya hampir sama seperti Perawatan Tanaman Nangka Merah tahapannya meliputi penyiraman, penyiangan, pemupukan, dan pemangkasan.

  • Penyiraman Tanaman Rambutan Binjai

Tanaman rambutan binjai merupakan tanaman yang sangat minim akan kandungan air, maka penyiraman harus dilakuka secara rutin kecuali musim hujan.

Apabila sedang memasuki musim kemarau, penyiraman dilakukan sebanyak 1 - 2 kali sehari (pagi atau sore) untuk memastikan kandungan air cukup, namun perlu diingat bahwa jangan sampai terlalu lembab karena akan menyebabkan tanaman layu dan dapat mati.

  • Penyiangan Tanaman Rambutan Binjai

Penyiangan penting dilakukan, agar tidak mengganggu pertumbuhan ataupun bertindak sebagai benalu agar tanaman tetap sehat dan tumbuh dengan subur.

Penyiangan dilakukan dengan mencabut gulma atau rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman rambutan, dengan radius 1 meter dari batang mengelilingi tanaman.

Frekuensi penyiangan dilakukan minimal 1 bulan sekali atau disesuaikan dengan tumbuhnya gulma. Jika mulai muncul segera lakukan penyiangan.

  • Pemupukan Tanaman Rambutan Binjai

Pemupukan dilakukan 3 - 4 bulan sekali.

Untuk awal penanaman, cukup menggunakan pupuk organik saja.

Setelah setahun penanaman, mulai dapat menambahkan pupuk KCL, TCL, dan urea dalam dosis yang sesuai dengan peraturan.

Semakin bertambah umur tanaman, sebaiknya naikkan kadar sedikit demi sedikit namun tetap tidak berlebihan. 

Pemupukan hendaknya juga dilakukan di awal dan akhir musim penghujan.

  • Pemangkasan Tanaman Rambutan Binjai

Pemangkasan rutin sangat perlu dilakukan, pemangkasan terdiri dari pemangkasan bentuk, pemangkasan produksi dan pemangkasan peremajaan.

Pemangkasan bentuk dilakukan untuk membentuk tajuk baru dan mengatur postur tanaman agar sinar matahari bisa menembus semua bagian tanaman. Selain dua fungsi itu, pemangkasan bentuk juga terkait dengan estetika.

Pemangkasan produksi berkaitan dengan fungsi produksi tanaman. Pemangkasan dilakukan terhadap tunas air untuk merangsang pembungaan. Selain itu, pemangkasan dilakukan terhadap batang yang terlihat berpenyakit.

Terakhir pemangkasan peremajaan, dilakukan terhadap tanaman yang telah tua. Pada fase ini, beberapa cabang perlu dipangkas. Bahkan pada kasus - kasus tertentu hanya menyisakan batang primer saja.

  • Masa Panen Rambutan Binjai

Dengan perawatan yang baik tanaman rambutan binjai akan mulai berbuah ketika memasuki umur tanam 2 - 3  tahun, dikarenakan menggunakan bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif.

Perbanyakan vegetatif dapat menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, serta masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

Biasanya, rambutan binjai dipanen dengan cara dipotong pada bagian rantingnya, bukan pada buahnya.

Buah rambutan binjai yang sudah matang kulitnya berwarna merah tua. Panen rambutan binjai berlangsung musiman satu tahun sekali. 

Musim buah ini sendiri berlangsung cukup panjang, yaitu sampai empat bulan lamanya, mulai dari bulan Desember hingga bulan Maret.

 

Varietas Rambutan Binjai


Itulah penjelasan mengenai cara merawat tanaman rambutan binjai yang bisa kami sampaikan. Dengan mengikuti langkah - langkah diatas, akan sangat mungkin tanaman rambutan binjai dapat tumbuh dengan subur, cepat berbuah, dan menghasilkan buah yang lebat.

Tunggu apa lagi? ayo segera pesan bibitnya sekarang juga! Untuk info lebih lanjut bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera ya!

Kami menyediakan bibit tanaman rambutan binjai berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Semoga informasi diatas dapat membantu. Terimakasih sudah berkunjung, dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru