Navbar

Keunggulan Rambutan Binjai dan Cara Budidaya Agar Cepat Berbuah


Rambutan Binjai, sesuai dengan namanya rambutan ini berasal dari Binjai, Sumatra Utara. Rambutan binjai merupakan varietas unggulan yang terkenal karena rasanya yang manis dengan daging buah tebal, bertekstur kenyal dan mudah mengelupas dari kulit bijinya (ngelotok).

Selain buahnya yang istimewa, rambutan binjai juga memiliki berbagai keunggulan lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Lantas, apa saja keunggulan yang dimiliki rambutan binjai? Yuk, simak informasi dibawah ini!


Keunggulan Rambutan Binjai

  • Budidaya Mudah

Bibit rambutan binjai dapat tumbuh diberbagai bidang dataran, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi, bahkan juga dapat tumbuh dilahan yang sempit dan terbatas seperti halaman rumah atau dalam pot sekalipun. Sehingga memudahkan proses pembudidayaan.

  • Bersifat Genjah

Tanaman rambutan binjai bersifat genjah atau mudah berbuah. Dengan perawatan yang baik tanaman akan mulai berbuah ketika memasuki umur tanam 2 - 3  tahun, dikarenakan menggunakan bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif.

Perbanyakan vegetatif dapat menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, serta masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

  • Tingkat Produktifitas Tinggi

Tanaman rambutan binjai memiliki tingkat produktivitas yang cukup tinggi. Setiap pohon mampu menghasilkan buah 1.200 - 2.000 buah setiap tahunnya atau sekitar 40 - 70 kg/tahun.

  • Buah Berkualitas

Rambutan binjai memiliki ukuran buah lebih besar dibanding dengan jenis rambutan pada umumnya. 

Daging buahnya tebal, bertekstur kenyal, dan renyah karena mengandung air yang sedikit, serta daging buah mudah mengelupas dari kulit bijinya. 

Citarasa buah rambutan binjai ini sangat manis dan menyegarkan.


Nah, setelah mengetahui banyak keunggulan yang dimiliki rambutan binjai. Pasti anda semakin tertarik menjadikan rambutan binjai ini sebagai salah satu koleksi tanaman buah anda.

Cara menanamnya juga sangat mudah, hampir mirip dengan Cara Menanam Bibit Tanaman Rambutan Rapiah. Untuk mempelajari hal tersebut, yuk langsung ikuti langkah - langkah berikut!


Cara Menanam Rambutan Binjai

  • Pemilihan Bibit Tanaman Rambutan Binjai

Pilih Bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif, bisa melalui teknik okulasi, stek, cangkok, atau sambung pucuk. Karena, perbanyakan vegetatif dapat menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, serta masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

Pastikan bibit dalam kondisi sehat dan tidak terserang hama atau penyakit.

Untuk mendapatkan bibit rambutan binjai vegetatif, anda tidak perlu khawatir mencarinya, langsung hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas untuk melakukan pemesanan bibit.

Kami menyediakan bibit rambutan binjai berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Bibit Tanaman Rambutan Binjai 

  • Pengolahan Lahan Tanam Bibit Tanaman Rambutan Binjai

Bersihkan lahan tanam dari gulma, rumput liar, atau tanaman pengganggu lainnya serta bebatuan yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

Buat lubang tanam dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm.

Pisahkan tanah galian bagian atas dengan bagian bawah dan biarkan kurang lebih selama 1 - 2 minggu untuk mematikan bakteri.

Setelah 1 -  2 minggu masukkan kembali tanah bagian bawah kedalam lubang tanam

Buat media tanam dari tanah bagian atas yang dcampur pupuk organik seperti halnya pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1, kemudian masukan kedalam lubang tanam

  • Penanaman Bibit Tanaman Rambutan Binjai

Robek polybag bibit rambutan binjai menggunakan cutter atau gunting, usahakan media yang menempel tidak pecah.

Masukan bibit rambutan binjai kedalam lubang tanam, letakan tepat ditengah - tengah dalam posisi tegak lurus/tidak miring.

Timbun dengan media tanam yang sudah di buat, dan padatkan sedikit hingga bibit tertanam erat, kemudian siram hingga media tanam basah untuk mempertahankan kelembaban.


Bagaimana, mudah bukan? Dengan mengikuti langkah - langkah diatas akan sangat mungkin penanaman yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, dan tidak lupa juga untuk melakukan Perawatan Tanaman Rambutan Binjai, agar proses pertumbuhannya berlangsung secara optimal.

Semoga informasi tadi dapat bermanfaat untuk teman - teman semua. Terimakasih Sudah Mampir dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru