Navbar

Keunggulan Bibit Alpukat Yamagata dan Cara Budidayanya

Varietas Alpukat Yamagata


Alpukat Yamagata adalah salah satu alpukat unggulan yang berasal dari Kepulauan Hawai. Alpukat ini memiliki ciri - ciri kulit berwarna hijau gelap dan mengkilap, serta permukaannya bertekstur agak bergerindil namun tidak kasar.

Alpukat Yamagata merupakan jenis alpukat premium yang dikenal karena citarasanya yang sangat lezat, bahkan alpukat ini menjadi pilihan favorit para koki berkelas internasional dalam menciptkan masakan yang istimewa.

Selain buahnya yang istimewa alpukat yamagata juga memiliki berbagai keunggulan lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Lalu, apa saja keunggulan alpukat yamagata? Yuk, simak informasinya dibawah ini!


Keunggulan Alpukat Yamagata

  • Budidaya Mudah

Alpukat yamagata bisa tumbuh dimana diberbagai bidang dataran, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi, dan juga dapat ditanam dilahan yang terbatas/sempit seperti dalam pot sekalipun, sehingga memudahkan proses pembudidayaannya.

  • Buah Berkualitas Super

Alpukat yamagata memiliki daging yang tebal, berwarna kuning muda cerah dengan tekstur yang lembut seperti mentega, dan berbiji kecil.

Citarasa dari alpukat yamagata ini sangat lezat, gurih, dan tanpa rasa pahit sedikitpun.

  • Bersifat Genjah

Tanaman alpukat yamagata terkenal dengan sifatnya yang mudah berbuah atau genjah. 

Dengan perawatan yang baik, tanaman alpukat yamagata akan mulai berbuah pada umur 3 - 4 tahun sejak penanaman dengan menggunakan bibit vegetatif, lebih cepat dibanding alpukat pada umumnya.

Karena, perbanyakan vegetatif dapat menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, serta masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

  • Dapat Ditanam Dalam Pot (Tabulampot)

Bibit tanaman alpukat yamagata dapat ditanam dilahan yang sempit dan terbatas seperti dalam pot sekalipun.

Penanaman di pot dapat mempercepat masa produktif asalkan dengan mengatur kondisi tanah sebaik mungkin seperti penyiraman dan pemupukan.

  • Sebagai Tanaman Hias

Bentuk pohon dan buahnya yang unik menjadikan tanaman buah alpukat yamagata sangat digemari. 

Warna kulit buahnya yang cantik sangat cocok untuk dijadikan hiasan halaman rumah atau taman, disamping itu jumlah pembudidayanya belum banyak sehingga tergolong salah satu varietas yang masih langka.


Nah, setelah mengetahui banyak keunggulan alpukat yamagata. Tentunya anda semakin tertarik menjadikan alpukat yamagata ini sebagai salah satu koleksi tanaman anda.

Cara menanamnya juga sangat mudah, hampir mirip dengan Cara Menanam Bibit Sawo Mentimun, kegiatan ini akan menjadi hobi yang menyenangkan dilakukan untuk mengisi waktu senggang anda.

Agar penanaman alpukat yamagata berjalan dengan baik, kamu perlu mengikuti langkah - langkah dibawah ini. Simak yuk!


Cara Menanam Alpukat Yamagata

  • Pemilihan Bibit Tanaman Alpukat Yamagata

Pilih bibit alpukat yamagata yang berasal dari perbanyakan vegetatif, bisa melalui teknik okulasi, cangkok, stek, atau sambung pucuk. Karena, perbanyakan vegetatif dapat menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, serta masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

Pastikan kondisi bibit dalam keadaan sehat dan tidak terserang hama atau penyakit.

Untuk mendapatkan bibit alpukat yamagata vegetatif, anda tidak perlu khawatir mencarinya, langsung hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas untuk melakukan pemesanan bibit ya!

Kami menyediakan bibit alpukat yamagata berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Bibit Tanaman Alpukat Yamagata 

  • Pemilihan Pot Tanaman Alpukat Yamagata

Pilih ukuran pot dengan diameter lebih dari 60 cm, pot bisa terbuat dari tanah, drum bekas, atau bisa juga menggunakan planter bag.

Pilih pot yang dibagian dasar terdapat lubang untuk mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar akar tidak terendam dan sirkulasi udara menjadi lancar.

Pot harus memiliki kaki atau alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah. Hal ini penting untuk aliran drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah, jika pot tidak memiliki kaki, bisa gunakan batu bata atau yang sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

  • Penyiapan Media Tanam Bibit Alpukat Yamagata

Buat media tanam yang terdiri dari tanah, sekam bakar dan pupuk kandang.

Campur ketiga media tanam dengan perbandingan 1 : 1 : 1

Diamkan media tanam sekitar 1 minggu sebelum digunakan.

  • Penanaman Bibit Tanaman Alpukat Yamagata

Sebelum memasukan media taman, letakan pecahan genteng atau bata dibagian dasar pot, agar saat penyiraman, media tanam tidak ikut hanyut.

Setelah itu, masukan media tanam yang sudah dibuat kedalam pot hingga menyentuh bibir pot, kemudian bentuk lubang tanam pada bagian tengahnya untuk menanam bibit alpukat yamagata.

Robek polybag bibit alpukat yamagata menggunakan gunting, usahakan media yang menempel pada bibit tidak pecah.

Masukan bibit alpukat yamagata kedalam pot, letakan tepat ditengah - tengah lubang tanam dalam posisi tegak lurus/tidak miring.

Timbun dan sedikit padatkan media tanam di sekitar pangkal batang hingga bibit tertanam erat, kemudian siram hingga media tanam basah.


Bagaimana, mudah bukan? Tidak lupa juga untuk melakukan Perawatan Tanaman Alpukat Yamagata, agar proses pertumbuhannya berlangsung secara optimal

Selain menjadi tanaman koleksi sebagai pemanis halaman rumah, dengan banyaknya keunggulan dari alpukat yamagata, bisa juga dijadikan sebagai peluang usaha loh.

Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih sudah mampir dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru