Navbar

Membuat Tabulampot Nangka Merah Agar Cepat Berbuah

Tabulampot Nangka Merah


Nangka Merah merupakan varietas nangka unik yang berasal dari Kalimantan Timur. Sesuai dengan namanya, nangka ini memiliki warna buah yang unik dan eksotik, yakni berwarna merah berpadu dengan warna oranye.

Nangka merah memiliki buah dengan ukuran yang cukup besar, bobot satu buahnya bisa mencapai 8 - 14 kg. Daging buahnya tebal, bertekstur renyah, dengan rasa yang manis, serta biji yang kempis dan tipis.

Selain buahnya yang istimewa, nangka merah juga memiliki berbagai macam keunggulan lainnya. Lalu, apa saja keunggulan nangka merah? Yuk, simak informasi berikut ini!


Keunggulan Nangka Merah

  • Bersifat Genjah

Tanaman nangka merah bersifat genjah atau mudah berbuah, tanaman akan mulai berbuah ketika memasuki umur tanam 2 - 3 tahun. Dengan perawatan yang baik dan menggunakan bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif.

  • Budidaya Mudah

Tanaman nangka merah dapat tumbuh diberbagai bidang dataran, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi, dan dapat ditanam di lahan yang sempit dan terbatas seperti dalam pot sekalipun, sehingga memudahkan proses budidaya tanaman.

  • Dapat Ditanam Dalam Pot (Tabulampot)

Bibit tanaman nangka merah dapat tetap tumbuh dengan baik dilahan yang terbatas dan sempit seperti didalam pot. Penanaman di pot juga dapat mempercepat masa produktif asalkan dengan mengatur kondisi tanah sebaik mungkin seperti penyiraman dan pemupukan.

  • Buah Berkualitas

Nangka merah memiliki keunikan yang tidak dimiliki jenis nangka pada umumnya, yakni daging buahnya berwarna merah oranye.

Ukuran buahnya cukup besar, daging buah tebal, bertekstur renyah, dengan citarasa sangat manis dan biji yang kempis.


Nah, setelah mengetahui keunggulan nangka merah. Tentunya anda semakin tertarik menjadikan nangka merah ini sebagai salah satu koleksi tanaman anda.

Cara menanamnya juga cukup mudah, dan hampir mirip dengan Cara Menanam Bibit Tanaman Alpukat Yamagata.

Agar penanaman bibit nangka merah dalam pot berjalan dengan baik, kamu perlu mengikuti langkah - langkah dibawah ini. Yuk, simak!


Cara Menanam Bibit Nangka Merah Dalam Pot

  • Pemilihan Bibit Tanaman Nangka Merah

Pilih bibit nangka merah yang berasal dari perbanyakan vegetatif, dapat melalui teknik okulasi, cangkok, stek, atau sambung pucuk. 

Perbanyakan vegetatif dapat menjamin sifat unggul indukan diturunkan pada anakannya, serta masa produktif dan pertumbuhannya berlangsung lebih cepat.

Pastikan kondisi bibit dalam keadaan sehat dan tidak terserang hama atau penyakit.

Untuk mendapatkan bibit nangka merah vegetatif, anda tidak perlu khawatir mencarinya, langsung hubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera diatas untuk melakukan pemesanan bibit ya!

Kami menyediakan bibit nangka merah berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Bibit Tanaman Nangka Merah

  • Pemilihan Pot Bibit Tanaman Nangka Merah

Pilih ukuran pot dengan diameter 60 cm, pot bisa terbuat dari tanah, drum bekas, atau bisa juga menggunakan planter bag.

Pilih pot yang dibagian dasar terdapat lubang untuk mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar akar tidak terendam dan sirkulasi udara menjadi lancar.

Pot harus memiliki kaki atau alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah. Hal ini penting untuk aliran drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah, jika pot tidak memiliki kaki, bisa gunakan batu bata atau yang sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

  • Penyiapan Media Tanam Bibit Tanaman Nangka Merah

Buat media tanam yang terdiri dari tanah, sekam bakar dan pupuk kandang.

Campur ketiga media tanam dengan perbandingan 1 : 1 : 1

Diamkan media tanam sekitar 1 minggu sebelum digunakan.

  • Penanaman Bibit Tanaman Nangka Merah

Letakan pecahan genteng atau bata dibagian dasar pot, agar saat penyiraman, media tanam tidak ikut hanyut.

Setelah itu, masukan media tanam yang sudah dibuat kedalam pot hingga menyentuh bibir pot, kemudian bentuk lubang tanam pada bagian tengahnya untuk menanam bibit  nangka merah.

Robek polybag bibit  nangka merah menggunakan gunting, usahakan media yang menempel pada bibit tidak pecah.

Masukan bibit  nangka merah kedalam pot, letakan tepat ditengah - tengah lubang tanam dalam posisi tegak lurus/tidak miring.

Timbun dan sedikit padatkan media tanam di sekitar pangkal batang hingga bibit tertanam erat, kemudian siram hingga media tanam basah.


Bagaimana, mudah bukan? Tidak lupa juga untuk melakukan Perawatan Tanaman Nangka Merah, agar proses pertumbuhannya berlangsung secara optimal

Selain menjadi tanaman koleksi sebagai pemanis halaman rumah, dengan banyaknya keunggulan dari Nangka Merah, bisa juga dijadikan sebagai peluang usaha loh.

Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih sudah mampir dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru