Navbar

Perawatan Tanaman Buah Kepel Agar Berbuah Lebat

Tanaman Buah Kepel


Kepel atau Burahol ini biasa juga disebut kepel apple. Kepel adalah tanaman buah yang berasal dari Asia Tenggara. Di Indonesia, tanaman ini merupakan tanaman khas Daerah Istimewa Yogyakarta.

Buah kepel merupakan buah favorit putri di keraton Jawa. Hal ini dikarenakan dengan memakan buahnya yang sudah matang, bau keringat dan nafas akan berubah menjadi sangat harum seperti bunga viola.

Tanaman kepel merupakan tanaman yang kaya manfaat, hampir seluruh bagian dari tanaman kepel mempunyai manfaat, mulai dari buah, daun, hingga kayunya.

Selain itu, tanaman buah kepel juga mudah dibudidayakan karena cukup adaptif, dapat ditanam dimana saja, diberbagai bidang dataran bahkan dilahan terbatas sekalipun, dan juga bersifat genjah atau mudah berbuah.

Agar bibit dapat tumbuh dengan baik, dan sehat, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Cara Menanam Bibit Tanaman Buah Kepel.

Tidak lepas dari itu, perawatan pada tanaman buah kepel juga dibutuhkan, agar pertumbuhannya dapat berlangsung secara optimal.

Perawatannya tergolong mudah, hampir mirip dengan Perawatan Tanaman Srikaya Jumbo. Lantas, seperti apa cara merawat tanaman buah kepel? Yuk simak informasinya dibawah ini.


Cara Merawat Tanaman Buah Kepel Agar Berbuah Lebat

  • Penyiraman Tanaman Buah Kepel

Lakukan penyiraman tanaman buah kepel secara rutin 2 kali sehari, sebaiknya proses penyiraman dilakukan pada pagi dan sore hari, agar tanah tidak cepat kering karena sinar matahari.

  • Penyiangan Tanaman Buah Kepel

Lakukan penyiangan dengan mencabut gulma (rumput liar) atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar tanaman kepel, dengan radius 1 meter dari batang, mengelilingi tanaman.

Frekuensi penyiangan dilakukan minimal 1 bulan sekali, atau disesuaikan dengan tumbuhnya gulma. Jika mulai muncul segera lakukan penyiangan. 

  • Pemupukan Tanaman Buah Kepel

Setelah tanaman kepel berumur 1 tahun di lahan, beri pupuk kandang, 2 minggu sesudah diberi pupuk kandang, beri pupuk kimia berupa campuran urea, double superfosfat, dan kalium sulfat. 

Setiap tahun, ulangi lagi pemupukan pada awal musim hujan.

  • Pemangkasan Tanaman Buah Kepel

Pemangkasan dilakukan pada ketika tanaman mencapai tinggi 1,5 m, pemangkasan sebaiknya dilakukan saat musim hujan tiba agar tanaman tidak kekurangan air.

Lakukan pemangkasan pada cabang atau rantingnya yang sudah mati dan terserang hama penyakit, serta ranting - ranting yang tidak terkena sinar matahari.

Pemangkasan bertujuaan agar tanaman buah kepel tidak terlalu tinggi, sehingga memudahkan dalam proses perawatan tanaman dan pemanenan. Selain itu, juga dapat membuat produksi buah menjadi lebih banyak.

  • Panen Buah Kepel

Tanaman kepel yang berasal dari bibit vegetatif, dan dengan perawatan yang baik, akan mulai berbuah ketika tanaman memasuki umur tanam 1 - 2 tahun, dapat berbuah walaupun ukuran tanaman belum terlalu tinggi.

Buahnya dapat dipetik sekitar 4 bulan sejak tanaman mulai berbunga. Dalam setahun tanaman kepel dapat panen 2 kali, yakni pada bulan Desember - Februari, dan Juni - Juli.

 

Pohon Kepel


Itulah penjelasan mengenai cara merawat tanaman buah kepel yang bisa kami sampaikan. Dengan mengikuti langkah - langkah diatas, akan sangat mungkin tanaman buah kepel dapat tumbuh dengan subur, cepat berbuah, dan menghasilkan buah yang lebat.

Tunggu apa lagi? ayo segera pesan bibitnya sekarang juga! Untuk info lebih lanjut bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp yang sudah tertera ya!

Kami menyediakan bibit tanaman buah kepel berkualitas, yang terjamin keasliannya, lebih cepat berbuah, sehat, dan tahan terhadap segala macam kondisi cuaca.

Semoga informasi diatas dapat membantu. Terimakasih sudah berkunjung, dan Selamat Menanam!

Back to Top

Konsultasi Gratis

foto profil

Ingin Mendapatkan Bibit Pohon Berkualitas?. Caranya mudah, langsung saja hubungi nomor Admin kami.

Pembelian juga bisa menghubungi kontak berikut:
Telp / SMS / WA : 081216354301

Melayani Pengiriman ke Seluruh Indonesia

Cari Artikel

Artikel Terkait

Artikel Terbaru